Begini Cara Membuat Blog di WordPress yang Efektif

admin

Begini Cara Membuat Blog di Wordpress yang Efektif

Cari tahu cara membuat blog di WordPress yang benar agar proses pembuatan berjalan lancar dan situsnya dapat dimanfaatkan secara maksimal. WordPress adalah platform besar yang dapat dimanfaatkan oleh siapa saja dengan berbagai tujuan blogging.

Platform ini sebenarnya dapat digunakan secara gratis, namun jika ingin menikmati fitur lebih lengkap maka bisa membayarnya sekian rupiah. Lebih jelas mengenai proses pembuatannya akan kami bahas secara lebih rinci dalam pembahasan berikut!

9 Cara Membuat Blog di WordPress

Dalam membuat blog di WordPress yang benar, ada beberapa langkah harus dilalui. Langkah-langkah tersebut wajib dilakukan secara berurutan untuk memastikan prosedurnya tepat. Ini adalah langkah demi langkah yang harus Anda lalui:

1. Menyiapkan Layanan Hosting

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan layanan hosting dari WordPressnya. Sebagai acuan, ada beberapa penawaran paket, mulai dari Premium, Bisnis, sampai Cloud Startup dengan lama waktu berlangganan satu sampai enam bulan.

Langkah pertama dalam cara membuat blog di WordPress ini mengklasifikasikan hosting berdasarkan tujuan dak kebutuhan situs. Jika tujuannya untuk bisnis maka gunakan hosting bisnis, jika untuk pemula maka bisa memanfaatkan jenis startup.

Cloud Startup itu maksudnya cocok untuk situs jual beli online, portal berita, dan sebagainya yang banyak membutuhkan interaksi dengan pengunjung. Sementara untuk layanan Premium bisa digunakan oleh personal jika ingin fitur lebih lengkap.

Baca juga: Template WordPress Keren dan SEO Friendly Berbagai Industri

2. Melakukan Instalasi WordPress

Setelah memilih hosting sesuai tujuan dan kegunaan situs, selanjutnya adalah melakukan proses instalasi WordPressnya. Sebenarnya CMS sudah langsung terpasang, sehingga secara teori Anda tidak perlu melakukan proses instalasi yang memakan waktu.

Proses yang cukup lama ini juga tidak akan menjadi kendala berarti selama Anda menggunakan layanan digital marketing agency Jakarta terpercaya. Tinggal utarakan kebutuhan situsnya seperti apa dan tunggu hasil kerja jasa sampai selesai.

Namun demikian, sekalipun menyerahkan pengerjaan kepada profesional, tetap saja butuh pengawasan dan evaluasi dari pemilik situsnya langsung. Ini kenapa sekalipun tidak turun langsung, Anda wajib tahu proses pembuatan situsnya seperti apa.

3. Menentukan Nama Domain

Selanjutnya adalah proses menentukan nama domain atau nama untuk alamat situs Anda. Anda bisa bebas memilih nama domain apa saja, namun pastikan nama tersebut belum ada yang menggunakan dan memiliki keunikan sehingga mudah diingat pengunjung.

Menentukan domain merupakan salah satu cara membuat blog di WordPress yang membutuhkan riset mendalam. Sebab nantinya domain akan digunakan dalam waktu lama dan menjadi identitas besar dari keseluruhan situs yang Anda miliki.

Saran kami untuk menentukan nama domain yang unik dan belum digunakan, ketik terlebih dahulu ide Anda di mesin pencari. Jika bisa melibatkan SEO dalam penentuan nama domain tentu akan lebih efektif untuk bersaing dengan para kompetitor.

4. Membuka Dashboard WordPress

Sudah selesai dengan pemilihan nama domain, sekarang lanjut ke proses membuka dashboard WordPress. Pada bagian Dashboard, Anda dapat melakukan penggantian tema, penambahan plugin, pembuatan konten yang dilakukan secara rutin setiap waktu.

Setelah melalui cara membuat blog di WordPress sampai ke proses membuka Dashboard, nantinya Anda akan diantarkan untuk menemukan beberapa menu. Sebut saja Toolbar, Menu Navigasi, juga akan turut ditemukan Area Kerja untuk posting konten.

Setelah masuk ke Dashboard ini Anda dapat mengatur tampilan situs secara detail agar memiliki ciri khas bagi para pengunjung. Semakin unik Dashboardnya, semakin betah para pembaca berlama-lama menyusuri konten demi konten dari setiap postingan.

5. Memilih dan Memasang Tema

Sebenarnya tanpa sadar, tema sudah terpasang ketika Anda melakukan beberapa langkah sebelumnya. Namun, kerap kali pemilihan tema tersebut spontan dan belum begitu sesuai dengan selera atau bahkan kurang menunjukkan jati diri situsnya.

Pemilihan dan pemasangan tema ini bisa diubah sehingga masuk ke dalam salah satu cara membuat blog di WordPress secara terpisah. Sebagai referensi, pemilihan dan pemasangan tema harus melalui beberapa tahapan, diantaranya:

Masuk ke Menu Appearance – lanjut ke Tema – setelah itu klik New. Nantinya akan muncul banyak pilihan tema, kami anjurkan agar Anda mencari tema yang memenuhi kriteria SEO agar mempermudah persaingan ketat mencapai posisi pertama halaman Google.

Baca juga: Memahami Pengertian Blog dan Mengenali Jenis-jenisnya

6. Melakukan Instalasi Plugin

Plugin adalah software yang digunakan untuk memaksimalkan fungsi dari situs dengan berbagai tujuan. Ada plugin untuk memaksimalkan SEO dari situsnya sehingga lebih mudah ditemukan oleh para pengunjung ketika mengetikkan kata kunci tertentu.

Ada juga plugin untuk membuat membership, toko online, dan masih banyak lagi lainnya. Berkaitan dengan SEO, sebenarnya Anda bisa saja memanfaatkan jasa SEO untuk proses pembuatan situs ini, namun jangan terlalu awam juga dalam setiap langkahnya.

Fungsinya, ketika Anda tahu langkah-langkah pembuatan situs dengan tepat maka akan lebih mudah saat layanan yang digunakan meminta saran atau ACC terkait proses kerja. Klien tentu ingin hasil kerja layanan semaksimal mungkin, maka dukungan penuh harus diberikan.

7. Melakukan Modifikasi Web

Tema sudah dipasang, plugin sudah ditambahkan, sekarang jika ingin memodifikasi situs maka bisa dilakukan juga. Tujuan modifikasi ini agar situsnya memberikan fungsi lebih serta tentunya secara visual akan memberikan tampilan lebih menarik dan maksimal.

Modifikasi menjadi salah satu cara membuat blog di WordPress yang dilakukan untuk menarik lebih banyak pengunjung. Proses modifikasi ini biasanya meliputi penyediaan tools yang berkaitan dengan deskripsi web, pembuatan menu, penambahan halaman, dsb.

Proses modifikasi dilakukan untuk memberikan tampilan baru pada situs, terutama jika Anda ingin situs meng-highlight momen tertentu, seperti hari-hari besar di Indonesia. Semakin menarik modifikasi situsnya, semakin tertarik orang untuk mengunjungi situs Anda.

8. Membuat Postingan Pertama

Langkah kedelapan adalah membuat postingan pertama yang akan menjadi sejarah ketika postingan sudah banyak dan situs sudah berjalan bertahun-tahun. Secara teknis, Anda bisa me menu navigasi Post  lalu klik Add New untuk memposting artikel.

Postingan pertama ini harus memperkenalkan situs secara menyeluruh, terutama jika digunakan untuk bisnis. Memposting konten untuk pertama kali akan menjadi satu dari sekian cara membuat blog di WordPress yang bersejarah dan bisa diperingati suatu saat.

Penting juga, setelah menulis kontennya, biasanya Anda akan diminta untuk memberikan kategori dan tags. Ini berguna untuk mempermudah orang menemukan konten yang Anda tulis diantara ribuan konten dengan tema sejenis di internet.

9. Optimasi Performa Web

Terakhir, melakukan optimasi performa situs, ini dilakukan oleh orang yang memahami SEO. Ini kenapa seorang penulis di dunia maya tidak cukup memiliki keterampilan penulisan yang bagus, namun juga harus memiliki siasat untuk membuat tulisannya muncul di halaman pertama.

Salah satu upayanya adalah menerapkan kata kunci tertentu pada artikel dengan senatural mungkin. Orang atau pembaca akan mengalir memahami isi kontennya, tanpa menyadari ada kombinasi kata yang selalu diulang.

Berbagai langkah penting untuk pembuatan blog sudah kami beritahukan di atas. Anda dapat mencerna cara membuat blog di WordPress tersebut dengan lebih mudah sebelum membuat situs sendiri atau menggunakan jasa profesional.

Published On: September 22nd, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!