Cara Verifikasi Google Analytic di WordPress dengan Mudah

admin

Cara Verifikasi Google Analytic di WordPress dengan Mudah

Apakah Anda sedang mencari cara verifikasi Google Analytic di WordPress yang paling banyak digunakan? Perlu diketahui Google Analytics merupakan tools web sering digunakan dan merupakan layanan gratis dari Google untuk menampilkan banyak daya penting.

Termasuk traffic website serta bagaimana perilaku para pengunjung itu sendiri sehingga bisa dimanfaatkan sebagai data untuk perencanaan. Juga sebagai informasi penting dalam pengelolaan sebuah web agar meningkatkan kualitas dan kunjungan.

Ada banyak hal menarik jika Anda mempelajari berbagai cara verifikasi Google Analytic di WordPress dari berbagai sumber. Semakin mendalam mengetahui akan hal ini tentu akan memberikan banyak manfaat untuk mengembangkan website Anda.

Fungsi Umum Google Analytics Bermanfaat Bagi Pemilik Situs

Banyak orang menggunakan jasa digital marketing agency Toprank untuk mendapatkan informasi tentang Google Analytics. Hal ini dikarenakan pentingnya fungsi dari tools ini namun pemilik web tidak mengetahui cara menggunakannya.

Perlu diketahui tujuan dari pembuatan sebuah website adalah tentu saja untuk meningkatkan jumlah pengikut serta jumlah kunjungan. Agar bisa mencapai tujuan ini maka bisa mengandalkan tools dari Google satu ini dengan beberapa kegunaan lain.

1. Sebagai Sumber Informasi

Fungsi utamanya adalah memberikan informasi kepada pemilik blog tentang orang-orang yang mengunjungi halaman tersebut. Seperti tentang informasi darimana mereka berasal, durasi kunjungan, apa yang dilakukan dalam blog Anda.

Dari informasi tersebut maka bisa membuat kategori pengunjung sehingga bisa merencanakan dengan baik terkait jangkauan bisnis dari memanfaatkan website.

2. Mengoptimalkan Strategi Pemasaran

Fungsi lain yaitu mengoptimasi terkait strategi pemasaran karena mendapatkan informasi tentang segmen pasar. Informasi ini memudahkan dalam menerapkan strategi pemasaran yang akan digunakan serta sebagai dasar pembuatan keputusan.

Contohnya Anda bisa mengetahui jenis pemasaran yang paling tepat sesuai dengan target pasar karena sudah ada informasinya. Dengan demikian tingkat keberhasilan strategi tersebut sangat terbuka lebar dan mampu meningkatkan penjualan.

Baca juga: Cara Verifikasi Google Search Console untuk Website

3. Mempertahankan Kualitas Konten

Tool gratisan ini dapat membantu Anda mempertahankan kualitas konten-konten yang dibuat sesuai kebutuhan audiens. Semakin berkualitasnya konten tersebut tentu saja jumlah klik akan meningkat pada setiap halaman yang dibuat.

4. Identifikasi Waktu Upload Konten

Memudahkan dalam mengidentifikasi waktu memposting konten paling aktif sehingga bisa meningkatkan jumlah kunjungan. Tidak mudah mendapatkan informasi ini dan jika sudah mengetahui waktu aktif maka akan lebih tepat dalam memposting konten.

Agar bisa memaksimalkan fungsi tersebut sebaiknya ketahui berbagai cara verifikasi Google Analytic di WordPress berikut ini.

Cara Membuat Akun Pribadi Google Analytics untuk Login

Sebelum memulai pembahasan tentang verifikasi Google Analytic pada WordPress maka bisa dimulai dengan mengikuti panduan cara membuat akun. Tujuannya adalah agar Anda bisa login dengan memakai akun tersebut dan ikuti saja panduannya berikut ini.

  1. Pertama Anda harus mengunjungi situs marketing Google kemudian Sign in to Google Marketing Platform lalu login memakai akun Google.
  2. Setelah login silahkan pilih set up tepatnya di kolom Analytics lalu klik Measuring dan isi nama akun sesuai keinginan. Pilih juga beberapa pilihan terkait Data Sharing dan direkomendasikan untuk memilih semuanya saja.
  3. Silahkan melakukan pengisian zona waktu, mata uang dan property yang akan digunakan lalu klik Show advanced options. Silahkan pilih Create a Universal Analytics Property untuk mengaktifkannya terlebih dahulu.
  4. Cara verifikasi Google Analytic di WordPress selanjutnya silahkan isi alamat web dan juga harus memastikan kalau pilihan Create both a Google Analytics 4 and a Universal Analytics Property sudah aktif terlebih dahulu.
  5. Lengkapi semua informasi yang dibutuhkan kemudian klik Create maka akun tersebut sudah bisa digunakan untuk mendapatkan informasi sesuai kebutuhan Anda.

Asalkan mengikuti panduan diatas sudah dapat dipastikan kalau proses pembuatan akun akan sangat mudah dan tidak ada kendala. Setelah akun dibuat maka Anda bisa melanjutkan cara install serta verifikasi pada WordPress dengan cara manual maupun memakai plugin.

Cara Verifikasi Google Analytic di WordPress dengan Menggunakan Plugin

Setelah berhasil membuat akun maka cara verifikasi Google Analytic yaitu dengan memanfaatkan plugin. Cara ini banyak disarankan karena memberikan jaminan kemudahan dan keamanan dalam proses install hingga verifikasinya.

Salah satu rekomendasi dari jasa SEO Terbaik yaitu menggunakan Google Site Kit yang akan dijelaskan panduan caranya berikut ini:

  1. Silahkan pertama Anda login ke WordPress kemudian klik Plugins lalu pilih menu Add New setelah itu cari plugin Google Site Kit > install > aktifkan.
  2. Setelah terpasang klik saja tombol Start Setup kemudian akan muncul notifikasi silahkan login dengan akun yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  3. Kalau Anda sudah berhasil login maka klik Allow setelah itu klik Go to my Dashboard > pilih Set Up Analytics dan pilih akun Google yang Anda gunakan. Nanti muncul kotak dialog lalu silahkan saja klik Allow pada bagian tersebut.
  4. Anda harus memastikan nama property, nama akun dan juga view harus sesuai semuanya baru klik Configure Analytics.

Dari panduan verifikasi di WordPress memakai plugins tersebut sudah selesai dan sudah terpasang di WordPress Anda. Maka cara untuk melihat tentang bagaimana performa dari website tersebut adalah dengan klik saja menu Sitekit lalu Analytics.

Baca juga: Website SEO Checker: Fungsi dan Rekomendasinya

Cara Verifikasi Google Analytic di WordPress Secara Manual

Memasang secara manual juga sangat memungkinkan bagi Anda yang tidak ingin memakai plugin terlalu banyak. Jika merasa kesulitan karena tidak tahu bagaimana caranya maka bisa menggunakan panduan verifikasi di WordPress berikut ini.

  1. Langkah pertama Anda harus membuka halaman Google Anaytics terlebih dahulu di mesin pencari.
  2. Setelah terbuka silahkan login ke akun Analytics dan jika belum pernah login maka harus membuat akun terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir karena proses pembuatan akun ini sangat mudah dan cepat seperti sudah dijelaskan pada pembahasan diatas.
  3. Setelah berhasil membuat akun maka silahkan login dengan klik saja menu Admin pada bagian pojok tepatnya di kiri bawah.
  4. Klik property jika Anda menggunakan web berlabel Universal Analytics atau UA setelah itu silahkan saja pilih AII Website Data.
  5. Perhatikan tampilan yang muncul kemudian cari menu Admin di bagian pojok kiri bawah layar untuk di klik satu kali saja.
  6. Anda harus memilih menu Tracking info dan salin kode yang muncul pada bagian bawah di kolom Global site tag.
  7. Setelah beberapa langkah diatas diselesaikan maka silahkan kembali ke menu awal yaitu di dashboard WordPress setelah itu klik Appearance > Theme Editor.
  8. Pada kolom Theme Files pilih saja Theme Header pada bagian kanan layar, salin kode kemudian letakkan sebelum tag </head> dan sesudah tag <head>.
  9. Langkah terakhir tinggal klik Update file dan selamat tool tersebut sudah terhubung pada WordPress pada situs pribadi Anda.

Anda dapat memilih menggunakan cara verifikasi Google Analytic di WordPress sesuai keinginan karena fungsi dan tujuan akhirnya akan sama.

Published On: Oktober 4th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!