Apa Itu CTR dan Cara Meningkatkannya?

Dedi

CTR

Dalam sebuah iklan, mungkin kita sering mendengar istilah CTR. Suatu aspek penting yang digunakan dalam rasio campaign untuk melihat hasil trafik. CTR bukanlah suatu strategi atau teknik digital marketing, melainkan sebuah sebutan bagi orang yang melakukan iklan di dalam Google Ads.

Apa itu CTR?

Click Through Ratio (CTR) merupakan sebuah rasio yang menitik beratkan pada jumlah pengguna yang mengklik link iklan secara spesifik. Hal ini sama dengan jumlah total pengguna yang melihat halaman website atau email. CTR merupakan sebuah hal yang umum digunakan dalam kampanye iklan Pay Per Click yang akan bisa memberi tahu seberapa banyak pengguna yang melakukan klik pada iklan setelah dilihat.

Dalam menghitung CTR pada sebuah kampanye iklan PPC, anda bisa menggunakan perhitungan seperti: ‘CTR = Jumlah Klik Total / Total Tayangan’ Semakin tinggi persentase nilai CTR maka semakin bagus iklan anda, hal ini karena banyak orang yang melakukan klik. CTR yang rendah dapat mengindikasikan iklan anda tidak bagus dan perlu perbaikan atau mungkin target yang anda tuju kurang tepat.

CTR sendiri sangatlah penting karena menjadi tolak ukur efektivitas kampanye PPC yang sedang anda lakukan dan melihat seberapa tinggi minat dan ketertarikan para pengguna tentang sebuah iklan yang ditampilkan. Informasi ini dapat dijadikan untuk evaluasi strategi PPC yang sedang dijalani dana anda bisa memutuskan apakah akan melanjutkan sebuah kampanye atau tidak.

Cara Tingkatkan CTR dalam Iklan

1. Pahami Target Audiens Anda

Salah satu cara untuk mendapatkan nilai ctr yang tinggi adalah anda harus pahami dan kenali secara mendalam target audiens yang akan anda tuju agar nantinya mereka tertarik untuk mengklik iklan yang anda tayangan dan tidak mengabaikan iklan tersebut. Hal – hal seperti latar belakang demografis, kata kunci yang digunakan sewaktu mencari barang, beberapa hal yang membuat mereka ingin membeli suatu barang merupakan contoh – contoh yang anda perlu pertimbangkan ketika CTR iklan anda tergolong masih sedikit

CTR yang sedikit juga menggolongkan bahwasanya target audiens anda tidak terlalu bisa relate dengan berbagai iklan yang ditampilkan sehingga jarang sekali orang yang mengklik iklan tersebut.

2. Optimasi Konten Dengan Baik

Jika anda ingin CTR anda bertambah secara organik, anda perlu memproduksi konten – konten yang bagus serta melakukan berbagai jenis optimasi di website tersebut agar nantinya website anda trafficnya semakin bagus dan bisa tampil di halaman pertama SERP google karena dianggap sangat relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna. Untuk menghasilkan konten yang relevan di mata google, anda harus menentukan keywords yang relevan dengan baik, keywords tersebut dapat anda jadikan sebagai keywords utama berbagai jenis konten yang sering diketik oleh target audiens iklan anda.

Website yang teroptimasi dengan baik juga akan mendatangkan traffic yang berarti juga semakin potensial untuk angka CTR anda agar bisa naik, jika anda masih bingung cara optimasi website, hubungi Top rank indonesia untuk bisa konsultasi dengan jasa SEO no #1 di Indonesia

3. Buat Judul URL yang Menarik

Hal paling  penting dalam melakukan iklan adalah judul. Dengan menulis meta title dan meta description dengan baik dan benar, serta meyakinkan, iklan anda akan lebih mudah di kunjungi banyak orang, karena mereka tertarik untuk mengklik iklan yang ditampilkan tersebut, sehingga CTR anda akan jadi naik. Hal ini terjadi karena semakin banyak orang yang mengunjungi url atau situs web anda. Sehingga mereka melihat iklan yang ditampilkan dan mengklik iklan tersebut hingga CTR nya naik.

Akan tetapi, dalam meningkatkan CTR tidaklah semudah itu, perlu memahami kata kunci yang ingin anda iklankan. Anda bisa melakukan strategi digital lainnya untuk menunjang konversi CTR tersebut, sehingga akan menjadi bagus buat iklan anda. Tak terkecuali kampanye PPC, dengan melihat CTR yang anda dapatkan, tentunya bisa menjadi informasi yang baik untuk menunjang strategi digital marketing lainnya.

Demikianlah artikel dari jasa seo toprank semoga artikel ini dapat membantu Anda yang sedang berkecimpung dalam dunia digital marketing agency Jakarta.

Published On: April 6th, 2022 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!