LCP Adalah: Pengertian dan Cara Mengoptimalkannya

toprank fadhil

LCP Adalah

Dalam optimalisasi website, LCP adalah sesuatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Di mana dengan mengoptimalkannya Anda dapat membuat website Anda semakin cepat hingga membuat website Anda bukan hanya ramai dikunjungi namun teroptimasi SEO. Namun, untuk mengoptimalkan LCP sendiri tidak bisa sembarangan. Oleh sebab itu, banyak orang yang menggunakan jasa pembuatan website profesional untuk membantu mereka mengoptimalkan LCP dalam website mereka. Namun jika Anda ingin melakukannya sendiri, dalam artikel ini kami akan merangkum beberapa cara mengoptimalkan LCP beserta pengertiannya.

LCP Adalah

LCP Adalah

Largest Contentful Paint atau LCP adalah matrik yang masuk dalam salah satu matrik penting dari Core Web Vitals. Di mana matrik-matrik ini adalah alat ukur Google guna mengetahui apakah website tersebut berkualitas atau tidak. Lebih detail, LCP dapat dikatakan adalah sebuah matrik guna mengukur waktu yang diperlukan oleh Google untuk menampilkan elemen-elemen pada halaman konten website saat diakses.

Beberapa elemen yang di hitung dalam matrik ini antara lain adalah gambar, video, hingga dan berbagai elemen visual lainnya. Semakin besar nilai matrik LCP yang di peroleh itu menandakan bahwa elemen tersebut cukup berat untuk di muat saat di akses sehingga membutuhkan pengoptimalan lebih lanjut. Sedangkan, jika nilai LCP kecil maka itu menandakan bahwa elemen-elemen pada halaman website yang di akses sudah cukup mudah untuk di muat saat halaman tersebut diakses.

Baca juga: Mengenal Core Web Vitals dan Cara Optimasinya

Alasan LCP Penting

LCP Adalah: Pengertian dan Cara Mengoptimalkannya

LCP sendiri sangat penting untuk Anda perhatikan sebab ia akan mempengaruhi apakah website Anda mampu di muat dengan cepat saat di akses atau tidak. Di mana jika website Anda lambat untuk di muat saat di akses itu akan berpengaruh pada kenyamanan pengunjung website Anda dan nantinya. Di mana hal itu akan berpengaruh pada penilaian Google yang buruk pada website Anda.

Hal ini bukanlah tanpa sebab, karena saat ini pengunjung suatu web berharap web mereka akses dapat di muat dengan cepat. Bilamana website memerlukan waktu yang sedikit lebih lama untuk di akses bukan tidak mungkin para pengunjung akan keluar website sebelum semua halaman selesai dimuat. Tidak hanya itu, mereka juga akan memberikan pandangan buruk pada website yang memiliki kecepatan memuat halaman yang lambat yang mana hal ini akan membuat mereka enggan kembali lagi ke website Anda.

Oleh sebab itu, LCP hadir sebagai indikator yang menunjukan seberapa cepat website Anda dapat di akses oleh pengunjung. Tidak hanya itu, matrik ini juga memiliki kaitan erat dengan konversi yang masuk di suatu website. Di mana semakin cepat website kenyamanan pengunjung dalam menjelajahi isi website akan naik sehingga memungkinkan terjadinya konversi. Oleh sebab itu, matrik ini sangat penting, bukan hanya sebagai hal teknis semata namun juga dapat menjadi bagian penting untuk membantu mencapai tujuan bisnis menggunakan website.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Website dengan Mudah

Cara Mengoptimalkan LCP

Untuk mengoptimalkan LCP sendiri ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan. Beberapa cara tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Optimasi Image

LCP Adalah: Pengertian dan Cara Mengoptimalkannya

Jika Anda memperhatikan setiap indikator dalam LCP, maka Anda dapat melihat bahwa sebagian besar masalah yang terjadi pada matrik ini muncul pada gambar atau image. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengoptimasi image dalam situs Anda sehingga masalah pada matrik LCP Anda dapat teratasi hingga 80%.

Beberapa optimasi yang dapat Anda lakukan pada image antara lain adalah ukuran gambar dan besar ukuran filenya. Di mana ukuran yang tidak sesuai dengan web akan membuat indikator matrik ini memburuk, oleh sebab itu Anda harus pastikan setiap gambar yang Anda letakkan pada website sudah memiliki ukuran yang tepat.

Selain itu, Anda juga harus memastikan ukuran file gambar tidak terlalu besar, umumnya ukuran yang terlalu besar akan membuat image semakin lama untuk dimuat. Di sarankan Anda melakukan kompres pada gambar hingga berada di ukuran kurang dari 100 KB. Tidak hanya itu, jika Anda melakukan editing pada gambar, kami sarankan Anda melakukan editing secara offline, sebab editing online cenderung menghasilkan ukuran yang besar,

2, Optimasi CSS

LCP Adalah: Pengertian dan Cara Mengoptimalkannya

Cara mengoptimalkan nilai LCP berikutnya adalah dengan memastikan Anda hanya menggunakan CSS yang Anda perlukan saja. Sebab CSS yang tidak terpakai atau tidak di perlukan cenderung membuat nilai LCP semakin besar yang menandakan bahwa website semakin sulit untuk di muat. Namun, jika Anda sudah meminimalisir penggunaan dari CSS dan nilai LCP Anda masih belum optimal, maka Anda dapat menggunakan solusi lain yaitu melakukan minify pada CSS Anda.

3. Optimasi Javascript

LCP Adalah: Pengertian dan Cara Mengoptimalkannya

Selain CSS, code JavaScript juga menjadi salah satu hal yang sering menjadi penyebab LCP tidak optimal. Hal ini bisa terjadi lantaran adanya banyak kode Javascript yang kurang optimal dari segi LCP karena sudah tidak terpakai lagi. Oleh sebab itu, penting bagi Anda melakukan optimasi pada kode JavaScript tersebut. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan optimasinya sendiri adalah dengan menghapusnya ataupun melakukan minify dan kompresi pada kode tersebut.

4. Gunakan Penyedia Server Terbaik

LCP Adalah: Pengertian dan Cara Mengoptimalkannya

Server yang kami maksud dalam hal ini adalah hosting yang Anda gunakan untuk menyimpan data website Anda. Di mana server atau hosting ini dapat menjadi salah satu penyebab kenapa LCP tidak optimal. Oleh sebab itu, penting untuk mencari penyedia server terbaik untuk website Anda.

Namun, perlu di akui bahwa cara ini adalah cara yang cukup mahal untuk dilakukan. Sebab server yang berkualitas tentunya memiliki harga yang cukup tinggi untuk menggunakannya. Namun, meskipun biaya yang Anda butuhkan cukup besar, ini merupakan investasi yang sepadan untuk mengoptimalkan LCP pada website Anda.

Namun, jika Anda keberatan untuk menggunakan server mahal dan ingin mencari penyedia jasa server lainnya, maka Anda harus memperhatikan beberapa poin penting. Beberapa poin penting tersebut adalah web servernya Nginx atau Litespeed, sudah menggunakan SSD, dan lokasinya harus Anda pastikan ada di Indonesia.

Penutup

Itulah tadi penjelasan mengenai LCP dan juga cara mengoptimalkannya. Melalui penjelasan di atas, dapat Anda ketahui bahwa LCP adalah poin penting yang perlu Anda perhatikan selalu untuk optimasi website. Selain itu, dengan mengoptimalkan LCP, Anda juga meningkatkan kenyamanan pengunjung website Anda. Di mana hal ini pada akhirnya dapat meningkatkan kemungkinan konversi yang masuk pada web sehingga akan memberikan keuntungan tambahan bagi Anda.

Namun jika Anda kesulitan dalam mengoptimalkan website Anda baik dari segi LCP ataupun backlink hingga SEO, maka Anda dapat menggunakan jasa SEO dan backlink Toprank. Dimana kami adalah digital marketing agency professional yang sudah berpengalaman dalam melakukan optimasi berbagai matriks di website maupun sosial media. Untuk itu, jangan ragu menggunakan jasa kami dalam upaya mengoptimalkan website Anda sekarang juga.

Published On: April 4th, 2024 / Categories: Website /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!