Jangan Keliru, Ini Cara Mengganti Domain Blogspot yang Benar

admin

Jangan Keliru, Ini Cara Mengganti Domain Blogspot yang Benar

Artikel ini akan membahas cara mengganti domain blogspot dengan benar untuk membantu pengelola situs yang sudah setengah jalan. Penggantian domain biasanya atas dasar pertimbangan domain lama kurang efektif untuk menarik pengunjung.

Bisa juga tanpa disadari ternyata mirip atau mungkin sama dengan domain milik situs lain. Banyak faktor kemungkinan yang membuat orang ingin mengubah domainnya. Kami akan memberikan penjelasan langkah demi langkahnya secara teknis dalam uraian berikut!

8 Cara Mengganti Domain Blogspot

Berikut ini merupakan cara mengganti domain untuk blogspot secara manual, Anda dapat melakukannya sendiri. Bisa juga menggunakan bantuan profesional, namun tidak ada salahnya memahami langkah demi langkah di bawah ini:

1. Login ke Blogspot

Hal pertama yang harus dilakukan adalah login ke Blogspot terlebih dahulu. Jika sebelumnya sudah membuat akun maka Anda harus memasukkan id dan kata kunci yang sudah digunakan sebelumnya.

Jika belum membuat akun bisa menggunakan cara simple, yakni masuk ke Blogspotnya menggunakan akun Google. Biasanya cara mengganti domain blogspot seperti ini bisa dilakukan selama akun Google aktif dan sering digunakan di dunia maya.

Selain login menggunakan Google, biasanya juga ada pilihan login menggunakan Facebook atau bahkan Linkedin. Untuk memastikannya, Anda harus cermat melihat pilihan login menggunakan apa supaya kedepannya terus menggunakan akun tersebut.

2. Dapatkan CNAME Blogspotnya

Setelah login, sekarang Anda sudah berada di Dashboard dan setiap mengikuti proses pengubahan domain. Maka masuklah ke bagian Setting di sebelah kiri kemudian scroll terus ke bawah sampai menemukan tulisan Publishing, kemudian klik Custom Domain.

Nanti muncul pop up custom domain, silakan masukkan domain sebelumnya kemudian klik Save. Nantinya Anda mendapatkan pesan CNAME dan Destination dengan pilihan ingin menghapus, membatalkan, atau menyimpan nama domainnya.

Untuk langkah ini sebenarnya Anda bisa memanfaatkan jasa SEO Jakarta, namun tidak ada salahnya memahami detail proses penggantian domainnya. Ini berguna untuk meninjau apakah proses kerja jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

3. Login ke hPanel

Untuk penggunaan hPanel ini mari ibaratkan saja Anda menggunakan Niagahoster, meskipun tidak menutup kemungkinan menggunakan yang lain. Sebagai referensi, apapun hPanelnya, hal pertama yang harus dilakukan adalah login ke hPanel,

Masukkan id dan kata sandi kemudian pilih nama domainnya sebagai cara mengganti domain blogspot dan selesaikan dengan klik Kelola. Kami memberikan contoh hPanel Niagahoster karena hPanel ini banyak digunakan dan cukup populer.

Jika Anda menggunakan yang lain tentu caranya sedikit berbeda, namun umumnya melalui garis besar yang sama. Intinya, sebelum mengubah domainnya, pastikan Anda sudah riset dan mempertimbangkan secara matang agar tidak terjadi perubahan lagi ke depannya.

Perubahan adalah hak setiap pemilik dan pengelola situs. Namun, ketika sudah mendapatkan pengunjung tetap dari situs lama, maka mau tidak mau perubahan ke nama baru ini membutuhkan informasi efektif supaya audiens lama klik nama situs yang baru.

Baca juga: Template WordPress Keren dan SEO Friendly Berbagai Industri

4. Ubah Informasi CNAME

Proses pengubahan CNAME ini dapat dilakukan pada Dashboard pengelolaan domain. Caranya masuk ke menu DNS/Nameserver pada bagian Sidebar yang terletak di bagian sebelah kiri. Lanjutkan dengan klik Edit pada CNAME Record yang sudah tersedia.

Ubah bagian Target dengan informasi yang didapatkan dari Blogspot, setelah itu silakan klik Update. Mengubah informasi CNAME akan membantu cara mengganti domain blogspot secara keseluruhan dengan tepat, ini makanya domain baru harus dipertimbangkan.

Sebab salah satu alasan mengubah yang lama pasti karena kurang efektif dalam menjangkau audiens. Mengganti memang bisa dilakukan dengan mudah, akan tetapi audiens akan beradaptasi lagi dengan yang baru sehingga penyebaran informasinya harus ekstra.

5. Tambahkan CNAME Record Baru

Sudah mengubah informasi CNAME, sekarang mari tambahkan CNAME record barunya. Anda dapat melakukannya pada bagian Kelola DNS Record kemudian tambahkan CNAME sesuai dengan kebutuhan sebelum akhirnya klik Tambah Record.

Ketika masuk ke proses penambahan CNAME, Anda akan menemukan empat kolom berjajar. Sebagai salah satu cara mengganti domain blogspot yang tepat, Anda dapat melihat kebutuhan pengisian pada kolomnya seperti apa saja.

Kolom pertama berisi Tipe, ini nantinya diisi dengan CNAME. Kolom kedua ada nama, dilanjutkan dengan target, dan diakhiri dengan kolom TTL. Jika melibatkan profesional, sebenarnya Anda tidak perlu pusing memikirkan apa arti dari kolom-kolom tersebut.

6. Tambahkan A Record Baru jika Ingin

Penambahan A Record Baru hanya dilakukan apabila sekiranya membutuhkan. A Record baru ini merupakan opsional, jadi sekiranya Anda ingin melewati prosesnya maka boleh saja dilakukan asalkan setelah melalui pertimbangan matang sebelumnya memang tidak perlu.

Apabila ingin melalui proses ini, hal yang wajib dilakukan adalah klik bagian Kelola DNS Record kemudian masukkan serangkaian kode tertentu. Tahapan ini sudah sangat teknis dan lebih mudah dipahami oleh digital marketing agency Jakarta profesional saja.

Meskipun tentu tidak menutup kemungkinan sebagai pengelola pribadi juga Anda dapat memahaminya melalui belajar. Namun, jika butuh proses pengubahan yang cepat maka memang pilihan terbaiknya adalah menggunakan jasa profesional.

7. Verifikasi Perubahannya di Blogger

Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi perubahan di dashboard Blogger. Ini artinya dari Niagahoster, Anda harus kembali ke Blogspot lagi. Jika sudah, silakan masukkan nama domainnya kemudian klik Save untuk mengkonfirmasi domain tersebut.

Biasanya cara mengganti domain blogspot satu ini tidak langsung berhasil. Ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama karena Blogger membutuhkan propagasi untuk mengenali yang baru. Jadi, jangan dulu panik saat gagal, tunggu saja beberapa menit lagi.

Sebagai informasi, biasanya jika menggunakan hPanel Niagahoster, proses propagasi ini memakan waktu berjam-jam. Jadi, setelah Anda ajukan nama baru, tunggu dulu selama beberapa jam kemudian lakukan verifikasi di Blogger.

Setelah beberapa jam berlalu bisa dicek kembali dan lakukan prosedur verifikasi kemudian cek, apakah sudah dikenali atau belum. Pilihannya jika ingin mengubah sendiri secara manual, Anda harus detail dan sabar terhadap setiap kebijakan hPanel.

Baca juga: Begini Cara Membuat Blog di WordPress yang Efektif

8. Ubah Pengaturan WWW di Blogger

Terakhir, tinggal ubah aturan WWW pada Blogger karena sesaat setelah perubahan, situs Anda hanya bisa diakses menggunakan nama depan domainnya saja. Jika tidak dilakukan perubahan pengaturan, maka besar kemungkinan situs tidak ditemukan.

Maka untuk menggenapi cara mengganti domain blogspot yang benar, Anda bisa masuk ke Publishing di menu Setting Blogger, kemudian temukan tulisan Redirect Domain lalu klik. Simple, begitu saja perubahan pengaturan untuk situs bisa diakses dengan WWW.

Sekarang secara resmi situs Anda sudah berubah domainnya sesuai dengan keinginan. Beberapa hal memang menjadi begitu sederhana ketika Anda mempercayakan perubahan domainnya kepada layanan profesional dan terpercaya.

Namun, tidak ada kelirunya belajar lebih dalam terkait setiap proses agar Anda dapat terlibat aktif selama proses perubahan. Sekalipun profesional menjamin cara mengganti domain blogspot yang lebih baik, namun tidak ada salahnya Anda hadir sebagai kontroler.

Published On: September 22nd, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!