6 Tips Membuat Judul Blog yang Menarik

toprank fadhil

Judul Blog yang Menarik

 Judul adalah salah satu hal yang sangat penting dalam blog. Di mana judul bukan hanya dapat membuat blog menjadi lebih rapi, namun juga membuat blog tampak lebih menarik. Untuk itu, penting untuk membuat judul yang menarik bukan hanya dalam blog, tetapi juga judul artikel konten yang ada di dalamnya.

Demi membantu Anda membuat judul yang menarik, berikut ini kami memiliki beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk membuat judul yang menarik. Jadi, jika Anda ingin tahu apa saja tipsnya, mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Tips Membuat Judul Blog

Berikut beberapa tips membuat judul blog yang menarik yang sudah kami rangkum untuk Anda:

Baca juga: Perbedaan Blog dan Website yang Sebenarnya

1. Lakukan Riset Keyword

Judul Blog yang Menarik

Tips pertama untuk membuat judul blog yang menarik adalah dengan melakukan riset keyword. Dimana riset keyword akan sangat berguna untuk mengetahui apa yang dipikirkan oleh audiens. Anda juga dapat tahu apa yang mereka harapkan dari konten yang sedang mereka cari. Melalui riset keyword ini Anda akan mengetahui jalan pikir audiens dan bagaimana cara untuk membuat judul yang menarik sesuai dengan keinginan mereka.

Namun dalam melakukan riset keyword ini, Anda harus pastikan bahwa keyword tersebut sesuai dengan apa yang di inginkan audiens. Anda juga dapat menggunakan beberapa tools seperti Ahrefs, SEMrush ataupun Uberguggest untuk riset keyword dengan lebih mudah.

2. Hindari Clickbait

Judul Blog yang Menarik

Clickbaiting atau clickbait  menurut Tech Crunch merupakan tindakan menjanjikan sesuatu secara berlebihan yang biasa ditemukan di judul berita, caption di media sosial, dan lain-lain. Walaupun banyak orang menganggap clickbait itu merupakan cara baik untuk membuat judul yang menarik, namun kami beranggapan hal itu tidaklah benar.

Karena seringkali clickbait dalam sebuah judul artikel malah hanya akan membuat audiens Anda kecewa akan isi konten. Di mana hal ini malah akan membuat nama blog Anda menjadi buruk, yang pada akhirnya akan membuat audiens tersebut tidak mau lagi berkunjung ke blog Anda.

Untuk itu, penting bagi Anda menyejikan judul clickbait yang sesuai dengan isi artikel blog Anda. Jangan sampai apa yang disampaikan di judul tidak sesuai dengan apa yang ada di dalam konten blog Anda.

3. Duplikasi Jenis Judul yang Menarik

Judul Blog yang Menarik

Anda juga dapat menduplikasi judul yang Anda lihat dan dirasa menarik bagi Anda. Namun, menduplikasi dalam hal ini bukan berarti menjiplak sepenuhnya judul tersebut, melainkan Anda dapat mengambil inspirasi format atau gaya bahasa dari judul tersebut.

Namun, dalam hal ini, pastikan bahwa Anda tidak memaksakan gaya bahasa atau format dari judul yang Anda anggap menarik dalam konten Anda. Hal ini bukan hanya akan membuat judul terasa aneh, melainkan juga akan membuat judul terlihat kurang menarik dan memungkinkan konten Anda untuk tidak di klik oleh audiens Anda.

Selain itu, dalam proses duplikasi ini Anda juga harus memastikan bahwa Anda tidak benar-benar menduplikasi semua elemen judul yang Anda lihat. Hal ini bukan hanya akan membuat konten Anda terdeteksi sebagai duplikat, melainkan juga memungkinkan Anda untuk terkenal masalah hukum yang serius di kemudian hari.

4. Formula Penulisan Judul

Judul Blog yang Menarik

Saat ini sudah banyak formula yang diciptakan untuk membuat judul yang menarik. Anda dapat menggunakan beberapa diantaranya sebagai inspirasi ataupun menggabungkan beberapa unsur dalam satu formula judul ke dalam formula judul lainnya. Selain akan membuat judul Anda semakin menarik, hal ini juga akan membuat judul Anda tampak berbeda dengan yang lain.

Selain itu, dengan menggunakan formula penulisan judul yang tepat, Anda juga dapat menyusun judul dengan lebih rapih sehingga akan membuat audiens menjadi lebih tertarik dengan judul buatan Anda. Hal ini berbeda dengan judul yang berantakan, di mana  judul yang berantakan bukan hanya dapat membuat judul menjadi tidak jelas, namun juga dapat membuat audiens merasa malas untuk mengklik konten dari judul tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Blog Pribadi Tanpa Ribet

5. Jangan Terlalu Menjual

Judul Blog yang Menarik

Tips lainnya untuk membuat judul yang menarik adalah dengan membuat judul tersebut tidak terlalu menjual. Di mana judul yang menjual bukan hanya akan membuat audiens malas mengklik konten dan membaca lebih lanjut, namun juga akan membuat konten Anda terlihat buruk.

Hal ini bisa terjadi lantaran konten yang berfokus untuk menjual saat ini dinilai tidak mementingkan informasi yang di bagikannya. Oleh sebab itu, meskipun Anda membuat konten untuk mempromosikan produk atau brand Anda, pastikan judul tersebut tidak terlalu menjual (hardseel)

6. Banyak Latihan

Tips Membuat Judul Blog yang Menarik

Tips terakhir untuk membuat judul yang menarik adalah dengan perbanyak latihan. Di mana dengan latihan yang rutin, Anda akan mulai terbiasa dengan berbagai jenis format judul. Hal ini bukan hanya akan membuat Anda semakin lihai dalam membuat judul yang menarik dengan berbagai format, namun juga akan membuat Anda mulai memahami bagaimana membuat audiens tertarik dengan judul Anda.

Sebagai saran, Anda dapat menyisihkan waktu kurang lebih 15 menit untuk berlatih membuat judul yang menarik. Selain itu, Anda juga dapat mencari referensi di berbagai media, mulai dari blog, koran, majalah dan masih banyak lagi. Untuk itu, latihan menjadi hal yang sangat penting untuk membuat judul yang menarik.

Penutup

Setelah mengetahui beberapa tips membuat judul yang menarik, seharusnya sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara membuat judul yang menarik untuk blog Anda. Selain itu, judul yang menarik juga akan membantu Anda dalam meningkatkan trafik yang masuk ke dalam blog Anda, yang pada akhirnya akan membantu meningkatkan kredibiltas blog Anda.

Namun, untuk meningkatkan trafik ke blog dan juga meningkatkan kredibilitas blog Anda maka judul yang menarik tidaklah cukup. Anda perlu menggunakan beberapa strategi lain seperti pengoptimalan SEO. Jika Anda ingin mengoptimalkan SEO dalam blog Anda, maka Anda dapat menggunakan jasa SEO dari digital marketing agency Toprank. Di mana kami akan membantu meningkatkan skor SEO dalam blog Anda dan kami akan pastikan blog Anda akan memiliki lebih banyak trafik dibandingkan sebelumnya.

Published On: Maret 28th, 2024 / Categories: Website /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!