Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang Secara Online

Dedi

cara membuat blog yang menghasilkan uang

Datangnya Anda ke halaman ini, tentu saja Anda sedang mencari tutorial cara membuat blog bukan? Jika Anda berfikir membuat blog itu rumit, tidak lagi jika Anda mengikuti step by step cara buat blog yang akan kami jelaskan di bawah ini. Blog adalah media online yang jika di manfaatkan dengan baik bisa menjadi sumber penghasilan online. Apalagi bagi orang-orang yang hobi menulis, tentunya media yang satu ini wajib dimiliki. Lalu bagaimana cara membuat blog yang menghasilkan uang? Nah mari pelajari langkah demi langkahnya yang sudah digital marketing agency tulis di bawah ini.

Apa itu Blog?

Blog merupakan singkatan dari “weblog” yang merupakan jenis website yang berisi informasi-informasi topik tertentu yang dikemas sebagai artikel atau postingan blog yang bisa di baca oleh semua orang. Biasanya blog menempatkan postingan terbaru di bagian atas dan postingan lama berada di bagian bawah.

Lalu apa tujuan membuat blog? Sebenarnya ada banyak alasan mengapa banyak orang membuat blog, mulai dari penggunaan pribadi bahkan untuk blogging bisnis.

Banyak bisnis yang memanfaatkan blog untuk menaikkan peringkat websitenya sehingga menghasilkan lebih banyak traffick organic.

Salah satu manfaat blog bagi bisnis ialah untuk menjangkau calon konsumen dengan memberikan informsi-informasi terkait industri Anda. Karena tanpa blog, website akan sulit mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian Google.

Kesimpulannya, tujuan blog digunakan oleh bisnis yaitu untuk menghubungkan bisnis dengan audiens target. Ini akan sangat membantu meningkatkan traffic sehingga memapu meningkatkan konversi dan penjualan.

Semakin sering Anda menyajikan postingan blog relevan yang menjawab pertanyaan konsumen, semakin tinggi pula peringkat website Anda sehingga lebih mudah ditemukan oleh audiens target.

Perbedaan Website dan Blog

Banyak orang mengira website dan blog itu sama, tapi nyatanya kedua media ini memiliki perbedaan loh? Meskipun banyak perusahaan mengintegrasikan blog ke website mereka, tapi ini jelas berbeda.

Mari cari tahu perbedaan antara blog dan website. Seperti yang Anda tahu bahwa blog adalah bagian dari situs web yang menyajikan informasi-informasi yang perlu diperbarui setiap waktu.

Bisnis yang mengintegrasikan blog ke dalam websitenya akan memperbaruhi halaman blognya dengan topik-topik terkait industrinya.

Blog memberikan kesempatan kepada pembacanya berkomentar sehingga terjalin interaksi antara pemilik blog dan pembaca. Jika Anda ingin membuat blog itu artinya Anda harus siap untuk membuat postingan blog baru secara teratur.

Sedangkan website terdiri dari konten yang di tampilkan di halaman statis yang mana website sangat jarang di perbarui. Misalnya saja halaman home, tentang kami dan kontak.

Karena jarang ada pembaruan inilah yang membuat website perlu diintegrasikan dengan blog apabila website perusahaan ingin mendapatkan lebih banyak traffic organic. Selain utuk mendatangkan traffic, blog juga sangat berguna untuk mendorong prospek menjadi penjualan.

Baca juga: Perbedaan startup dan corporate

Platform Blog yang Paling Umum Digunakan

Saat Anda memutuskan untuk membuat blog, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan platform apa yang akan Anda gunakan.

Sebenarnya ada banyak platform yang tersedia untuk pembuatan blog baik itu gratisan maupun berbayar, tapi yang paling umum adalah ke 3 platform di bawah ini:

1. WordPress.com

WordPress terdiri dari dua versi yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Jika Anda ingin membuat blog tanpa harus membeli domain hosting bisa menggunakan platform WordPress.com.

Karena gratisan, tentu saja platform ini memiliki keterbatasan, misalnya saja tidak menginstall plugin tententu, pilihan tema yang terbatas dan juga nama domain yang ditambah subdomain WordPress di belakangnya. Misalnya Anda ingin membuat blog dengan nama keliling Indonesia maka nama domain Anda adalah kelilingindonesia.wordpress.com.

2. Blogger.com

Masih dengan platform blog gratisan, Blogger.com adalah platform blog yang menyediakan versi gratis. Anda bisa menggunakan platform ini tanpa harus membayar domain hosting, karena Anda bisa mendapatkannya secara gratis.

Membuat blog di Blogger.com juga sangat mudah, Anda cukup menggunakan akun gmail untuk langsung mendaftarnya. Untuk nama domainnya sendiri sama seperti WordPress.com yaitu kelilingindonesia.blogspot.com.

3. WordPress.org

Platform blog yang selanjutnya adalah WordPress.org yang merupakan versi kedua dari WordPress. Untuk menggunakan platform ini Anda perlu membeli domain hosting baik dari pihak WordPress maupun pihak ketiga.

WordPress.org memberikan banyak fasilitas-fasilitas seperti ada ribuan tema gratis dan berbayar, plugin tak terbatas dan mana domain custom. Menggunakan platform ini nama blog Anda tidak aka nada subdomain misalnya saja kelilingindonesia.com tergantung ekstensi yang Anda gunakan.

Cara Mudah Membuat Blog Bagi Pemula

Setelah Anda mengetahui apa itu blog, perbedaan website dengan blog dan platform blog. Itu artinya Anda sudah siap untuk meluncurkan blog. Mari ikuti langkah demi langkah cara membuat blog yang menghasilkan uang secara online.

1. Pilih Nama dan Niche Blog

Menentukan nama blog adalah hal yang wajib Anda pikiran dengan matang sebelum Anda meluncurkan blog Anda. Karena bagaimanapun nama blog adalah kesan pertama yang dilihat oleh pembaca.

Pastikan bahwa Anda membuat nama blog yang mewakili topik yang akan Anda tulis atau juga bisa menggunakan nama bisnis atau  nama Anda sendiri.

Pilihlah nama blog yang mudah untuk dieja, tidak menggunakan tanda hubung, tidak menggunakan angka dan pastikan tetap singkat.

Selain nama, yang tidak kalah penting adalah menentukan niche blog Anda. Niche adalah topik yang akan Anda fokuskan dalam pembuatan postingan blog. Ada banyak topik yang dapat Anda pilih, misalnya kuliner, teknologi, gaya hidup dan lainnya.

Untuk menentukan niche blog, Anda bisa mengikuti cara berikut:

  1. Sesuaikan Dengan Apa Yang Anda Sukai – Menulis akan lebih menyenangkan jika sesuai dengan apa yang kita sukai dan kuasai. Memilih niche blog sesuai dengan apa yang Anda sukai dan kuasi adalah keputusan yang tepat.
  2. Cari Tahu Apakah Niche Yang Anda Pilih Dapat Menghasilkan Uang – Jika tujuan utama Anda membuat blog untuk menghasilkan uang, maka pilih niche blog yang sekiranya menjual.
  3. Analisisa Blog yang Sesuai Dengan Niche Anda – Untuk membuat blog yang lebih baik dari orang lain yang sama dengan niche Anda adalah dengan menganalisis blog mereka.

Misalnya jika Anda suka traveling, Anda bisa membuat blog untuk menceritakan tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi melalui postingan blog. Blog traveling juga bisa menghasilkan uang loh? Bisa melalui iklan atau bekerjasama dengan perusahaan traveling.

2. Pilih Platform Blog

Langkah berikutnya adalah memilih tempat blog Anda berada. Ada banyak platform blog yang bisa Anda pilih, tapi pastikan Anda memilih platform blog yang user friendly. Sehingga Anda mudah untuk mendesain tampilan blog Anda sendiri.

Hingga saat ini WordPress masih menjadi platform blog yang memiliki banyak pengguna. WordPress telah menjadi platform terpopuler di dunia karena memang sangat mudah digunakan meskipun oleh pemula.

Supaya lebih memudahkan Anda dalam membuat blog, akan lebih baik jika memilih WordPress sebagai platform blog Anda. Ada banyak jenis template dan plugin yang bisa Anda dapatkan secara gratis dari platform yang satu ini.

3. Pilih Nama Domain dan Hosting Blog

Membuat blog menggunakan platform WordPress.org berarti Anda akan membutuhkan nama domain dan hosting dari perusahaan web hosting.

Nama domain adalah alamat blog Anda yang menjadi kesan pertama bagi pembaca. Supaya orang-orang mudah mengingat alamat blog, maka Anda harus membuatnya singkat, mudah di eja dan unik. Anda bisa menggunakan ekstensi seperti .com, .id, co.id, .net dan lainnya.

*Contoh nama domain toprankindonesia.com

Nama blog atau website inilah yang akan diketikan oleh pengguna untuk mengunjunjungi dan mejelajahi blog Anda.

Sedangkan hosting bisa dibilang sebagai tempat penyimpanan file blog Anda. Untuk membuat blog semakin profesional tidak hanya nama domain berbayar, tapi juga hosting yang Anda gunakan.

Ada beberapa pilihan hosting yang bisa Anda gunakan untuk blog Anda seperti:

  • Shared Hosting
  • Cloud Hosting
  • VPS Hosting

Pilihlah penyedia hosting terbaik yang memberikan full support dan terjamin keamananya. Sehingga Anda tidak khawatir atas problem yang di alami nantinya karena bisa segera menghubungi tim penyedia hosting.

Anda harus mendaftarkan nama domain Anda sekaligus membeli hosting di penyedia hosting sehingga Anda bisa menginstall platform WordPress.

4. Desain Blog dengan Theme WordPress Gratis

Setelah Anda membeli domain hosting, langkah berikutnya adalah menginstall WordPress dan mendesainya sesuai keinginan Anda.

Sebenarnya menginstall WordPress bisa dilakukan dengan sangat mudah yaitu dengan menggunakan fitur Auto Install Website WordPress pada saat melakukan pembelian domain hosting. Dengan fitur ini Anda tidak perlu menginstall WordPress secara manual.

Atau Anda bisa menginstall WordPress secara manual melalui Softaculous Apps Installer seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini:

  1. Login ke cPanel

Untuk menginstall WordPress secara manual, Anda perlu login di ke cPanel silahkan ketikan nama domain Anda di browser seperti  “https://namadomain/cpanel” dan masukan username dan password Anda.

Biasanya untuk username dan password cPanel akan dikirim melalui email oleh penyadia hosting saat Anda selesai melakukan pembelian domain hosting. Anda harus menggunakan username dan password tersebut saat login ke cPanel.

Setelah masuk ke halaman cPanel, untuk memercepat pencarian Softaculous Apps Installer, ketikan saja di bilah pencarian lalu klik untuk membukanya.

  1. Install WordPress

Tampilan halaman menginstall WordPress tentu saja berbeda-beda tergantung penyedia hosting yang Anda gunakan. Setelah membuka halaman Softaculous Apps Installer, scroll ke bawah untuk menemukan Content Management System (CMS) yang akan diinstall. Tapi, karena di tutorial ini menggunakan WordPress, maka Anda pilih WordPress.

Untuk menginstall WordPress, silahkan klik install dan tunggu hingga 100% setelah selesai Anda harus melakukan beberapa setting instalasi.

  • Anda perlu setting Software Setup pada bagian “Choose Installation URL” ketikan nama blog Anda atau nama domain yang Anda beli. Anda juga bisa memilih mau menggunakan Http atau Https. Untuk bagian In Directory tidak perlu diisi pun tidak masalah.
  • Selanjutnya mengatur site name dan site description, Anda bisa mengisinya sesuai kebutuhan.
  • Setting username dan password, karena untuk login ke WordPress membutuhkan username dan password, maka Anda perlu mengaturnya di bagian ini.
  1. Pilih Tema Blog Anda

WordPress yang baru di install memiliki tampilan bawaan, dan jika Anda ingin membuatnya lebih menarik, Anda bisa memilih tema sesuai dengan keinginan.

Sebagai platform CMS terpopuler di dunia, WordPress menyediakan ribuan tema gratis dan berbayar yang bisa Anda install.

Untuk memulainya, Anda login ke WordPress dengan mengetikan nama domain Anda ditambah dengan wp-admin misalnya saja kelilingindonesia.com/wp-admin. Lalu masukan username dan password yang sudah Anda buat sebelumnya.

Untuk memilih tema yang akan Anda gunakan, klik “Appearancelalu klikThemesselanjutnya klikAdd New

Stelah itu WordPress menampilkan pilihan tema yang bisa Anda install, sebelum menginstallnya, Anda bisa lakukan preview untuk melihat keseluruhan tampilan tema yang akan Anda pilih. Setelah cocok dengan keinginan, silahkan langsung install dan aktifkan.

Setelah tema terpasang, silahkan Anda atur logo, halaman home, tentang kami, dan halaman lainnya sesuai dengan keinginan.

  1. Install Plugin Pendukung

Ibarat kata, plugin adalah onderdilnya WordPress yang berguna untuk meningkatkan performa. Nah supaya website memiliki kenerja yang lebih bagus, Anda perlu menginstall beberapa plugin pendukung.

Plugin yang paling umum di install untuk blog adalah Yoas SEO yang berfungsi untuk mengoptimasi postingan blog supaya lebih SEO friendly. Jetpack yang berfungsi untuk membuat blog lebih aman, dan Plugin Akismet Anti-Spam untuk mengamankan blog Anda dari aksi spam komentar.

Cara menginstall plugin, silahkan klik Plugin->Add New untuk mencari plugin yang ingin Anda install. Setelah itu klik install dan aktifkan.

  1. Buat Postingan Blog

Nah saatnya untuk membuat postingan blog, tapi sebelum itu Anda perlu melakukan beberapa settingan ini. Langkah pertama adalah menghapus postingan bawaan, Silahkan klik “Posts” -> “Add New”, Maka Anda sudah bisa membuat blog.

Atur kategori blog, klik “Categories” lalu ubah kategori uncategorized menjadi “katagori” untuk menambah kategori, silahkan buat baru di “Add New Category”.

Setting format tanggal postingan, Supaya tanggal postingan enak dilihat, Anda harus mengaturnya dengan klik “Settings” -> “General” lalu atur format tanggal sesuai dengan apa yang Anda inginkan  dan save.

Ubah Permalink URL postingan, silahkan klik “Settings”-> “Permalink” pilih “Post name”.

Kini waktunya Anda membuat postingan blog caranya sangat mudah yaitu klik “Posts” -> “Add New” dan mulai menulis untuk membuat postingan blog pertama Anda!

Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang

Blog juga bisa menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan asalkan Anda melakukannya dengan benar. Nah lalu bagaimana cara menghasilkan dari blog?

1. Manfaatkan Blog Untuk Berjualan

Jika Anda ingin mendapatkan uang dari cara berjualan melalui blog, pastikan bahwa barang atau layanan yang Anda jual sesuai dengan topik blog Anda.

2. Menawarkan Jasa Penulis

Anda hobi menulis dan memiliki kemampuan menulis SEO? Sudah bisa dipastikan jasa Anda banyak dicari. Menawarkan jasa penulis artikel dapat membantu menghasilkan uang dari blog. Semakin banyak artikel-artikel Anda mendapatkan ranking tinggi di Google semakin bagus untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen.

3. Postingan Bersponsor

Memiliki blog yang ramai pengunjung akan lebih mudah untuk menghasilkan uang secara online. Jika blog Anda sudah memiliki traffic banyak, maka pihak ketiga bisa memasang iklan di blog Anda.

Untuk pendapatkan yang dihasilkan tergantung pada seberapa sering postingan diklik dan mendapatkan konversi.

4. Program Afiliasi

Menghasilkan uang dari blog bisa dengan program afilasi yang mana Anda bekerjasama dengan pihak lain dengan mempromosikan produk atau layanan mereka di blog Anda.

Supaya blog Anda bisa mengikuti program ini, maka traffic blok sudah banyak sehingga pelaku bisnis dapat mempromosikan produk mereka di blog Anda.

5. Pasang Google Adsense

Untuk menghasilkan uang dari blog bisa dengan memasang iklan misalnya Google Adsense. Anda bisa memilih iklan-iklan yang relevan sehingga pengunjung tidak tergangu dan Anda tetap bisa menghasilkan uang dari iklan. Hal tersebut merupakan salah satu cara membuat blog yang menghasilkan uang.

Optimalkan Blog dengan SEO

Supaya Blog mendapatkan ranking di halaman 1 Google dan mendapatkan ribuan traffic, maka blog perlu dioptimalkan dengan SEO.

Search Engine Optimization atau SEO adalah proses yang dilakukan untuk mengoptimalkan situs web supaya halaman-halaman yang dioptimasi di beri peringkat tinggi sehingga menghasilkan banyak pengunjung.

Cara jitu mengoptiomalkan blog dengan SEO:

1. Pelajari Teknik SEO

Anda harus mempelajari teknik SEO baik onpage, off page dan teknis. Ini penting supaya blog di sukai oleh mesin pencari dan pengguna.

SEO on-page adalah teknik yang mengoptimalkan blog dari dalam, sedangkan off page adalah teknik SEO yang dioptimalkan dari luar halaman. Dan SEO teknis adalah mengoptimalkan blog dari segi teknisnya misalnya mobile friendly, kecepatan dan responsive. Namun jika Anda tidak ingin kesulihan Anda bisa gunakan jasa seo Toprank yang sudah berpengalaman.

2. Research Keyword

Keyword adalah elemen terpenting dalam mendatangkan traffic blog. Anda perlu melakukan riset kata kunci untuk menemukan keyword-keword relevan yang sering di gunakan oleh audiens target Anda.

Alat research keyword bisa dilakukan dengan berbagai alat seperti Google Keyword Planner, Ahrefs dan alat riset keyword lainnya.

3. Maintenance Blog

Blog juga harus di rawat agar performanya tetap terjaga sehingga akan terus mendapatkan traffic. Manfaat dari maintenance blog ialah untuk menghindari blog eror karena plugin bermasalah karena tidak di update atau hal lainnya.

4. Buat Postingan Secara Rutin

Supaya blog Anda sering dirayapi oleh boot mesin pencari maka blog harus secara rutin menyajikan konten-konten baru.

Semakin banyak halaman blog yang diindeks semakin banyak pula halaman blog yang berkesmpatan mendapatkan ranking di halaman 1 Google.

5. Bangun Backlink Berkualitas

Buat backlink berkualitas untuk mendorong traffic dan peringkat blog. Backlink hingga saat ini masih menjadi elemen yang penting dalam teknik SEO.

Apabila Anda membangun backlink berkualitas, itu dapat membantu blog Anda mendapatkan traffic dari sumber lain dan tentu saja ini akan memberikan sinyal kepada Google bahwa blog Anda berkualitas.

Kesimpulan

Sangat mudah bukan membuat blog? Buat blog tidak serumit yang Anda fikirkan, karena bisa Anda lakukan step by step.

Yang rumit itu bukan cara membuatnya, tapi mengelolanya. Anda harus konsisten membuat postingan blog, mengoptimalkannya untuk mesin pencari dan banyak lagi.

Nah, Anda sudah tahu cara membuat blog yang menghasilkan uang, kini saatnya Anda mempraktikannya dan buat blog yang dapat menghasilkan uang.

Published On: Agustus 5th, 2022 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!