Fungsi Website untuk Bisnis yang Harus Anda Tahu

toprank fadhil

Fungsi Website untuk Bisnis

  Website adalah salah satu media yang banyak digemari. Meskipun ada banyak media baru yang bermunculan saat ini dengan berbagai keunikannya sendiri, website tetap memiliki pengguna setia nya sendiri. Namun, perlu Anda ketahui bahwa website bukan hanya sekedar media biasa, fungsi website untuk bisnis juga sangat signifikan. Oleh sebab itu tidak heran banyak orang rela membayar jasa pembuatan website profesional untuk membuat website bisnis yang baik dan juga menarik. Dalam artikel ini kami akan membahas secara tuntas mengenai keunggulan-keunggulan website hingga berbagai fungsi website dari sudut pandang bisnis.

Pengertian Website

Fungsi Website untuk Bisnis

Pengertian website sebenarnya ada banyak, namun beberapa ahli ada yang mendefinisikan website sesuai dengan pandangan mereka sendiri. Berikut beberapa pengertian website menurut beberapa ahli:

1. Gregorius (2000)

Website merupakan kumpulan web yang saling terhubung dan seluruh file saling terkait. Web terdiri dari halaman dan kumpulan halaman yang disebut dengan homepage.

2. Lukmanul Hakim (2004)

Website merupakan fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal mauun jarak jauh. Dokumen dalam website disebut dengan webpage dan link dalam website dapat digunakan oleh pengguna untuk beralih dari satu halaman ke halaman (hyertext) lain baik antar halam yang disimpan di server yang sama maupun dalam server yang ada di seluruh dunia. Halaman (page) dapat di akses atau di baca melalui browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox dan lain sebagainya.

3. Hidayat (2010)

Website adalah kumpulan halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar, animasi suara atau gabungan dari semuanya baik yang bersifat statis dan dinamis yang membentuk satu rangakain saling terkait, yang masing-masing dihubungkan dengan jaringan terkait.

Selain menurut para ahli, ada juga pengertian website yang dapat Anda pahami secara umum. Di mana secara umum website dapat didefinisikan sebagai sebuah kumpulan halaman web yang digunakan untuk menyimpan berbagai informasi serta dapat dibagikan atau diakses oleh banyak orang secara umum melalui media online. Informasi yang dibagikan di website sendiri hampir tidak memiliki batasan sama sekali. Anda bisa memberikan berbagai informasi mulai dari kuliner, otomotif, berita daerah, hingga kegiatan harian Anda.

Cara kerja website sendiri cukup sederhana. Di mana halaman website yang Anda peroleh dapat diibaratkan sebagai sebuah lokasi yang menyimpan berbagai informasi yang dapat Anda bagikan. Di mana untuk menemukan lokasi dari penyimpanan informasi tersebut Anda memerlukan alamat khusus untuk mencarinya melalui media online. dengan berbasis pada alamat khusus untuk menemukannya. Nantinya web browser yang Anda gunakan akan menuju lokasi yang ada di alamat tersebut.

Proses untuk mencari alamat atau informasi yang dituju sendiri dilakukan oleh layanan web menggunakan teknologi Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dan File Transfer Protocol (FTP). Di mana kedua hal tersebut nantinya berfungsi untuk menentukan cara informasi dan file ditransmisikan melalui media web yang dituju.

Baca juga: 17+ Aplikasi Membuat Website Profesional dan Terbaik

Kelebihan Menggunakan Website

Ketika menggunakan website, ada beberapa keunggulan khusus yang dapat Anda peroleh. Keunggulan khusus tersebut antara lain adalah:

1. Jangkauan yang Luas

Fungsi Website untuk Bisnis

Kelebihan website dibandingkan media lain yang pertama adalah ia memiliki jangkauan global. Di mana dengan menggunakan website Anda dapat membagikan berbagai informasi yang Anda miliki kepada semua orang di seluruh dunia. Dan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dalam website hampir semua informasi dapat Anda bagikan selama tidak melanggar aturan-aturan yang sudah ditetapkan. Anda dapat membagikan berbagai informasi seputar kuliner, otomotif, pariwisata hingga kegiatan pribadi Anda sehari-hari.

2. Akses yang Mudah

Fungsi Website untuk Bisnis

Kelebihan website berikutnya adalah dapat diakses dengan mudah. Di mana banyak orang bisa menemukan informasi atau membagikan informasi yang mereka miliki dengan mudah. Hal inilah yang membuat website tetap populer hingga sekarang, di mana mereka dapat membagikan dan memperoleh informasi di mana pun dan juga kapanpun. Selain itu, saat ini website juga mampu untuk melakukan transaksi, sehingga hal ini akan memudahkan banyak orang termasuk Anda ketika ingin melakukan pembelian barang melalui website.

3. Fleksibilitas Konten

Fungsi Website untuk Bisnis

Website juga memiliki kelebihan dalam fleksibilitas konten yang dibagikan. Di mana konten-konten yang ada di website memiliki fleksibilitas tinggi untuk dibagikan pada banyak orang di seluruh dunia. Hal ini berbeda dengan sosial media yang hanya akan membagikan konten pada Anda sesuai dengan preferensi dan juga algoritma pencarian Anda di sosial media. Melalui website Anda bisa memperoleh informasi apapun tanpa memandang umur dan juga kriteria-kriteria umum lainnya.

Selain itu, dari segi pengelola, website dapat menjadi media yang cukup menjanjikan bagi Anda yang ingin membagikan konten-konten unik dan menarik. Di mana di sana Anda akan diberikan kebebasan untuk membagikan banyak konten dengan berbagai tema sesuai dengan preferensi Anda. Walaupun tidak dipungkiri website memiliki aturan juga dalam membagikan konten, namun dalam website aturan yang diberlakukan jauh lebih fleksibel dibandingkan media lainnya. 

4. Interaktivitas

Fungsi Website untuk Bisnis

Hampir sama dengan media lainnya, melalui website Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan pengunjung website. Hal ini bisa di lakukan dengan melalui berbagai cara, mulai dari sosial media, formulir kontak, hingga kolom komentar yang ada di dalam website itu sendiri. Hal ini menjadikan website sebagai media yang bukan hanya bagus untuk berbagi informasi, namun juga saling bertukar pikiran dan pandangan antar pengguna website mengenai sesuatu topik atau hal.

5. Analisis Data

Fungsi Website untuk Bisnis

Kelebihan lainnya ketika menggunakan website adalah mampu memberikan data yang akurat mengenai pengunjung yang datang dan juga melakukan tindakan dalam website. Di mana dengan menggunakan tools atau alat-alat tertentu, Anda bukan hanya dapat melihat berapa jumlah pengunjung yang masuk ke website namun juga dapat melihat jumlah pengunjung yang mengambil tindakan di dalam website. Mengambil tindakan yang di maksud di sini sendiri ialah tindakan seperti berkomentar, melakukan pembelian, ataupun memberikan like dan masih banyak lagi.

Data-data tersebut sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini bukan hanya untuk meningkatkan performa dan mengetahui keinginan pengunjung website lebih lanjut. Namun hal ini juga dapat membantu website semakin ramai di kunjungi bahkan dapat meningkatkan kemungkinan bagi pengunjung untuk mengambil tindakan dalam website seperti melakukan pembelian barang.

Baca juga: Apa itu Website Statis? Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Fungsi Website untuk Bisnis

Setelah mengetahui kelebihan menggunakan website, kini saatnya Anda tahu apa fungsi website untuk bisnis. Berikut beberapa fungsi website untuk bisnis yang telah kami rangkum untuk Anda:

1. Semakin Dipercaya

Fungsi Website untuk Bisnis

Sadarkan Anda bahwa website dapat menjadi salah satu bagian penting untuk membuat konsumen semakin percaya pada bisnis Anda. Di mana hal ini bisa terjadi lantaran saat ini banyak orang yang sering melakukan riset akan suatu bisnis atau produk. Manakala bisnis Anda tidak dapat di temukan informasinya melalui sistem pencarian mereka maka akan semakin besar kecurigaan orang-orang tersebut pada bisnis Anda.

Untuk itu, website dapat menjadi solusi agar banyak orang lebih mempercayai bisnis Anda. Di mana dengan pengguna lebih dari ratusan juta, maka hal itu akan memungkinkan bisnis Anda semakin di kenal dengan mudah dan di ketahui oleh banyak orang dengan lebih mudah. Hal ini pada akhirnya akan membuat orang-orang yang tertarik dengan bisnis atau produk yang Anda tawarkan dapat lebih mempercayai bisnis Anda sebagai bisnis yang profesional dan terpercaya.

2. Sarana Informasi Bisnis

Fungsi Website untuk Bisnis

 

Untuk memudahkan berbagi informasi penting terkait dengan bisnis, seperti pengumuman produk terbaru, berita terkait bisnis atau produk, dan masih banyak lagi, suatu bisnis memerlukan sebuah sarana informasi. Untuk itu, website hadir sebagai sarana informasi yang dapat di gunakan bisnis untuk memberikan informasi terkait dengan bisnis mereka. Di sana Anda dapat membuat bisnis Anda semakin mudah di kenal banyak orang dan tampak lebih menarik di mata banyak orang, yang mana hal itu akan membuat bisnis Anda terlihat lebih terpercaya.

Selain itu, di website Anda juga dapat memberikan berbagai informasi terkait dengan promo-promo tentang produk bisnis Anda. Di mana hal ini akan meningkatkan kemungkinan produk Anda agar laku terjual. Selain itu, Anda juga dapat membagikan visi-misi dari bisnis Anda yang positif yang mana hal itu dapat meningkatkan pandangan positif dari bisnis Anda.

3. Pasar yang Lebih Luas

Fungsi Website untuk Bisnis

Website dengan jutaan pengunjung dapat meningkatkan jangkauan bisnis Anda bahkan hingga dalam skala Global. Namun, hal itu tidak bisa di lakukan sembarangan. Di mana untuk membuat jangkauan pasar bisnis Anda semakin luas Anda harus bisa mengoptimalkan website Anda secara keseluruhan.

Untuk mengoptimalkan website sendiri ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan. Anda dapat mulai dengan melakukan riset kata kunci yang sesuai dengan bisnis Anda dan menerapkannya pada website bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengoptimalkan SEO pada website Anda, di mana hal ini akan meningkatkan kemungkinan website Anda memperoleh peringkat tertinggi dalam halaman website sehingga pengunjung yang datang mengetahui bisnis Anda semakin lebih banyak.

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan mengenai fungsi website untuk bisnis serta berbagai keunggulan menggunakan website. Di mana melalui penjelasan di atas dapat Anda ketahui bahwa website memiliki banyak manfaat untuk bisnis yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan bisnis dan juga meningkatkan penjualan produk bisnis. 

Namun, hal ini juga tidak bisa di lakukan sembarangan. Sebab, ada banyak hal yang perlu di siapkan terlebih dahulu pada website agar dapat berdampak optimal pada bisnis Anda. Sebagai contoh, Anda dapat mengoptimalkan SEO dari website bisnis Anda ataupun melakukan riset kata kunci yang tepat untuk website bisnis Anda.

Walaupun terdengar sulit, akan tetapi hasil yang akan di peroleh dengan mengoptimalkan website akan sepadan dengan upaya yang di lakukan. Akan tetapi, jika Anda memang kesulitan dalam mengoptimalkan website khususnya dari segi SEO, Anda dapat menggunakan jasa SEO dari digital marketing agency terpercaya seperti Toprank. Di mana dengan menggunakan jasa kami, akan kami pastikan website Anda akan teoptimasi hingga mendapatkan peringkat di halaman 1 Google dan meningkatkan kemungkinan bisnis Anda semakin terkenal bahkan meningkatkan kemungkinan terjadinya konversi atau penjualan produk.

Published On: April 24th, 2024 / Categories: Website /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!