Langkah-langkah Membuat Blog dengan Mudah

toprank fadhil

Langkah-langkah Membuat Blog

Langkah-Langkah membuat blog sebenarnya cukup sederhana, namun masih banyak yang belum mengetahuinya. Blog sendiri adalah salah satu media yang sampai saat ini masih banyak penggunanya. Selain dapat menjadi media pribadi seseorang, blog juga mampu menjadi media promosi yang efektif untuk mempromosikan bisnis atau produk. Oleh sebab itu, tidak heran blog menjadi salah satu media populer hingga saat ini.

Jika Anda tertarik untuk membuat blog ataupun website, sebenarnya Anda dapat dengan mudah melakukannya dengan menggunakan jasa pembuatan website seperti Toprank. Namun, jika Anda ingin membuat blog Anda sendiri dengan gaya khas Anda sendiri, berikut ini kami telah merangkum langkah-langkah membuat blog dengan mudah yang dapat Anda coba terapkan.

Persiapan Membuat Blog

Sebelum membahas mengenai langkah-langkah membuat blog, perlu Anda pahami terlebih dahulu beberapa persiapan yang untuk membuat blog. Berikut adalah beberapa persiapan yang telah kami rangkum:

Baca juga: 6 Fungsi Blog yang Harus Anda Tahu

1. Pilih Platform Blogging

Langkah-langkah Membuat Blog dengan Mudah

Persiapan pertama untuk membuat blog adalah dengan memilih platform blogging yang akan Anda gunakan. Di mana saat ini ada banyak sekali platform blogging yang dapat Anda gunakan, namun yang paling populer diantara semuanya adalah Blogger dan WordPress. Dalam hal ini Anda harus memilih akan menggunakan platform blogging yang mana.

Hal ini penting untuk diperhatikan sebab berbagai platform yang tersedia saat ini memiliki pengoperasian dan optimasi yang berbeda-beda. Sehingga dengan memilih terlebih dahulu platform blogging mana yang akan Anda gunakan bukan hanya akan memudahkan Anda untuk membuat blog Anda, namun juga akan memudahkan Anda untuk mengetahui bagaimana pengoperasian platform blogging tersebut.

2. Tentukan Niche Blog

Langkah-langkah Membuat Blog

Tentukan niche atau tema blog juga penting untuk diperhatikan dalam persiapan membuat blog. Dalam tahapan ini Anda harus sudah mengetahui blog Anda akan berisikan informasi mengenai apa dan apa saja pembahasan dalam konten blog Anda. Dengan mengetahui tema atau niche blog Anda, hal itu akan memudahkan Anda untuk menentukan arah konten dan juga bagaimana Anda akan mengembangkan blog Anda nantinya.

Namun, jika Anda membuat blog dengan tema campuran, ada banyak hal negatif yang dapat terjadi pada blog Anda. Selain susah untuk mendapatkan rangkin di halaman 1 Google, blog yang memiliki tema campuran juga cenderung sulit mendapatkan kepercayaan orang-orang. Hal ini selain dapat merusakan citra positif blog Anda juga mampu mengurangi traffik yang masuk ke blog Anda nantinya.

3. Tentukan Nama Domain

Langkah-langkah Membuat Blog dengan Mudah

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam membuat blog adalah dengan menentukan domain yang tepat. Jika blog diibaratkan sebagai rumah, maka domain adalah alamatnya. DI mana akan sulit untuk menemukan blog bila mana domain yang Anda gunakan sulit untuk diingat. Oleh sebab itu, tentukanlah nama domain yang mudah diingat.

Selain itu, disarankan juga Anda menggunakan nama domain yang dapat menjadi gambaran mengenai isi blog Anda. Jika blog Anda berisikan pembahasan mengenai otomotif, maka sebaiknya Anda menggunakan nama-nama domain yang masih ada kaitannya dengan otomotif. Selain itu, nama domain yang jelas dan dapat menggambarkan isi blog Anda bermanfaat bukan hanya untuk membuat orang-orang ingat akan blog Anda, namun juga membuat blog Anda dipandang lebih kredibel di mata Google.

Langkah-Langkah Membuat Blog di Blogger

Setelah mengetahui persiapan untuk membuat blog, berikut ini kami telah merangkum langkah-langkah membuat blog di Blogger.

Baca juga: Perbedaan Blog dan Website yang Sebenarnya

1. Membuat Akun

Langkah-langkah Membuat Blog dengan Mudah

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat blog di blogger adalah dengan membuat akun blogger terlebih dahulu. Untuk membuatnya sendiri cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan akun email Google yang akan Anda gunakan sebagai akun utama blog lalu log in dengan menggunakan akun tersebut di Blogger.

Mengingat Blogger ini merupakan platform blog dari Google langsung, maka dengan Anda log in menggunakan email Google yang Anda miliki, maka Anda akan dapat mengakses berbagai fitur yang ada di dalam blogger. Setelah Anda berhasil login Anda baru bisa mulai untuk membuat blog.

Perlu diperhatikan di sini, kami sarankan Anda memisahkan akun blog Anda dengan akun utama Anda, sebab nantinya akan ada banyak fitur dan juga pengoptimalan yang perlu Anda lakukan dalam membuat blog. Di mana hal ini mungkin akan dapat mengganggu pesan atau notifikasi yang masuk ke akun utama Anda.

2. Membuat Blog

Langkah-langkah Membuat Blog dengan Mudah

Setelah berhasil membuat akun, maka langkah berikutnya adalah membuat blog. Untuk membuatnya Anda hanya tinggal masuk ke Blogger dan pilih menu bertuliskan ‘Create Your Blog’ untuk memulai. Setelah itu, Anda dapat memilih untuk menggunakan akun Google yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

Setelah berhasil masuk dengan akun blog Anda, berikutnya Anda akan diarahkan ke halaman untuk mengisi berbagai informasi dasar mengenai blog. Seperti judul blog yang ingin Anda gunakan, hingga domain yang akan Anda pilih. Pada bagian ini, pastikan Anda sudah menyiapkan semua informasi yang diperlukan agar Anda tidak membuatnya asal-asalan.

Untuk domain sendiri, pastikan domain yang akan Anda gunakan belum pernah di gunakan oleh orang lain di Blogger. Karena jika Anda memasukkan nama domain yang pernah di gunakan maka Anda akan langsung disuruh menggantinya sebelum dapat lanjut ke tahap berikutnya.

Akan tetapi, jika Anda kesulitan menemukan domain yang belum pernah di gunakan, Anda dapat menambahkan simbol-simbol khusus dalam domain Anda. Selain itu, Anda juga bisa membeli domain pada penyedia jasa domain yang terpercaya. Setelah selesai, Anda baru bisa klik menu ‘Create Blog’.

3. Hias Blog

Langkah-langkah Membuat Blog

Setelah selesai mengisi berbagai informasi dasar mengenai blog Anda, maka Anda akan langsung di arahkan ke halaman dashboard Blogger. Berikutnya Anda hanya perlu menghias blog Anda sesuai dengan keinginan Anda pribadi. Anda bisa memulainya dengan membuat halaman-halaman yang penting terlebih dahulu, seperti about, contact person, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Anda juga dapat mulai untuk mengatur tampilan blog Anda. Proses ini akan menentukan seberapa nyaman blog Anda di lihat oleh pengunjung sehingga mereka akan betah berlama-lama dalam blog Anda. Selain itu, proses tampilan yang digunakan juga dapat berpengaruh pada performa blog Anda. Jika Anda menggunakan tampilan yang memiliki banyak elemen-elemen berukuran berat, hal itu malah akan membuat blog Anda lama untuk diakses.

Penutup

Itulah tadi langkah-langkah membuat blog dengan mudah. Dengan mengikuti berbagai langkah yang sudah kami rangkum di atas Anda akan dapat dengan mudah membuat dan mengoptimalkan blog Anda agar lebih menarik. Selain itu, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda juga dapat lebih memahami tahapan-tahapan dalam membuat blog dengan lebih baik.

Namun, jika Anda masih merasa kesulitan dalam membuat blog, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan website dari agency digital marketing Toprank. Selain dapat membantu Anda dalam membuat website yang menarik, kami juga dapat membantu Anda untuk membuat blog Anda menjadi lebih ramai traffic. Untuk itu, jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang juga dan kami akan pastikan blog Anda bukan hanya lebih menarik namun juga lebih ramai pengunjung.

Published On: Maret 28th, 2024 / Categories: Website /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!