6 Fungsi Blog yang Harus Anda Tahu

toprank fadhil

Fungsi Blog

Blog adalah media yang hingga saat ini banyak digunakan. Selain karena mudah untuk membuatnya, blog juga memiliki banyak fungsi yang menarik. Dalam artikel ini kami akan merangkum beberapa fungsi blog yang menarik dan juga harus Anda tahu. Jika Anda penasaran, simak artikel ini sampai habis.

Fungsi Blog

Berikut beberapa fungsi blog yang telah kami rangkum khusus untuk Anda:

Baca juga: Perbedaan Blog dan Website yang Sebenarnya

1. Bantu Asah Kemampuan Menulis

Fungsi Blog yang Harus Anda Tahu

Fungsi blog yang pertama adalah untuk membantu mengasah kemampuan menulis. Di mana blog dapat menjadi media yang sangat baik untuk Anda mempublish postingan-postingan atau konten-konten tulisan tanpa mempedulikan berbagai aturan yang terlalu ketat. Hal ini bisa menjadi wadah yang tepat bagi Anda yang ingin mengasah kemampuan menulis menjadi lebih baik, khususnya jika Anda memang bercita-cita ingin terjun ke dunia penulisan.

Selain itu, di dalam blog Anda juga memiliki kebebasan untuk menulis berbagai macam hal sesuai dengan imajinasi dan gaya Anda sendiri. Sehingga, hal ini akan sangat baik bagi Anda untuk dapat mengembangkan kreatifitas dalam bidang kepenulisan dan pembuatan konten.

Namun perlu diingat, walaupun di dalam blog Anda bisa menulis apapun sesuka hati Anda, jangan sampai Anda menyalahgunakannya untuk tujuan provokasi ataupun tindakan kejahatan lainnya, selain dapat membuat blog Anda terkena pinalti, hal ini juga bisa membuat Anda terkena masalah hukum yang serius. 

2. Sebagai Media Publikasi

Fungsi Blog yang Harus Anda Tahu

Fungsi blog berikutnya adalah dapat menjadi media publikasi untuk tulisan pribadi atau karya pribadi. Kadangkala seseorang kesulitan dalam menemukan media yang mau mempublikasikan karya dan juga hasil pemikirannya dengan berbagai alasan. Hal ini semakin parah bila mana Anda belum memiliki nama yang populer sama sekali, jangankan masuk dalam tahap review, mungkin hasil tulisan atau karya Anda tidak akan pernah dilihat.

Namun, dengan menggunakan blog, Anda bisa mempublikasikan berbagai karya Anda mulai dari karya kecil hingga karya besar Anda dengan mudah. Anda tidak perlu persetujuan atau harus melewati berbagai proses seleksi yang rumit dan memakan waktu dari pihak-pihak terkait untuk memposting karya Anda di blog. Di mana, jika blog tersebut merupakan milik Anda sendiri, Anda tinggal posting saja karya yang Anda miliki sehingga banyak orang dapat melihat karya-karya yang Anda miliki.

3. Wadah Personal Branding

Fungsi Blog yang Harus Anda Tahu

Blog juga dapat menjadi wadah personal branding. Di mana, di dalam blog Anda dapat mempublish berbagai karya dan juga kegiatan keseharian yang Anda lakukan. Hal ini bukan hanya dapat menjadi catatan pribadi semata, namun juga dapat menjadi wadah bagi Anda untuk membranding diri Anda sesuai dengan yang Anda harapkan.

Sebagai contoh, jika Anda ingin dikenal sebagai sosok profesional dalam bidang tertentu, Anda bisa memposting berbagai tulisan terkait dengan bidang Anda tersebut. Di mana, dalam postingan tersebut Anda dapat mengisinya dengan berbagai pengetahuan dan juga keterampilan yang Anda miliki dalam bidang tersebut, Hal secara langsung dapat membuat pembaca nantinya akan mengenal Anda sebagai sosok profesional yang ada di dalam bidang tersebut.

4. Bukti Profesionalitas

Fungsi Blog yang Harus Anda Tahu

Fungsi blog lainnya adalah sebagai bukti profesionalitas yang Anda miliki. Di mana saat ini banyak pencari kerja lebih berfokus untuk mencari orang-orang yang memang sudah profesional atau ahli dalam bidang yang ia tekuni. Untuk itu, blog menjadi wadah yang tepat bagi Anda yang memang sedang mencari kerja dan membutuhkan media untuk mempublikasikan bukti keprofesionalitasan yang Anda miliki.

Di mana dalam blog Anda bisa memposting berbagai konten yang pernah Anda buat dan juga berbagai event di mana Anda berkontribusi di dalamnya. Selain itu, dalam blog Anda juga menarik konten dan juga portfolio yang Anda miliki, sehingga bila mana ada orang yang mampir ke blog Anda maka mereka dapat melihat berbagai informasi penting terkait dengan profesionalitas yang Anda miliki. Untuk itu, blog menjadi media yang sangat tepat bagi Anda yang memerlukan media untuk mempublikasikan bukti profesionalitas Anda dalam dunia kerja atau bidang kerja tertentu.

Baca juga: Contoh Blog yang Dapat Anda Jadikan Inspirasi

5. Media Promosi Produk

Fungsi Blog yang Harus Anda Tahu

Blog juga dapat menjadi media promosi yang baik untuk promosikan produk brand Anda sendiri. Di mana jika Anda memilik produk sendiri yang ingin Anda jajakan pada banyak orang, blog adalah salah satu media yang efektif untuk Anda gunakan. Selain karena dapat menjangkau banyak orang, blog mampu memberikan deskripsi jelas mengenai produk yang ingin Anda jajakan.

Selain itu, dengan mempromosikan produk Anda melalui blog juga akan memungkinkan produk Anda menjadi mudah ditemukan. Sehingga orang bisa mencari info lebih lanjut mengenai produk Anda. Hal ini penting dilakukan sebab konsumen akan cenderung lebih percaya pada brand yang produknya lebih mudah ditemukan.

6. Penghasil Uang

Fungsi Blog yang Harus Anda Tahu

Fungsi terakhir dari blog adalah ia dapat menjadi media penghasil uang. Mungkin saat ini banyak yang tidak menyadari bahwa blog dapat menghasilkan uang. Namun, hal itu merupakan hal yang wajar, sebab banyak orang lebih berfokus kepada media-media yang lebih modern dan populer seperti Youtube dan TikTok ataupun Instagram. Akan tetapi, walaupun blog merupakan media lama, ia tetap mampu menghasilkan uang yang besar bagi siapapun yang mau menekuninya.

Untuk membuat blog yang menghasilkan uang sendiri ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Mulai dari Adsense, promosi produk, hingga menyediakan banner untuk promosi brand. Dalam hal menyediakan banner, Anda dapat memberikan ruang kosong dalam blog Anda. Kemudian jika ada brand yang tertarik untuk mempromosikan produk mereka melalui blog Anda maka Anda dapat menaruh banner promosi dari brand tersebut pada ruang kosong yang sudah Anda siapkan.

Namun, untuk membuat brand tertarik promosi di blog Anda, maka Anda harus membuat blog Anda  menarik dan memiliki banyak pengunjung. Di mana hal itulah yang membuat brand tertarik untuk mempromosikan produknya melalui blog milik Anda.

Penutup

Itulah tadi beberapa fungsi blog yang telah kami rangkum untuk Anda. Dengan berbagai fungsi yang telah kami rangkum di atas, Anda seharusnya sudah memahami betapa menguntungkannya memiliki blog saat ini. Selain dapat menjadi media untuk branding, blog juga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan yang cukup menjanjikan.

Jika Anda tertarik untuk membuat blog ataupun website yang menarik untuk keperluan Anda pribadi ataupun mempromosikan bisnis Anda, maka Anda dapat menggunakan jasa pembuatan website dari digital marketing agency Toprank. Dengan jasa kami maka Anda dapat membuat website Anda menjadi lebih menarik dan tampak lebih profesional. Untuk itu, jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai berbagai layanan kami.

Published On: Maret 28th, 2024 / Categories: Website /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!