Cek Backlink Paling Akurat, Gunakan Tools Ini

admin

Cek Backlink Paling Akurat, Gunakan Tools Ini

Setelah Anda membuat suatu backlink pada website, selanjutnya wajib untuk menerapkan cek backlink paling akurat. Hal ini untuk memantau perkembangan website.

Cek backlink dapat dilakukan menggunakan beragam tools yang tersedia secara bebas di internet. Anda dapat mengaksesnya secara gratis maupun harus membayar biaya langganan.

Ada beragam manfaat yang bisa Anda peroleh jika cek backlink. Jadi, mari simak beragam informasi penting mengenai cek backlink dalam artikel ini.

Apa Itu Backlink pada Website?

Sebelum membahas tools untuk cek backlink paling akurat, tentu Anda harus paham dahulu tentang apa itu backlink. Secara sederhana, bisa dimaknai sebagai tautan atau link menuju ke website Anda yang diperoleh melalui situs lainnya.

Link pada situs lain tersebut akan membantu website Anda untuk memperoleh traffic tinggi. Termasuk juga membantu meningkatkan domain authority.

Misalnya saja Anda mempunyai website yang berisi beragam konten dengan topik tanaman hias. Jadi, di dalam situsnya ada banyak sekali konten terkait tanaman hias.

Lantas, ada situs berupa marketplace online menyematkan link konten artikel dari website Anda pada salah satu halaman. Pada contoh kasus ini, Anda memperoleh backlink dari situs marketplace tersebut.

Lantas, apa pentingnya mendapatkan backlink dari situs lain? Tentu saja hal ini penting karena sangat menentukan authority suatu website.

Authority tinggi akan memberi keuntungan pada situs, sebab menjadi salah satu faktor penentu peringkat di hasil pencarian search engine. Pasti Anda ingin website berada di peringkat atas hasil pencarian Google, bukan?

Jadi, ketika authority website Anda cukup tinggi, akan berpeluang besar untuk menempati peringkat atas pada halaman pertama hasil pencarian Google.

Jika tidak bisa membuat backlink, tidak perlu repot untuk melakukannya. Karena, ada jasa digital marketing agency Jakarta yang menyediakan layanan pembuatan jasa backlink pbn berkualitas. Cukup pesan jasanya lalu dapatkan manfaatnya untuk website.

Backlink sangat penting bagi perkembangan bisnis. Akan tetapi, prosesnya tidak berhenti pada pembuatan. Karena juga perlu melakukan pengecekan menggunakan tools khusus.

Baca juga: Pengertian SEO Off Page dan Panduan Optimasinya

Manfaat Melakukan Cek Backlink

Ada berbagai alasan mengapa Anda wajib melakukan cek backlink paling akurat secara rutin. Misalnya saja untuk melihat kinerja metode tersebut dan mengamati pengaruhnya pada optimalisasi SEO.

Mungkin saja sebagian orang masih menganggap remeh pentingnya cek backlink. Jika Anda juga demikian, coba simak dahulu beberapa manfaat lainnya di bawah ini.

1. Memantau Kinerja Anchor Text

Jika Anda menggunakan anchor text secara optimal, maka perkembangan traffic pengunjung juga akan bertambah. Akan tetapi, jika menerapkan anchor text secara salah, tentu dampak positifnya tidak akan besar.

Jadi, perlu melakukan cek supaya tahu apakah anchor text bekerja dengan baik atau tidak. Nantinya, Anda bisa mengevaluasi penggunaan anchor text untuk mendapatkan traffic tinggi.

2. Memantau Profile Backlink

Backlink berkualitas bisa didapatkan dari jasa SEO. Anda bisa memesan konten artikel bahkan tautan untuk menuju website Anda.

Di sisi lain, backlink bisa diperoleh secara alami dari situs lainnya tanpa Anda minta. Namun, ada kalanya backlink mengalami kerusakan, tidak relevan atau spam sehingga mempengaruhi peringkat website secara negatif.

Jika terjadi hal demikian, Anda dapat melakukan cek lantas memperbaiki backlink yang tidak berdampak positif. Misalnya menghapusnya jika memang tidak bermanfaat.

3. Memantau Perkembangan Kompetitor

Menerapkan cek backlink juga bisa membantu dalam memantau perkembangan kompetitor. Ketika tahu situs mana yang menyediakan backlink untuk kompetitor, Anda bisa mengembangkan metode lebih unggul.

4. Backlink Meningkatkan Kredibilitas

Tahukah Anda bahwa backlink dari website yang mempunyai kredibilitas tinggi juga bisa mempengaruhi kredibilitas website milik Anda? Jadi, Anda bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan kredibilitas.

Tools untuk Cek Backlink Paling Akurat

Ada beberapa tools yang dapat dimanfaatkan untuk cek backlink. Jadi, tidak perlu bingung mencari perangkat tertentu. Berikut ini beberapa rekomendasi tools-nya.

1. Alexa Tools Backlink

alexa tools backlink

Alexa Tools Backlink adalah alat yang berguna untuk memantau peringkat situs web, dan dapat digunakan baik secara gratis maupun berbayar. Meskipun fungsi utamanya adalah memantau peringkat situs, alat ini juga dapat dimanfaatkan untuk menelusuri sumber-sumber backlink yang telah diindeks oleh mesin pencari seperti Google.

Namun, sebaiknya kita pertimbangkan tingkat akurasi hasil yang diberikan. Hasil dari Alexa Tools Backlink terkadang tidak selalu 100% akurat karena alat ini memiliki cara pengindeksan yang berbeda dengan mesin pencari utama. Meskipun demikian, alat ini tetap berguna untuk memberikan gambaran tentang seberapa kuat otoritas sebuah situs web.

Keuntungan dari menggunakan Alexa Tools Backlink adalah:

1. Pemantauan Peringkat Situs Web: Anda dapat dengan mudah melihat peringkat situs web Anda dan situs pesaing, yang memberikan wawasan berharga tentang seberapa baik situs Anda berkinerja di dunia online.

2. Penelusuran Sumber Backlink: Alat ini dapat membantu Anda menemukan sumber-sumber backlink yang mengarah ke situs Anda. Meskipun hasilnya mungkin tidak selalu akurat, informasi ini tetap berguna dalam memahami tautan yang mengarah ke situs Anda.

Dalam dunia pemasaran digital yang kompetitif, memiliki akses ke berbagai alat seperti Alexa Tools Backlink dapat membantu Anda mengoptimalkan situs web Anda dan mengukur kinerjanya. Meskipun hasilnya perlu dipertimbangkan dengan hati-hati, alat ini adalah salah satu sumber informasi yang dapat membantu Anda dalam memahami dan meningkatkan kehadiran online Anda. Jadi, manfaatkanlah Alexa Tools Backlink dengan bijak sebagai salah satu elemen dalam strategi SEO Anda.

2. Semrush Toolkit

Semrush Toolkit

Semrush Toolkit adalah salah satu alat premium yang memiliki reputasi untuk memberikan hasil yang sangat akurat dalam penelusuran backlink dan analisis situs web. Meskipun memerlukan investasi dalam bentuk biaya berlangganan, alat ini sangat berharga bagi para profesional pemasaran digital.

Keunggulan dari Semrush Toolkit termasuk:

1. Keakuratan Hasil: Salah satu keunggulan utama dari Semrush Toolkit adalah tingkat keakuratannya yang tinggi dalam mengumpulkan data tentang backlink. Hal ini sangat penting untuk memahami bagaimana situs web Anda bersaing dengan pesaing Anda.

2. Penelusuran Backlink Kompetitor: Alat ini memungkinkan Anda untuk secara efektif memantau backlink dari pesaing Anda. Dengan melacak sumber-sumber backlink yang mengarah ke situs-situs pesaing, Anda dapat mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan profil backlink Anda sendiri.

3. Dukungan untuk Perkembangan Situs Web: Dengan akses ke data yang mendalam tentang backlink, Anda dapat membuat strategi yang lebih baik untuk pengembangan situs web Anda. Anda dapat mengetahui tautan mana yang paling berharga dan bagaimana membangun profil backlink yang kuat.

Meskipun Semrush Toolkit memerlukan biaya berlangganan, manfaat yang diberikannya dalam hal pemantauan backlink dan analisis kompetitor sering kali bernilai investasi tersebut. Bagi mereka yang serius dalam meningkatkan visibilitas dan otoritas situs web mereka, Semrush Toolkit adalah salah satu alat yang sangat dianjurkan untuk dimiliki.

3. Ranksignals

Ranksignals

 

Ranksignals adalah salah satu alat yang dapat menjadi pilihan yang baik untuk pemantauan backlink. Alat ini memungkinkan Anda untuk melacak dan menganalisis backlink yang mengarah ke situs web Anda. Meskipun alat ini bisa digunakan secara gratis, perlu dicatat bahwa hasilnya mungkin kurang akurat dalam beberapa situasi.

Beberapa karakteristik Ranksignals yang perlu dipertimbangkan:

1. Keterbatasan Hasil: Ranksignals tidak selalu menunjukkan seluruh backlink yang mengarah ke situs Anda. Terutama untuk jenis backlink dari platform web2.0 dan media sosial, alat ini mungkin tidak memberikan informasi yang lengkap.

2. Keterbatasan Akurasi: Meskipun berguna, hasil dari Ranksignals terkadang kurang akurat dibandingkan dengan alat-alat premium lainnya. Hal ini membuatnya lebih sesuai untuk pemantauan yang bersifat umum daripada analisis mendalam.

3. Opsi Gratis: Salah satu keuntungan dari Ranksignals adalah ketersediaan versi gratisnya. Ini memungkinkan pengguna untuk mencoba alat ini sebelum memutuskan untuk berlangganan versi premium.

Meskipun Ranksignals mungkin memiliki keterbatasan dalam mengidentifikasi seluruh backlink, alat ini masih memiliki manfaat dalam pemantauan backlink secara umum. Bagi mereka yang mencari solusi yang lebih terjangkau, Ranksignals dapat menjadi pilihan yang layak. Namun, jika Anda memerlukan analisis yang lebih mendalam atau akurasi yang lebih tinggi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan alat premium seperti Semrush.

4. Open Site Moz & Backlink Checker

Open Site Moz & Backlink Checker

Open Site Moz & Backlink Checker adalah alat yang dapat memberikan hasil yang cukup akurat dalam penelusuran sumber dan backlink. Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan saat menggunakan alat ini.

1. Batasan Penggunaan Harian: Salah satu kekurangan utama dari Open Site Moz & Backlink Checker adalah batasan penggunaan harian. Pengguna hanya dapat melakukan pengecekan sumber dan backlink sebanyak lima kali dalam satu hari. Ini dapat menjadi kendala jika Anda memiliki banyak proyek yang perlu dimonitor secara rutin.

2. Batasan Akurasi: Meskipun alat ini dapat memberikan hasil yang cukup akurat, hasilnya mungkin tidak sebaik alat-alat premium lainnya seperti Semrush. Ini perlu dipertimbangkan terutama jika Anda memerlukan analisis yang sangat mendalam.

3. Biaya Berlangganan: Open Site Moz & Backlink Checker juga termasuk alat premium, yang berarti pengguna harus berlangganan dengan biaya tertentu untuk mengakses fitur-fitur lengkapnya. Oleh karena itu, perencanaan anggaran dana menjadi hal yang penting sebelum memutuskan untuk menggunakan alat ini secara rutin.

Dengan batasan penggunaan harian yang diberlakukan oleh alat ini, penting untuk mempertimbangkan dengan bijak kapan dan untuk proyek apa Anda akan menggunakannya. Jika Anda hanya memerlukan pemantauan backlink yang terbatas dan memiliki anggaran terbatas, alat ini dapat menjadi pilihan yang cukup baik. Namun, jika Anda membutuhkan analisis yang lebih mendalam dan akurasi yang lebih tinggi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan opsi premium seperti Semrush.

5. Majestic

Majestic

Majestic adalah salah satu alat premium yang sangat direkomendasikan untuk penelusuran backlink yang akurat dan analisis kompetitor. Alat ini tidak hanya memberikan informasi tentang backlink, tetapi juga memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana situs web Anda berkinerja dibandingkan dengan pesaing Anda.

Keunggulan dari Majestic termasuk:

1. Akurasi yang Tinggi: Majestic dikenal karena tingkat akurasinya yang tinggi dalam mengidentifikasi dan melacak backlink. Anda dapat yakin bahwa data yang diberikan oleh alat ini sangat dapat diandalkan.

2. Pemantauan Kompetitor: Alat ini memungkinkan Anda untuk memantau aktivitas backlink pesaing Anda secara rutin. Ini adalah informasi berharga yang dapat membantu Anda mengidentifikasi peluang untuk memperkuat profil backlink Anda sendiri.

3. Informasi tentang Backlink Berkualitas: Majestic memberikan informasi tentang kualitas backlink, termasuk Trust Flow dan Citation Flow. Hal ini membantu Anda memahami mana backlink yang paling berharga untuk situs Anda.

4. Analisis Strategi Pengembangan Website: Data yang diberikan oleh Majestic dapat digunakan untuk merancang strategi pengembangan situs web Anda. Anda dapat melihat tren dalam backlink Anda dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan otoritas situs Anda.

Meskipun Majestic adalah alat premium yang memerlukan biaya berlangganan, manfaat yang diberikannya dalam hal pemantauan backlink dan analisis kompetitor sering kali sangat berharga. Bagi mereka yang serius dalam meningkatkan visibilitas dan otoritas situs web mereka, Majestic adalah salah satu alat yang sangat dianjurkan untuk dimiliki.

Rekomendasi Tools untuk Cek Backlink Lainnya

Masih ada rekomendasi tools lainnya ketika ingin melakukan cek backlink. Ini dia beberapa rekomendasi dengan hasil akurat untuk Anda.

1. Cognitiveseo Explore

Cognitiveseo Explore

Cognitiveseo Explore adalah salah satu alat yang relatif mudah digunakan dan dapat diakses secara gratis. Alat ini dapat membantu Anda dalam melakukan pengecekan backlink tanpa mengeluarkan biaya berlangganan. Namun, ada batasan dalam penggunaannya yang perlu diperhatikan.

Keunggulan dan Batasan Cognitiveseo Explore termasuk:

1. Kemudahan Penggunaan: Cognitiveseo Explore dirancang dengan antarmuka yang mudah digunakan, sehingga cocok bagi pemula dan profesional pemasaran digital.

2. Akses Gratis: Salah satu keuntungan utama adalah Anda dapat menggunakannya tanpa biaya berlangganan. Ini membuatnya menjadi opsi yang terjangkau untuk pemantauan backlink.

3. Batasan Penggunaan Harian: Alat ini memiliki batasan penggunaan harian, di mana Anda hanya dapat menggunakannya hingga lima kali dalam sehari. Ini dapat menjadi kendala jika Anda memerlukan pemantauan backlink yang lebih intensif.

Cognitiveseo Explore adalah pilihan yang baik jika Anda memerlukan alat sederhana untuk melakukan pengecekan backlink secara terbatas atau jika Anda baru memulai dalam pemantauan backlink. Namun, jika Anda membutuhkan pemantauan yang lebih sering atau analisis yang mendalam, Anda mungkin ingin mempertimbangkan opsi lain yang tidak memiliki batasan penggunaan harian.

2. Ahrefs

ahrefs

Ahrefs adalah salah satu alat yang sangat terkenal dan diakui dalam dunia pemantauan backlink yang akurat. Alat ini menawarkan data yang komprehensif untuk membantu pengelolaan backlink dengan mudah.

Keunggulan Ahrefs termasuk:

1. Data Komprehensif: Ahrefs menyediakan data yang sangat komprehensif tentang backlink, yang mencakup berbagai metrik penting seperti Domain Rating (DR) dan frekuensi penautan link. Informasi ini sangat berguna untuk memahami kualitas dan kuantitas backlink.

2. Kemudahan Penggunaan: Anda tidak perlu menjadi ahli dalam pemantauan backlink untuk menggunakan Ahrefs. Cukup masukkan URL yang ingin Anda periksa, baik itu milik situs web Anda sendiri atau pesaing, dan Ahrefs akan memberikan informasi yang Anda butuhkan dengan jelas.

3. Analisis Kompetitor: Salah satu fitur yang sangat kuat dari Ahrefs adalah kemampuannya untuk menganalisis backlink pesaing Anda. Anda dapat melihat sumber-sumber backlink yang mengarah ke situs pesaing dan memahami strategi mereka.

Ahrefs adalah alat yang sangat direkomendasikan untuk mereka yang serius dalam pengelolaan backlink dan pemantauan kompetitor. Meskipun merupakan alat premium yang memerlukan biaya berlangganan, manfaatnya dalam pemahaman tentang backlink dan analisis kompetitor sering kali sangat bernilai investasi tersebut.

4. Google Search Console

Google Search Console

Google Search Console adalah alat yang disediakan langsung oleh Google untuk membantu pemilik situs web melacak dan memahami backlink yang mengarah ke situs mereka. Alat ini merupakan sumber informasi yang sangat terpercaya karena datanya berasal langsung dari mesin pencari Google.

Manfaat dari Google Search Console termasuk:

1. Pemantauan Backlink: Alat ini memberikan informasi tentang situs mana saja yang memberikan backlink ke situs web Anda. Anda dapat melihat daftar backlink, anchor text yang digunakan, serta halaman situs Anda yang paling banyak dihubungkan.

2. Informasi Langsung dari Google: Karena Google Search Console disediakan oleh Google, data yang diberikannya dapat dianggap sebagai sumber yang sangat terpercaya. Anda dapat memahami bagaimana Google melihat situs web Anda dan backlink yang mengarah ke situs Anda.

3. Pelaporan Masalah: Selain pemantauan backlink, alat ini juga memungkinkan Anda untuk melaporkan masalah seperti backlink berbahaya atau tidak diinginkan yang mengarah ke situs Anda.

4. Analisis Kinerja: Selain informasi tentang backlink, Google Search Console juga memberikan wawasan tentang kinerja situs web Anda dalam hasil pencarian Google.

Google Search Console adalah alat yang penting untuk setiap pemilik situs web. Dengan memahami sumber backlink dan bagaimana Google melihat situs Anda, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan otoritas situs Anda dan memperbaiki masalah yang mungkin muncul.

5. Ubersuggest

ubersugest

Ubersuggest adalah alat yang dimiliki oleh ahli pemasaran digital terkenal, Neil Patel. Alat ini menyediakan berbagai informasi berharga secara gratis, membuatnya menjadi pilihan yang baik terutama untuk pemantauan kompetitor.

Manfaat dari Ubersuggest termasuk:

1. Informasi Backlink yang Komprehensif: Ubersuggest memberikan informasi yang komprehensif tentang backlink, seperti domain score, page score, jumlah backlink, jumlah nofollow link, referring domain, anchor text yang digunakan, dan tipe link.

2. Kemudahan Penggunaan: Alat ini dirancang dengan antarmuka yang mudah digunakan, sehingga cocok untuk pemula dan profesional pemasaran digital.

3. Analisis Kompetitor: Ubersuggest memungkinkan Anda untuk menganalisis backlink pesaing Anda dengan mudah. Anda dapat melihat bagaimana pesaing Anda membangun profil backlink mereka dan memetakan strategi Anda berdasarkan informasi ini.

Ubersuggest adalah pilihan yang sangat baik jika Anda mencari alat gratis yang dapat memberikan wawasan yang komprehensif tentang backlink dan kompetitor Anda. Meskipun alat ini menyediakan banyak informasi berharga, perlu diingat bahwa alat-alat premium seperti Ahrefs atau Majestic mungkin memiliki lebih banyak fitur dan akurasi yang lebih tinggi.

6. SEO SpyGlass

 

seo spyglass 2

SEO SpyGlass adalah salah satu alat yang serupa dengan aplikasi desktop yang dapat digunakan untuk pemantauan backlink dengan kecepatan tinggi. Alat ini dapat membantu Anda menjelajahi berbagai halaman web dengan cepat dan membandingkannya dengan kompetitor Anda.

Manfaat dari SEO SpyGlass termasuk:

1. Kecepatan Tinggi: Salah satu keunggulan utama dari SEO SpyGlass adalah kecepatan tingginya dalam menjelajahi halaman web. Ini memungkinkan Anda untuk mengumpulkan data backlink dengan efisien.

2. Pemantauan Kompetitor: Anda dapat menggunakan SEO SpyGlass untuk membandingkan profil backlink Anda dengan pesaing Anda. Ini memberikan wawasan berharga tentang bagaimana Anda berkinerja dibandingkan dengan pesaing dalam hal backlink.

3. Analisis Mendalam: Alat ini memberikan analisis yang mendalam tentang backlink, termasuk informasi tentang domain sumber, anchor text, tipe link, dan banyak lagi.

SEO SpyGlass adalah pilihan yang baik jika Anda mencari alat yang dapat digunakan secara desktop dan dapat memberikan pemantauan backlink yang cepat. Meskipun alat ini dapat digunakan dalam versi gratis, perlu diingat bahwa versi berbayar mungkin menawarkan lebih banyak fitur dan kemampuan.

Jadi, apabila ingin melakukan cek backlink milik website sendiri maupun kompetitor dapat dilakukan secara efisien. Cukup mencoba salah satu tools cek backlink paling akurat dalam artikel ini.

Published On: Agustus 29th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!