Mungkin Anda penasaran dengan cara pemasaran online, mengapa bisa strategi ini dapat membantu bisnis menjangkau konsumen secara global dan lebih cepat dalam meningkatkan brand awareness. Di era digital ini sebagian besar pembelian dilakukan secara online, bisnis di seluruh dunia telah melakukan lompatan revolusioner dari iklan billboard ke iklan digital.

Pemasaran online adalah praktik memanfaatkan saluran berbasis web dan platform sosial media untuk menyebarkan pesan tentang merek , produk, atau layanan perusahaan kepada calon pelanggannya. Metode dan teknik yang digunakan untuk pemasaran online meliputi SEO, SEM, SMM, Email Marketing, dan banyak lagi.

Apa Itu Pemasaran Online?

Pemasaran online, Pemasaran digital atau pemasaran internet adalah praktik mempromosikan produk atau layanan dengan bantuan perangkat dan teknologi digital.

Sederhananya marketing online adalah promosi merek untuk terhubung dengan pelanggan potensial menggunakan internet dan bentuk komunikasi digital lainnya. Ini tidak hanya mencakup email , media sosial , dan iklan berbasis web, tetapi juga pesan teks dan multimedia sebagai saluran pemasaran.

Dalam praktiknya, pemasaran online biasanya mengacu pada kampanye pemasaran yang muncul di komputer, ponsel, tablet, atau perangkat lainnya. Bentuknya bisa bermacam-macam, termasuk video online, iklan bergambar , pemasaran mesin pencari, iklan sosial berbayar, dan pos media sosial.

*Baca Juga: Contoh Peluang Bisnis Online yang Sangat Menjanjikan

Pemasaran digital sering dibandingkan dengan “pemasaran tradisional” seperti iklan majalah, papan reklame, dan surat langsung . Anehnya, televisi biasanya disamakan dengan pemasaran tradisional.

Pemasaran Digital bukanlah alat pemasaran yang sedang tren, ini adalah bentuk pemasaran paling efektif yang telah ditemukan hingga saat ini. Dan hasilnya sangat terlihat. Dengan bantuan Pemasaran Digital, bisnis telah melampaui batasan pemasaran dan menemukan keuntungan besar dari prospek online.

Pemasaran Digital lebih dari sekadar memenuhi kebutuhan. Keajaiban teknologi canggihlah yang telah membantu bisnis di seluruh dunia untuk berkembang.

Bagaimana Cara Kerja Pemasaran Online?

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara kerja pemasaran online, maka disinilah jawabannya. Pemasaran online  mempertimbangkan bagaimana alat atau saluran digital dapat mengubah prospek. Strategi pemasaran digital dapat menggunakan beberapa platform atau memfokuskan semua upayanya pada 1 platform.

Pemasaran mengacu pada aktivitas yang digunakan perusahaan untuk mempromosikan produk dan layanannya serta meningkatkan pangsa pasarnya. Ini membutuhkan kombinasi dari kecerdasan periklanan, penjualan, dan kemampuan untuk mengirimkan barang ke pengguna akhir jika ingin berhasil.

Cara kerja pemasaran online, ini didorong oleh tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan Anda. Anda dapat menggunakan berbagai saluran digital untuk memasarkan produk dan layanan yang Anda tawarkan.

Untuk mencapai hal ini, strategi pemasaran dirancang setelah menganalisis lanskap digital lintas saluran. Perilaku audiens target diperiksa dengan cermat untuk mendapatkan wawasan tentang bagaimana menjalankan strategi pemasaran digital.

Begitu wawasan diterima, berbagai teknik pemasaran online digunakan untuk menjangkau audiens target dan mempromosikan produk dan layanan kepada mereka. Beberapa teknik pemasaran digital yang umum digunakan adalah Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Pay Per Click Advertising (PPC), Social Media Marketing (SMM), Affiliate Marketing, Email Marketing, dll.

*Baca Juga: 7 Strategi Pemasaran Online Terbaik untuk Bisnis Anda

Semua jenis pemasaran online yang kami sebutkan itu, tentu saja memiliki metode dan strateginya masing-masing. Jangan beranggapan bahwa pemasaran online hanya mengacu pada satu jenis pemasaran. Nyatanya pemasaran online ada banyak jenisnya seperti yang kami sebutkan diatas.

Jadi, ketika Anda memutuskan untuk mengonlinekan bisnis Anda atau ingin mempromosikan bisnis Anda secara online, maka Anda harus memahami jenis pemasaran online itu sendiri. Sehingga Anda dapat menentukan metode pemasaran online mana yang akan efektif untuk bisnis Anda.

Tujuan utama dari pemasaran online tentu saja untuk mendatangkan pelanggan dan meningkatkan penjualan. Namun untuk mencapai itu, Anda harus melakukan berbagai macam taktik di metode pemasaran online yang Anda gunakan.

Teknik-teknik ini membantu pemasar digital untuk mendapatkan arahan berkualitas yang tepat yang diteruskan ke tim penjualan. Bagian integral lain dari kerja pemasaran digital melibatkan pengukuran kinerja upaya pemasaran. Pemasar digital menggunakan alat seperti Google Analytics untuk memantau dan menganalisis kinerja kampanye media sosial. Beginilah cara kerja seluruh proses pemasaran digital.

Meski opsi ini masih ada, internet menyebabkan pergeseran cara perusahaan menjangkau konsumen. Di situlah pemasaran digital berperan. Bentuk pemasaran ini melibatkan penggunaan situs web, media sosial, mesin pencari , dan aplikasi apapun yang menggabungkan pemasaran dengan umpan balik pelanggan atau interaksi dua arah antara perusahaan dan pelanggannya.

Jenis Saluran Pemasaran Online yang Paling Umum Digunakan

Pemasaran digital menggunakan berbagai strategi untuk mencapai satu tujuan utama melalui rute yang berbeda. Semua strategi pemasaran digital bekerja sama untuk menghasilkan lalu lintas, menciptakan awareness, dan mengubah prospek menjadi pelanggan setia untuk bisnis. Berikut jenis pemasaran online yang wajib Anda ketahui:

1. Search Engine Optimization (SEO)

Saluran pemasaran online yang paling populer adalah SEO (Search Engine Optimization). SEO adalah proses untuk peringkat situs web Anda lebih tinggi di mesin pencari sehingga lebih banyak orang mengunjungi situs web Anda seperti yang muncul pertama kali di mesin pencari, mempopulerkan situs web Anda. Blog, situs web, dan infografis, dapat digunakan untuk hal yang sama.

2. Pay Per Click Advertising

Pay Per Click adalah kepanjangan dari PPC yang merupakan jenis saluran pemasaran online berbayar. Dengan kata lain, setiap kali pengguna mengklik iklan yang Anda iklankan, Anda harus membayar jumlah klik tersebut. Ini cara termudah dan tercepat untuk mendapatkan lalu lintas ke situs web Anda. Lalu lintas yang diterima melalui metode ini tidak dianggap organik.

Ini juga sering disebut sebagai Search Engine Marketing (SEM). Tapi sebenarnya PPC digunakan untuk penyebutan semua iklan berbayar, baik iklan berbayar sosial media maupun mesin pencari. Kampanye PPC dapat dilakukan di Google , Bing, LinkedIn, Twitter, Pinterest, atau Facebook untuk menampilkan iklan kepada orang yang menelusuri istilah yang terkait dengan produk atau layanan Anda.

3. Social Media Marketing (SMM)

Salah satu bentuk pemasaran digital yang paling tren dan efektif adalah media sosial. Perubahan revolusioner yang dibawa media sosial ke meja pemasaran bisnis tidak ada bandingannya. Anda dapat memanfaatkan berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, Linkedin dan lainnya untuk untuk meningkatkan brand awareness Anda.

Dengan jumlah pengguna media sosial yang terus bertambah di seluruh dunia, sangat mencengangkan berapa banyak eksposur yang bisa didapatkan bisnis Anda. Dan dengan semua data perilaku konsumen, Anda tidak dapat menargetkan audiens yang memang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

4. Content Marketing

Content is king dalam pemasaran online. Kualitas konten Anda adalah komponen kunci dari halaman yang dioptimalkan. Akibatnya, SEO menjadi faktor utama dalam pemasaran konten, sebuah strategi yang didasarkan pada distribusi konten yang relevan dan berharga kepada audiens target .

Pemasaran online tidak hanya mencangkup pada pemasaran mesin pencari saja, namun juga mencangkup pemasaran sosial media. Tujuan pemasaran konten adalah untuk menarik prospek yang pada akhirnya diubah menjadi pelanggan.

Jenis konten yang efektif mendatangkan pelanggan adalah postingan blog,  e-book, video atau audio dan infografis.

5. Email Marketing

Pemasaran email masih menjadi salah satu saluran pemasaran digital yang paling efektif. Jenis pemasaran ini memungkinkan perusahaan untuk berhubungan dengan pelanggan lama dan calon pelanggan dan siapa saja yang tertarik dengan merek mereka.

Banyak pemasar digital menggunakan semua saluran pemasaran digital lainnya untuk menambahkan prospek ke daftar email mereka dan kemudian, melalui pemasaran email, mereka membuat corong akuisisi pelanggan untuk mengubah prospek tersebut menjadi pelanggan.

6. Video Marketing

Mungkin hampir semua orang suka menonton video di YouTube. Yupz YouTube adalah salah satu mesin pencari paling populer di dunia yang berbasi platform video Banyak pengguna beralih ke YouTube sebelum membuat keputusan pembelian, untuk mempelajari sesuatu, menonton review, atau sekadar bersantai.

Ada beberapa platform pemasaran video, termasuk Video Facebook, Instagram, dan bahkan TikTok yang digunakan untuk menjalankan kampanye pemasaran video. Perusahaan menemukan kesuksesan terbesar dengan video, dan mengintegrasikannya dengan pemasaran konten serta kampanye pemasaran media sosial yang lebih luas.

Sekarang Anda sudah tahu cara kerja pemasaran online, saatnya Anda menjangkau konsumen secara global dengan strategi pemasaran online. Hubungi Toprank Indonesia jika Anda butuh bantuan digital marketing untuk memasarkan produk secara online. Dengan strategi yang efektif, tentu ini bisa mendatangkan pelanggan potensial.

Published On: January 16th, 2023 / Categories: Tips Digital / Tags: , /