Cara Daftar Google Bisnisku dan Verifikasi Akun

google bisnisku

Ketika Anda sedang melakukan pencarian bisnis di mesin pencarian Google, Anda akan menemukan beberapa informasi mengenai suatu perusahaan atau bisnis. Google akan menampilkan hal ini pada bagian kanan dari hasil pencarian Anda. Saat ini banyak perusahaan yang mendaftarkan bisnis pada Google Bisnis, hal ini agar bisnis Anda dapat muncul pada bagian kanan tersebut.

Apa itu Google Bisnisku?

Google Bisnisku adalah tools yang memiliki fitur lengkap untuk mempermudah Anda dalam memasarkan bisnis Anda kepada calon client. Calon client Anda akan dapat dengan mudahnya mengetahui informasi seputar perusahaan Anda karena Google Bisnisku akan memberikan informasi seperti nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email, website resmi dan masih banyak lagi.

Selain menyuguhkan informasi, Google Bisnisku juga memberikan layana yang dapat berinteraksi dengan konsumen melalui review dan tanya jawab. Google Bisnisku akan sangat membantu bisnis Anda dengan banyaknya fitur yang dapat Anda akses secara gratis pada halaman hasil pencarian (SERP).

Dengan mendaftar Google Bisnisku, banyak keuntungan yang bisa anda dapat. Namun, tak jarang masih banyak orang yang masih bingung dalam mendaftarkan akun ke Google Bisnisku. Oleh karena itu, dibawah ini kami akan memberikan informasi cara daftar dan verifikasi Google Bisnisku yang baik dan benar.

*Baca Juga: Cara Menggunakan Google Trends Untuk Riset Market

Cara Daftar Google Bisnisku + Verifikasi Akun

  1. Buka Website Google Bisnisku

Buka website Google Bisnisku melalui Laptop atau PC dengan membuka link https://www.google.com/business kemudian pada sudut kanan atas, Anda dapat menemukan pilihan login/masuk menggunakan akun Google.

  1. Masukan Informasi Seputar Perusahaan

Setelah Log in, Anda akan diminta memasukan nama perusahaan, alamat lengkap bisnis, hingga menempatkan penanda lokasi bisnis yang tersambung dengan Google Maps. Hal ini tentunya akan memudahkan calon client Anda untuk mengunjungi lokasi bisnis Anda. Namun jika bisnis Anda tidak memiliki lokasi fisik, Anda dapat memilih pilihan “area layanan” sebagai gantinya.

  1. Memasukan Kategori Bisnis Anda

Setelah memasukan data seputar perusahaan. Halaman selanjutnya akan diminta untuk menentukan kategori bisnis Anda. Pilihlah kategori bisnis yang sesuai dengan bidang bisnis Anda. Seperti contohnya, perusahaan anda bergerak di bidang Food and Beverage.

Maka pilih kategori Restoran atau Café. Hal ini tentu saja agar memudahkan Google dalam mengelompokan bisnis sesuai kategori. Dengan demikian, jika seorang user menggunakan kata kunci Café di Bandung, tentunya akan muncul informasi mengenai bisnis Anda di hasil pencarian.

  1. Masukan Detail Kontak yang Aktif

Halaman selanjutnya, Anda akan diminta memasukan detail kontak resmi dari perusahaan Anda. Hal ini agar calon client dapat dengan mudah menghubungi Anda. Selain kontak telepon, Anda juga akan diminta untuk mamasukan URL situs resmi bisnis Anda yang akan di daftarkan.

Setelah semua cara diatas sudah Anda lakukan, kemudian Anda langsung diarahkan ke Opsi Verifikasi. Nah, cara verifikasi ini harus anda perhatikan dengan seksama ya..

Begini Cara Verifikasi Akun Google Bisnisku

Dalam memverifikasi Goolge Bisnisku ini memiliki lima cara, namun tidak semua jenis bisnis yang dapat melakukan verifikasi dengan kelima cara tersebut. Lima cara memverifikasi akun tersebut berupa :

  • Verifikasi Melalui Surat,
  • Verifikasi Melalui Telepon,
  • Verifikasi Melalui Email,
  • Verifikasi Melalui Cantuman Bisnis Instant, dan
  • Verifikasi Massal.

Namun perlu diketahui, user dari akun Google yang baru saja ingin mengklaim bisnisnya, maka langkah verifikasi yang dapat ia pilih hanya dengan menggunakan verifikasi surat saja. Selain itu, verifikasi dengan menggunakan surat merupakan metode yang dapat digunakan oleh semua jenis bisnis.

4 Langkah Mudah Verifikasi Google Bisnis

Sebelum Anda melakukan proses Verifikasi, alangkah baiknya Anda memastikan bahwa alamat yang Anda masukan sudah benar dan lengkap. Hal ini agar kurir dapat dengan mudah menemukan alamat Anda saat proses pengiriman surat berlangsung.

  1. Masuk Akun Google Bisnisku

Setelah Anda melakukan pengisian data mengenai informasi perusahaan Anda, Anda akan di alihkan ke halaman verifikasi. Dimana saat Anda masuk ke halaman tersebut, pilih bisnis yang ingin Anda verifikasi, lalu klik pilihan “Verifikasi Sekarang” lalu Google Bisnisku akan langsung mengarahkan Anda ke halaman permintaan kartu pos.

  1. Permintaan Kartu Pos

Jika Anda sudah masuk ke halaman ini, Anda akan diminta untuk me-request kartu pos kepada Google, dimana kartu pos ini berisikan surat verifikasi yang nanti akan dikirimkan ke alamat yang sudah Anda cantumkan sebelumnya. Di halaman ini Anda akan harus memastikan bahwa alamat yang Anda cantumkan sudah benar. Tak lupa juga wajib mengisi data diri seperti nama lengkap dan nama panggilan Anda. 

  1. Kirim Kartu Pos

Setelah Anda mengisikan lengkap data diri dan alamat Anda, selanjutnya Anda klik pilihan “Kirim Kartu Pos”. Verifikasi kartu pos ini akan dikirimkan oleh Google selama kurun waktu 12-14 hari. Disarankan untuk Anda tidak melakukan perubahan sementara terkait data diri dan informasi perusahaan saat proses pengiriman berlangsung.

  1. Surat Tiba di Alamat

Sesampainya surat verifikasi dari Google ke alamat yang dituju, Anda akan menerima sebuah amplop yang berisikan surat dengan adanya lima digit kode. Yang dimana kode tersebut akan digunakan untuk proses verifikasi selanjutnya. Dalam memasukan kode verfikasi ikut langkah-langkah dibawah ini :

  • Masuk Ke dalam akun Google Bisnisku
  • Kemudian buka lokasi atau “Manage Location”
  • Klik Verifikasi lokasi yang ingin Anda verifikasi, kemudian klik pilihan verifikasi sekarang
  • Lalu Anda akan dilahikan langsung ke halaman yang terdapat pilihan “Masukan Kode Verifikasi”
  • Masukan kode verifikasi yang tertera pada surat verifikasi
  • Lalu klik “Kirim
Baca Juga:  Jasa SEO Membantu Meningkatkan Bisnis Anda

Setelah Anda memasukan kode verifikasi, Anda harus menunggu terlebih dahulu selama 2-3 hari kerja. Setelah itu Anda akan mendapatkan sebuah notifikasi bahwa profil bisnis Anda sudah terverifikasi.

Disana Anda akan melihat panel berisikan detail mengenai bisnis yang sudah terkonfirmasi oleh Google Bisnisku. Perlu diingat bahwa Anda harus mengkonfirmasi juga terkait hak daman mengatur bisnis yang terdaftar dan juga menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.

Perlu diketahui, setelah akun Google Bisnis Anda terverifikasi, Anda harus memperhatikan satu hal seperti mengoptimasi profile Google Bisnisku milik Anda. Beberapa yang harus Anda perhatikan, yaitu:

  1. Informasi Bisnis

Akun Google Bisnisku yang sudah terverifikasi akan mendapatkan akses dashboard. Dengan demikian, Anda harus memastikan bahwa informasi terkait perusahan bisnis Anda tersedia. Anda dapat melihat informasi bisnis pada halaman hasil pencarian untuk profile bisnis yang Anda miliki.

Informasi bisnis ini pada umumnya dapat berupa nama, website, nomor telepon. Namun Anda juga dapat menambahkan beberapa informasi tambahan seperti waktu operasional, link, foto dan masih banyak lagi.

google my business info

  1. Google Post

Seperti yang sudah dijelaskan pada point sebelumnya bahwa Anda dapat mengakses dashbord. Dimana pada dashboard ini berfungsi untuk membuat sebuah postingan berupa foto, video dan deskripsi teks. Tentunya hal ini dapat Anda manfaatkan untuk memasarkan atau mempromosikan konten, event, potongan, sesuai dengan keputusan perusahaan yang sedang Anda jalankan.

  1. Foto Lokasi Bisnis

Foto lokasi bisnis Anda tentunya hal kecil namun sangat penting untuk diperhatikan. Walaupun sudah tertera lokasi lengkap di Google Maps, namun foto fisik perusahaan akan sangat memudahkan calon client untuk mendapatkan gambaran mengenai bisnis Anda. Perlu diketahui bahwa dengan memasukan foto lokasi perusahaan, Anda dapat meningkatkan 35% lebih banyak klik pada hasil pencarian.

Tidak hanyak foto lokasi bisnis saja, Anda juga dapat mengunggah foto pilihan yang dapat Anda tampilkan pada halaman profil Google Bisnisku. Perlu diperhatikan bahwa bukan hanya pemilik akun saja yang dapat mengunggah foto di Google Bisnisku ini, namun user/client juga dapat mengunggah foto dengan meninggalkan ulasan pada kolom review. Dengan demikian, pastikan bisnis Anda memberikan pelayanan dan kondisi fisik perusahaan yang tertata, agar dapat membangun reputasi bisnis Anda.

  1. Mengatur Ulasan (Review)

Perlu diketahui bahwa ulasan pada sebuah akun bisnis merupakan salah satu hal yang penting untuk membangun reputasi baik dan menambah pelanggan baru. Oleh karena itu Google menyediakan fitur untuk user/pelanggan agar dapat memberikan ulasan dan masukan terhadap suatu bisnis.

Pada hasil pencarian Google bisnis Anda muncul, ulasan juga akan muncul sebagai bagian informasi dari perusahaan Anda. Ulasan ini tentunya mengharuskan anda untuk menanggapi dan mengatur ulasan yang masuk. Jika Anda mendapati ulasan buruk untuk perusahaan Anda, tanggapilah dengan baik dan memberikan pesan bahwa perusahaan Anda akan berusaha memperbaiki kesalahan.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menggunakan Google Bisnisku untuk strategi pemasaran atau bisnis perusahaan Anda. Salah satu staregi pemasaran ini tentunya akan membuahkan hasil dan keuntungan yang maksimal. 

*Baca Juga: Cara Menggunakan Tools Google Keyword Planner

Manfaat & Keuntungan Menggunakan Google Bisnisku

  1. Memudahkan Orang Menemukan Bisnismu

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa dengan mendaftarkan binis Anda ke Google Bisnisku ini, dapat memudahkan calon client untuk mengetahui informasi bisnis Anda. Hal ini dikarenakan Google Bisnisku akan menampilkan informasi yang sudah pengguna daftarkan dan verifikasi sebelumnya. Sehingga bisnis Anda akan muncul pada hasil pencarian yang dicari oleh calon client Anda melalui keywords.

Baca Juga:  10 Tips Memilih Jasa SEO Terbaik untuk Bisnis

Google Bisnisku memiliki banyak fitur yang memudahkan calon client mencari jalan menuju bisnis Anda. Selain hanya menampilkan profil perusahaan saja, Google Bisnisku memiliki fitur yang dimana calon client dapat berinteraksi langsung dengan pemilik bisnis. Tentunya fitur ini sangat berguna bagi segala jenis bisnis.

  1. Dapat Mengembangkan Bisnis Online

Dengan menggunakan Google Bisnisku, Anda dapat memasarkan bisnis Anda secara online dengan gratis. Karena seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa tools Google Bisnisku ini dapat Anda gunakan secara gratis. Google Bisnisku ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan online presence.

Untuk itu dengan mendaftar bisnis Anda ke tools Google Bisnisku ini, sebaiknya Anda harus mengisi profil perusahaan Anda selengkap mungkin. Karena profil perusahaan yang lengkap dan akurat akan lebih mudah ditampilkan pada hasil pencarian.

  1. Meningkatkan Visibilitas Mesin Pencari

Pada mesin pencarian, terdapat panel visibilitas yang terletak pada bagian atas halaman. Panel tersebut berisikan berbagai macam bisnis sesuai dengan kategori yang dicari, misalnya seperti toko kue, salon, restoran dan lain sebagainya. Panel Visibilitas ini berisikan data yang berasal dari Google Bisnisku.

Profil Google Bisnis yang lengkap dan akurat, panel ini dapat membantu bisnis Anda agar muncul pada pencarian yang tepat. Oleh karena itu jika Anda menggunakan Google Bisnisku, lengkapi selengkap mungkin profil bisnis Anda mulai dari nomor telepon, jam buka, hingga webiste agar mereka tertarik untuk mengunjungi atau menghubungi perusahaan Anda.

  1. Berinteraksi dengan Pelanggan

Di dalam Tools Google Bisnisku, terdapat tools lainnya yang bernama Google Meet. Tools ini dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan sepuluh atau lebih pelanggan di waktu yang bersamaan. Dengan berkomunikasi via online dengan pelanggan, tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan Anda akan dinilai memiliki layanan yang cepat. Selain itu dalam melayani calon pelanggan, layani mereka dengan ramah agar mereka memberikan ulasan yang baik mengenai bisnis Anda. 

  1. Mendapatkan Insight Pelanggan

Dalam Google Bisnisku Anda akan menemukan “Insight” yang dimana akan memberikan data lengkap website mengenai bisnis-bisnis untuk Anda. Di dalam “Insight” Anda akan menemukan beberapa point penting seperti Visibility, Engagement dan Audience. Visibility akan menampilkan jumlah yang di dapatkan dari bisnis yang ada pada Google Bisnisku ini mulai dari profil, postingan, dan lain sebagainya.

Kemudian Engagement akan menunjukan bagiaman calon client yang mengunjungi bisnis Anda melihat dan beinteraksi pada postingan yang ada dihalaman Google Bisnisku. Sedangkan Audience akan menunjukan demografi para pengunjung yang mengikuti akun Google Bisnisku miliki Anda dan memperlihatkan umur, gender dan negara asal dari para pengunjung.

  1. Mengenal Traffic dan Pelanggan

Dengan menggunakan Google Bisnis ku Anda dapat mengetahui Traffic Website, dimana tools ini memiliki integrasi dengan Google Analytic yang akan membuat Anda dapat menyambungkan kedua tools tersebut. Insight yang tadi kita bahas sebelumnya juga dapat berhubungan dengan traffic yang di dapatkan dari akun Google Bisnisku. Dengan terinegrasinya dari tools Google Bisnisku dengan Google Analytics ini membuat Anda dapat mengakses laporan lebih detail lagi mengenai traffic pada website Anda.

  1. Meningkatkan Engagement

Seperti yang diketahui, saat calon pelanggan mengunjungi website Anda, mereka dapat dengan mudah untuk memberikan ulasan pada halaman Google Bisnisku milik Anda. Interaksi seperti ini tentunya akan meningkatkan kualitas pada profile Anda dan menandakan bahwa bisnismu sedang berjalan dan aktif.

Semakin banyak pelanggan yang memberikan ulasan pada bisnis Anda, tentunya akan meningkatkan reputasi di halaman Google. Terlebih lagi jika Anda mendapatkan ulasan yang baik, ini akan menjadi faktor penentu sebelum pelanggan baru lainnya mengunjungi profile bisnis Anda.

Kesimpulannya: Google Bisniku merupakan salah satu tools terbaik untuk membangun online presence bisnis yang dapat Anda manfaatkan. Terlebih lagi di era digital saat ini, apapun dapat dilakukan secara online. Termasuk mencari informasi mengenai bisnis online lainnya toko, hotel, restoran, dan lokasi.

top
WhatsApp chat