Cara Membuat Iklan Popup di Blog yang Sederhana

admin

Cara Membuat Iklan Popup di Blog yang Sederhana

Anda harus tahu bagaimana cara membuat iklan popup di blog yang sederhana dan mudah. Dalam setiap blog biasanya akan ada tampilan iklan dengan berbagai tujuan. Ada yang memasang iklan untuk tujuan memasarkan produk dan jasa, atau menyebarkan informasi.

Meletakkan iklan di dalam blog juga menjadi sumber penghasilan bagi para blogger. Hal ini karena Anda bisa membantu orang lain memasarkan produk atau jasa mereka melalui tampilan iklan. Orang – orang tersebut akan membayar Anda setiap kali ada yang klik iklannya.

Jika ingin mendapat penghasilan tambahan saat menjadi blogger, Anda harus mulai dengan mempelajari cara membuat iklan popup di blog. Apalagi setelah mempelajari caranya, Anda akan tahu bahwa langkah – langkah melakukannya tidak begitu sulit.

Selain memahami bagaimana cara memasang iklannya, Anda juga harus tahu bagaimana cara menampilkan iklan namun tidak terlalu mengganggu pengunjung. Sehingga Anda bisa tetap mendapat penghasilan dan kepercayaan para pengunjung.

Cara Membuat Iklan Popup di Blog dengan Mudah

Terdapat 2 cara untuk membuat iklan popup, yaitu manual dan otomatis. Mayoritas blogger lebih memilih cara otomatis, karena lebih mudah dan cepat. Apalagi cara manual biasanya membutuhkan pengetahuan tentang kode dan cara memberi instruksi melalui javascript.

Sedangkan cara otomatis biasanya hanya menggunakan bantuan pihak ketiga. Jika Anda tidak ingin menggunakan cara manual, ikuti langkah – langkah berikut.

1. Membuat Iklan Popup dengan Download Plugin CM Popup

Langkah pertama adalah dengan mencari aplikasi pihak ketiga terlebih dulu untuk digunakan. Di browser ada banyak sekali aplikasi pihak ketiga. Namun sayangnya tidak semua aplikasi pihak ketiga tersebut gratis digunakan. Anda bisa memilih plugin CM popup dengan akses gratis.

Banyak penyedia jasa SEO yang juga menggunakan plugin CM sebagai bantuan memasang iklan secara gratis. Cara unduhnya adalah dengan mencari website yang menyediakan linknya secara gratis di browser. Kemudian unduh sampai selesai dan berhasil tersimpan di perangkat.

Selesai mengunduh, install aplikasinya agar bisa digunakan. Anda bisa mengikuti langkah – langkah install sesuai dengan panduannya. Kemudian buka untuk mulai memasang iklan di blog.

2. Membuat Popup

Selanjutnya buat popup dengan cara masuk ke menu add new campaign. Sebelum membuat popup, sebaiknya Anda juga sudah memikirkan akan membuat iklan apa.

Jika iklannya bukan milik Anda sendiri, pastikan sudah meminta detail iklannya dari orang yang ingin memasang. Detail tentang iklannya sangat dibutuhkan saat ingin membuat popup, karena cara membuat iklan popup di blog ini tidak mungkin dilewati.

3. Membuat Judul dan Mengisi Informasi

Selanjutnya buat judul yang tepat untuk iklannya. Pastikan membuat judul menarik agar saat diposting dapat mencuri perhatian pengunjung meskipun hanya sebentar. Tidak ada batasan untuk membuat judul iklannya. Jadi pastikan Anda membuat judulnya se kreatif mungkin.

Misalnya buat judul seperti digital marketing agency Jakarta atau lainnya yang dapat mempresentasikan isi kontennya. Jika sudah selesai mengisi judul, selanjutnya adalah mengisi informasi lain yang diperlukan seperti isi konten secara detail.

Anda bisa menambahkan konten berupa video atau foto tergantung bentuk iklannya. Kemudian konten itu juga masih bisa diedit menggunakan tools di plugin CM. Karena terdapat tools pembantu seperti ubah font, besaran tulisan, penghapus, jarak antar huruf dan lainnya.

4. Melakukan Konfigurasi

Setelah mengisi bagian judul dan informasi lainnya seperti konten, Anda harus melakukan konfigurasi agar iklannya sesuai dengan keinginan. Melakukan konfigurasi tidak harus dengan coding secara manual jika memakai plugin CM. Ikuti langkah – langkah konfigurasi berikut ini.

  • Memilih tipe popup sesuai keinginan
  • Pilih menu campaign, lalu pilih disable untuk menampilkan iklan
  • Tentukan ukuran iklannya, atur lebar dan tinggi iklan sesuai keinginan
  • Pilih menu shape untuk menentukan bentuk iklannya saat ditampilkan
  • Menentukan warna latar belakang iklan sesuai keinginan
  • Perbagus tampilan iklannya dengan memilih pencahayaan, yaitu light, dark atau no underlay
  • Pilih menu high devices with width less than untuk mengatur besaran layar perangkat yang tidak dapat memunculkan iklannya
  • Jika ingin iklannya tampil di semua halaman, pilih show in every page

Setelah melakukan konfigurasi, maka cara membuat iklan popup di blog selanjutnya adalah dengan save atau simpan hasil konfigurasi. Namun setelah menyimpan, masih ada beberapa hal lain yang harus Anda lakukan untuk manajemen iklannya.

Baca juga: Cara Membuat TOS di Blog Secara Otomatis

5. Membuat Popup di Blog dengan Menggunakan Fitur Exit Popup

Selanjutnya gunakan fitur exit popup untuk manajemen iklannya. Fitur ini disediakan untuk membantu pengunjung merasa nyaman saat membaca informasi di blog. Dengan memakai fitur ini, iklannya tidak akan muncul selama pengunjung masih mengunjungi blog.

Namun iklannya akan muncul jika pengunjung akan meninggalkan blog. Itu sebabnya disebut dengan fitur exit. Jadi ketika pengunjung menekan tombol back atau silang untuk meninggalkan blog, iklannya akan muncul selama beberapa detik untuk dilihat oleh pengunjung.

Ada banyak penyedia jasa SEO yang menggunakan fitur ini agar tidak mengganggu pengunjung. Setiap blog memiliki hak untuk memasang sebuah iklan. Namun blogger harus memahami kenyamanan pengunjung dengan tidak terlalu lama dan banyak menampilkan iklannya.

6. Mengubah pengaturan menjadi mobile friendly

Selanjutnya ubah pengaturan menjadi mobile friendly agar membuat pengunjung merasa nyaman. Fitur ini khusus untuk pengunjung yang menggunakan perangkat HP. Biasanya pengunjung blog yang menggunakan HP tidak merasa nyaman dengan iklan terlalu besar.

Adanya pengaturan mobile friendly di plugin CM akan membuat ukuran iklan menjadi lebih kecil atau lebih sesuai layar. Pada pengaturan panjang dan lebar konten sebelumnya, Anda bisa mengatur dengan ukuran yang sesuai untuk ditampilkan di layar laptop pengunjung saja.

Sedangkan untuk pengunjung yang menggunakan HP bisa disesuaikan menggunakan fitur mobile friendly. Sehingga tidak perlu merubah pengaturan ukuran iklan berkali – kali. Rasanya tidak nyaman jika ada ukuran iklan terlalu besar di layar HP, Apalagi sampai menutupi layar.

Baca juga: Contoh Situs Web yang Wajib Kamu Ketahui

7. Membuat Iklan Popup dengan Mengatur agar iklan mudah ditutup

Cara membuat iklan popup di blog selanjutnya adalah dengan mengatur agar iklannya mudah ditutup. Banyak pengunjung yang tidak suka mendatangi blog seseorang hanya karena iklannya susah ditutup. Seolah – olah pengunjung dipaksa untuk melihat iklannya dalam waktu lama.

Jangan sampai pengunjung tidak suka mendatangi blog Anda, sebaiknya buat mereka nyaman dengan kemudahan menutup iklannya. Caranya adalah dengan membuka pengaturan iklannya, cari menu tentang tombol close pada iklannya. Lalu aktifkan agar tombol close muncul di iklan.

Biasanya para blogger lebih memilih menampilkan iklan beberapa detik pada pengunjung tanpa tombol close. Namun hal ini tidak terkesan baik bagi para pengunjung itu sendiri. Hal lain yang perlu diingat adalah sebaiknya tidak melakukan spam popup di layar pengunjung.

Lakukan semua langkah tersebut agar blog dapat berjalan optimal meskipun terus menampilkan popup. Dengan banyak belajar cara membuat iklan popup di blog tersebut, mungkin saja Anda akan mendapat penghasilan lebih banyak dari biasanya.

Published On: Agustus 14th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!