Apa itu Yahoo Search Engine? Fitur dan Layanannya

Dedi

Apa itu Yahoo Search Engine

Yahoo Search Engine adalah sebuah mesin pencari yang dirancang oleh Yahoo! Inc sebuah perusahaan Internet multinasional. Dengan menggunakan mesin pencari ini, pengguna dapat dengan mudah mencari informasi di internet dengan mengetikkan kata kunci atau frasa tertentu.

Mesin pencari ini akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Serta menyediakan fitur pencarian gambar, video, berita, dan beragam informasi lainnya. Sebelum Google sebuming sekarang, Yahoo menjadi mesin pencari populer di Indonesia.

Apa itu Yahoo Search Engine?

Yahoo Search Engine, yang resmi diluncurkan pada tahun 1995, telah menjadi salah satu penyedia layanan web tertua dan paling populer di internet. Selain menyediakan layanan email, Yahoo Search Engine juga menawarkan mesin pencari web serta berbagai layanan web lainnya.

Ketika mengunjungi beranda Yahoo.com, mungkin terkesan sebagai portal berita, namun sebenarnya situs ini menyediakan lebih dari itu. Meskipun Anda dapat mengakses berita melalui Yahoo, situs ini menawarkan berbagai konten dan layanan yang dapat ditemukan oleh pengguna.

Sebagai direktori, Yahoo Search Engine memungkinkan pengguna, baik yang baru maupun berpengalaman. Untuk menjelajahi secara terstruktur ratusan ribu situs web dan jutaan halaman web.

Yahoo Search Engine telah ada sejak awal perkembangan internet dan menjadi salah satu mesin pencari yang populer pada masa-masa awal penggunaan internet. Meskipun saat ini Yahoo telah kehilangan sebagian besar pangsa pasar pencarian kepada Google dan Bing Search Engine. Namun Yahoo Search Engine masih diandalkan oleh sejumlah pengguna di seluruh dunia.

Baca Juga: Apa itu Duckduckgo Search Engine? Kelebihan & Kekurangannya

Sejarah Yahoo Search Engine

Pada awalnya, Yahoo Search Engine berfungsi mirip dengan sebuah koleksi bookmark atau petunjuk halaman buku. Konsep ini muncul pada bulan April 1994 ketika dua alumni Universitas Stanford, sedang menikmati liburan karena profesor mereka sedang cuti besar ke luar kota.

Dua mahasiswa teknik ini menghabiskan waktu mereka berselancar di internet, dan dalam waktu singkat, mereka menyusun daftar bookmark yang besar, diurutkan berdasarkan subjek. Ide muncul untuk memindahkan daftar ini ke platform web, dan mereka mulai mengembangkan program database agar hasilnya dapat diakses secara online.

Pada bulan yang sama, bookmark yang awalnya dikenal sebagai “Jerry and David’s Guide to World Wide Web” diubah menjadi Yahoo!. Nama Yahoo! sendiri berasal dari frasa “Yet Another Hierarchical Officious Oracle.”

Filo dan Yang memilih nama ini karena mereka menyukai makna umum dari kata-kata tersebut, seperti “Rude” yang berarti kuat, “Unsophisticated” yang berarti sederhana, dan “Uncouth” yang berarti kasar.

Domain yahoo.com kemudian dibuat pada tanggal 18 Januari 1995. Melihat potensi besar dari proyek ini, pada tanggal 1 Maret 1995, Filo dan Yang secara resmi mendirikan Yahoo sebagai badan hukum.

Seperti halnya mesin pencari web lainnya, Yahoo Search Engine kemudian berkembang menjadi sebuah portal web. Pada akhir tahun 1990-an, Excite, Yahoo!, MSN, dan beberapa portal web lainnya bersaing untuk memperluas jangkauan layanan mereka. Mereka mencapai hal ini dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang dapat menyediakan layanan yang mereka inginkan.

Pada bulan Juli 2012, CEO baru diangkat untuk Yahoo Search Engine, yaitu Marissa Mayer, mantan eksekutif tinggi dari Google, salah satu pesaing utama mereka. Perubahan kepemimpinan ini mencerminkan upaya Yahoo untuk terus bersaing dan berinovasi di dunia mesin pencari web.

Layanan Yahoo yang Bisa Digunakan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Yahoo Search Engine merupakan salah satu mesin pencari internet terkemuka. Sebagai portal web terbesar, Yahoo menyediakan tautan ke berbagai situs web, termasuk dalam situs Yahoo! Direktori, dan menyajikan berita yang diperbarui secara berkala.

Yahoo menawarkan berbagai layanan yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Akses ke seluruh layanan web Yahoo dalam satu tempat dapat ditemukan di halaman Yahoo Everything. Berikut adalah gambaran lengkap dari daftar layanan Yahoo Search Engine yang dapat Anda nikmati:

  • Yahoo Answers: Tempat untuk mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban dari pengguna lain.
  • Yahoo Downloads: Ekstensi browser yang memungkinkan akses cepat ke berita Yahoo, peningkatan kotak masuk, dan pengaturan Yahoo sebagai mesin pencari default.
  • Yahoo Entertainment: Menyediakan jadwal tayang video, film, dan berita khusus untuk film, TV, musik, dan selebriti.
  • Yahoo Fantasy Sports: Informasi seputar game fantasi, rumor, berita olahraga, dan skor.
  • Yahoo Finance: Menyajikan berita keuangan, kutipan, informasi pasar saham, dan sebagainya.
  • Group Yahoo: Platform untuk membuat dan berpartisipasi dalam grup seperti forum.
  • Yahoo Mail: Layanan email gratis untuk mengirim dan menerima pesan.
  • My Yahoo: Memungkinkan pengguna menyesuaikan halaman awal Yahoo sesuai preferensi pribadi.
  • Yahoo News: Berisi berita terbaru dari Amerika Serikat dan seluruh dunia.
  • Yahoo Search: Mesin pencarian web untuk menemukan situs web, gambar, video, resep, dan lainnya.
  • Yahoo Shopping: Platform berbelanja online dengan kategori seperti bunga, barang olahraga, mainan, pakaian, dan lainnya.
  • Yahoo Weather: Menyediakan informasi cuaca terkini dan perkiraan lokasi dari seluruh dunia.

Selain layanan-layanan di atas, terdapat juga layanan lainnya seperti Yahoo Lifestyle, Yahoo Developer Network, Yahoo Sports, dan Yahoo Small Business. Beberapa layanan Yahoo, seperti Yahoo People Search, Yahoo Messenger, dan Yahoo 360, telah dihentikan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Search Engine Paling Populer di Dunia

Beberapa Fitur yang Tersedia di Yahoo

Setelah mengetahui daftar layanan Yahoo, Anda juga harus tahu fitur yang dimiliki mesin pencari satu ini. Berikut adalah beberapa fitur Yahoo:

1. Tampilan Terbaru yang Lebih Responsif

Yahoo kini menghadirkan tampilan baru yang lebih responsif, disesuaikan dengan layar ponsel yang lebih besar. Dengan perubahan ini, pengguna dapat mengakses Yahoo dengan satu tangan melalui bilah navigasi baru yang terletak di bagian bawah layar.

2. Pusat File dan Foto Terpusat di Yahoo

Dalam pembaruan terbaru, Yahoo Search Engine menyajikan tampilan yang memudahkan pengguna mengakses dan menavigasi file serta foto. Pengguna dapat dengan mudah membuka lampiran surat, berkas penting, dokumen perjalanan, tiket acara, atau foto yang diterima dari pengguna lain.

3. Berbagai Tema yang Tersedia

Dalam versi terkini, Yahoo Search Engine menawarkan berbagai tema, termasuk sekitar 14 tema dalam mode terang dan gelap. Pengguna dapat memilih tema sesuai preferensi mereka untuk pengalaman penelusuran yang lebih personal.

4. Pembaruan Manajemen Email Berlangganan

Bagi pengguna layanan email berlangganan, Yahoo Search Engine memberikan pembaruan pada tampilan. Tujuannya adalah untuk mempermudah pengguna dalam mencari email berlangganan atau untuk berhenti berlangganan newsletter. Semuanya dapat diakses dengan sekali tekan, tanpa harus keluar dari aplikasi.

5. Peningkatan Aksesibilitas

Yahoo Search Engine kini meningkatkan aksesibilitas bagi pengguna dengan gangguan penglihatan. Dukungan untuk pembaca layar seperti VoiceOver di iOS dan Talkback pada Android telah diimplementasikan. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk melakukan penyesuaian ukuran teks dan kontras layar, memastikan pengalaman penelusuran yang lebih baik bagi semua pengguna.

Kesimpulan

Yahoo Search Engine, sebagai salah satu mesin pencari dengan pangsa pasar yang luas. Menawarkan peluang besar bagi bisnis untuk memperluas jangkauan dan mendapatkan eksposur yang lebih luas. Jika bisnis Anda memiliki tujuan untuk mencapai pengguna tidak hanya di Google tetapi juga di mesin pencari lain seperti Yahoo, strategi yang diperlukan adalah mengoptimalkan situs web bisnis Anda.

Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan layanan optimasi website yang disediakan oleh Toprank Indonesia. Dengan menggunakan jasa SEO Jakarta, Anda dapat memastikan situs web dioptimalkan dengan baik menggunakan strategi yang sesuai algoritma mesin pencari Yahoo  Search Engine.

Layanan ini mencakup riset kata kunci, optimalisasi konten, dan backlink authority. Dengan menggunakan layanan dari SEO agency Toprank Indonesia, Anda tidak hanya dapat memperoleh visibilitas webiste saja, tetapi juga peringkat ranking yang maksimal di mesin pencari Yahoo.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk menghubungi kami Toprank Indonesia selaku jasa digital marketing agency Jakarta. Tim kami siap membantu Anda untuk mengoptimasi website secara menyeluruh, kami mempunyai visi untuk membantu bisnis klien berkali-kali lipat di internet.

Published On: Desember 13th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!