Cara Menghitung Engagement Rate Pada Akun Bisnis

Dedi

Cara menghitung engagement rate adalah dengan menjumlahkan jumlah interaksi (seperti like, komentar, dan berbagi) pada konten, kemudian membaginya dengan jumlah pengikut, lalu kalikan dengan 100 untuk mendapatkan persentase.

Hampir setiap orang kini memiliki media sosial, karens sebagai sarana informasi yang bersifat privasi. Fungsi dan tujuan media sosial beragam, mulai dari bisnis atau aktualisasi diri dalam mengikuti tren. Apabila kamu memiliki sosial media dengan banyak follower, jangan berbangga hati, sebab kamu perlu mengetahui engagement ratenya, apakah kontenmu berkesan atau hanya lewat saja. Bagi beberapa orang, mungkin cara menghitung engagement rate tidak terlalu penting. Namun untuk para influencer marketing ini adalah hal yang harus diperhatikan, karena sebagai cara meningkatkan popularitas.

Pengertian Engagement Rate

Engagement rate adalah metrik yang berguna untuk mengukur kinerja sebuah konten media sosial. Interaksi antara audiens terhadap suatu konten menjadi tolak ukur keberhasilan. Indikatornya ada berbagai macam, mulai dari jumlah followers, jumlah komentar, jumlah share, dan jumlah like.

Dalam setiap media sosial, tak bisa semua disama ratakan. Namun menurut hasil riset, patokan rate rata-rata akun Facebook adalah 0,09%, sementara pada Instagram berkisar 1,6%. Paling tidak, jika kamu mau membuat perbandingan, bandingkanlah akun Anda dengan akun lain di media sosial yang sama. Berikut ini digital marketing agency jakarta sudah menulisnya untuk Anda.

Pentingnya Engagement Rate

1. Menilai User Experience

Jika menggunakan konteks website, tingkat interaksi audiens menjadi tanda pengguna atau audiens nyaman atau tidak dengan konten yang kamu buat. Jika tingkat interaksinya bagus, maka itu pertanda konten yang kamu buat menarik, dan begitu juga sebaliknya. Jika rate dari konten kamu kurang baik, kemungkinan beberapa elemen dari user experience perlu ditingkatkan.

2. Memantau Efektivitas Campaign

Engagement rate sebuah konten dalam sebuah media, dapat menjadi ukuran seberapa efektif campaign marketing. Karena kita dapat mengetahui seberapa banyak feed back dari audiens berupa pembelian. Jika tingkat interaksi nya masih rendah, kemungkinan campaignnya tidak diminati. Pada intinya, kamu dapat melakukan evaluasi terhadap konten yang kamu buat, mengkaji ulang apa kekurangan yang dimiliki.

3. Memantau kinerja kompetitor

Selain mengamati kinerja akun milik kamu sendiri, kamu juga bisa mengamati kinerja akun kompetitor melalui engagement rate nya. Salah satu caranya adalah menggunakan tools analis misalnya Sosial blade. Jika ingin mengamati tingkat interaksi akun media sosial kompetitor, kamu cukup menulis nama akun pada kolom pencarian. Hasilnya akan terlihat berupa data lengkap seputar followers, jumlah postingan dll.

Jika hasil pengamatan menunjukkan milik kompetitor lebih unggul, kamu dapat sedikit mengintip seperti apa model dari post yang mereka buat. Bahkan kamu bisa membuat hal serupa dengan lebih menarik lagi.

Baca juga: Mudah dan Cepat, Begini Cara Test Ping Koneksi Internet Anda

Cara Menghitung Engagement Rate

1. Cara Menghitung Engagement Rate Media sosial

Cara menghitung engagement rate di media sosial memang sangat penting. Untuk mengetahui cara perhitungannya, Anda perlu tahu formula atau rumusnya, diantaranya sebagai berikut :

Jumlah like, komentar dan share / dengan jumlah followers x100

Rumus tersebut dapat digunakan untuk Instagram secara keseluruhan. Tapi bagaimana caranya jika ingin mengukur tingkat interaksi pada setiap postingan? Rumusnya adalah sebagai berikut :

Jumlah like+komen/Impression x 100

Impression adalah jumlah view pada setiap postingan yang ada. Jumlah view dapat kita lihat pada view insight di setiap akun bisnis. Cara yang lebih praktis adalah menggunakan tools penghitung secara online. Cukup kamu masukkan angka-angka yang diminta, kemudian hasil hitungannya akan muncul.

2. Cara Menghitung Engagement Rate Website

Selain media sosial, kita juga bisa menghitung engagement rate di website. Rumus perhitungannya, yaitu :

Engaged user/total user x 100

Engaged user dapat diketahui setelah kita menentukan tujuan dari halaman website. Misalnya sebuah website untuk penjualan produk, maka engaged usernya adalah orang yang melakukan pembelian kemudian dibagi dengan jumlah pengunjung website secara keseluruhan.

Tips Meningkatkan Engagement Rate

Setelah mengetahui cara menghitung engagement rate, berikutnya Anda dapat mencoba untuk menghitung sendiri, ternyata hasilnya masih kurang dari apa yang diharapkan. Jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkannya. Cara dibawah ini dapat anda gunakan untuk media sosial maupun website.

1. Optimasi Kecepatan Loading Web

Dalam konteks web, kurangnya tingkat interaksi dapat disebabkan karena kecepatan website  yang rendah. Bisa saja pengunjung meninggalkan atau berpindah ke web lain karena loadingnya lama. Kecepatan web yang kurang, perlu ditingkatkan demi meningkatnya engagement rate dari website.

2. Membuat Halaman Mobile Friendly

Ternyata lebih dari 50% pengguna website berasal dari pengguna mobile. Jika website tak ramah dengan mode mobile, maka pengguna akan meninggalkan web kamu.

3. Membuat Konten Berkualitas

Tips atau cara ini dapat digunakan baik di website atau sosial media. Kamu harus terlebih dahulu memetakan siapa yang akan menjadi konsumen media kamu. Jika isinya sesuai dengan target yang kamu incar, maka tingkat interaksi dalam media sosial kamu akan menguat.

4. Membuat postingan di waktu yang tepat

Selain isi atau konten yang menarik, kamu juga perlu menentukan waktu untuk mengunggah konten. Setelah mengenali siapa user media sosialmu, pelajari prime time mereka, kapan mereka aktif bermedia sosial di platform tersebut. Misalnya, target kamu adalah pekerja atau aktif bekerja, janganlah kamu menaikkan postingan pada jam kerja. Tunggulah mereka bersantai dan meluangkan waktu bermedia sosial.

5. Merespon Komentar

Jika audiens sudah mulai berkomentar pada konten yang kamu buat, tandanya ada perhatian atau timbal balik positif. Jika kamu tidak merespons, terkesan acuh atau tidak peduli. Hal tersebut akan memicu tindakan yang kurang menguntungkan bagi kita, misalnya tidak lagi aktif mengikuti konten yang kamu buat.

Setidaknya hal-hal yang sudah jasa seo tulis diatas adalah beberapa tips untuk meningkatkan engagement rate kamu. Memang tidak ada patokan pasti bagaimana cara menghitung engagement rate yang paling efektif, namun kamu dapat mengamati media yang kamu bangun, cara mana yang paling efektif yang bisa kamu terapkan.

Published On: Juli 1st, 2022 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!