Ketahui Manfaat Optimasi Mesin Pencari dan Cara Kerjanya

admin

Ketahui Manfaat Optimasi Mesin Pencari dan Cara Kerjanya

Optimasi mesin pencari adalah teknik yang digunakan untuk memudahkan mesin pencari menemukan website untuk diletakkan di halaman rekomendasi utama. Teknik ini sering juga disebut dengan search engine optimization atau lebih mudah disingkat dengan SEO.

Kini hampir seluruh orang di dunia ini pasti membutuhkan mesin pencarian untuk mencari informasi. Berdasarkan kebutuhan tersebut, akhirnya ada beberapa orang yang membuat konten SEO untuk menyediakan informasi sesuai kebutuhan pengunjung mesin pencari.

Dengan menyediakan informasi tersebut, tentu orang yang membuat konten SEO juga akan mendapat keuntungan. Tidak heran jika kini membuat konten SEO juga menjadi salah satu pekerjaan yang sangat diinginkan oleh mayoritas orang.

Hal ini karena cara kerja membuat konten untuk masuk ke dalam halaman rekomendasi utama google sebenarnya mudah dilakukan jika tahu caranya. Jika Anda ingin bekerja di bidang search engine optimization, sebaiknya pahami dulu apa saja manfaat dan bagaimana cara kerjanya.

5 Manfaat Optimasi Mesin Pencari

Search engine optimization merupakan sebuah teknik yang sangat menguntungkan jika Anda ingin bekerja membuat konten. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa dapatkan jika memakai teknik SEO.

1. Meningkatkan traffic

Manfaat utamanya adalah untuk meningkatkan traffic atau jumlah pengunjung. SEO bertujuan untuk memudahkan mesin pencari memilih website terbaik sesuai algoritma mereka. Jika google sudah memilih website terbaik, maka pasti mudah mendapatkan pengunjung.

Hal ini karena pengunjung biasanya mengunjungi website di halaman rekomendasi utama google, karena lebih merepotkan jika harus mengunjungi halaman lain. Sehingga kemungkinan Anda akan mendapat pengunjung yang menggunakan kata kunci sama akan lebih besar.

2. Mendapatkan target yang tepat

Dengan optimasi mesin pencari, Anda juga bisa mendapatkan target pengunjung yang tepat. Hal ini karena sistem google akan mengarahkan pengunjung ke beberapa rekomendasi website dengan kata kunci sesuai.

Itu sebabnya dalam pembuatan konten SEO di dalam website, Anda harus memasukkan kata kunci atau keyword untuk mendapatkan pengunjung yang tepat. Sebelumnya, Anda harus melakukan riset terhadap kata kunci yang paling banyak digunakan oleh para pengunjung.

Misalnya Anda menemukan bahwa kata kunci paling banyak digunakan oleh pengunjung adalah digital marketing agency Jakarta, maka pastikan menggunakan kata kunci tersebut. Tujuannya adalah untuk menemukan orang – orang yang memang ingin mencari tahu tentang digital marketing.

3. Meningkatkan kepercayaan pengunjung

Dengan menggunakan teknik SEO, setiap website yang terpilih oleh google nantinya akan mendapat kepercayaan pengunjung, bahkan kepercayaan ini juga bisa terus meningkat. Alasannya adalah karena setiap website terpilih biasanya merupakan website yang berkualitas.

Kepercayaan pengunjung juga akan semakin meningkat jika Anda terus mempertahankan kualitas sebuah website. Misalnya dengan tidak menambahkan spam iklan dan mengarahkan pengunjung untuk mendapat informasi tepat. Kepercayaan ini juga bisa meningkatkan hasil.

4. Meningkatkan kualitas brand

Jika Anda menggunakan optimasi mesin pencari untuk bisnis, maka manfaat lainnya adalah untuk meningkatkan kualitas sebuah brand. Hal ini karena brand sebuah bisnis bisa dipandang lebih baik lagi, melalui kemudahan pengunjung mendapatkan informasi tentang bisnis tersebut.

Caranya adalah dengan meletakkan berbagai informasi di dalam sebuah website bisnis. Kemudian pastikan menggunakan teknik SEO untuk meningkatkan potensi terpilihnya website oleh sistem google. Dengan begitu pengunjung akan mudah menemukan website bisnis Anda.

Misalnya Anda menjalankan bisnis atau jasa SEO, maka pastikan membuat website untuk memudahkan pengunjung menghubungi Anda. Masukkan kata kunci yang relevan dan masukkan semua informasi secara lengkap yang berkaitan dengan jasa tersebut.

5. Optimasi mesin pencari sebagai sarana promosi

Selain untuk meningkatkan kualitas brand, search engine optimization juga bermanfaat sebagai sarana promosi selama 24 jam tanpa henti. Hal ini karena mesin pencarian tidak memiliki waktu istirahat. Jadi Anda bisa memanfaatkannya untuk promosi selama mesin pencarian masih ada.

Apalagi Anda tidak tahu kapan pengunjung akan mencari tahu tentang sebuah produk. Jika mereka melakukan pencarian terhadap sebuah produk pada malam hari, maka Anda sudah tidak perlu repot melakukan pemasaran saat malam, karena pembeli tinggal membaca situs.

Setelah memahami apa saja manfaatnya, mungkin Anda bertanya – tanya bagaimana sebenarnya cara kerja search engine optimization. Hal ini karena memahami cara kerja SEO juga membantu memudahkan Anda bagaimana melakukan tekniknya.

Baca juga: Pengertian SEO On Page dan Optimalisasi

Cara Kerja Optimasi Mesin Pencari

Sebagai sebuah mesin pencarian, SEO bekerja berdasarkan algoritma yang telah dibuat dan diterapkan. Berikut adalah detail tentang tahap – tahap kerja SEO.

1. Tahap crawling

Tahap pertama yang dilakukan adalah crawling, yaitu ketika mesin pencarian melakukan pencarian informasi secara luas. Crawling dilakukan menggunakan bot seperti sedang meneliti sebuah website, agar mesin memahami apakah website tersebut berkualitas atau tidak.

Crawling menggali berbagai jenis informasi, termasuk isi konten, judul konten, kata kunci yang digunakan, gambar untuk konten dan bahkan internal link yang ada di dalamnya. Crawling tidak pernah berhenti dilakukan oleh google karena akan ada website baru setiap harinya.

2. Tahap indexing

Tahapan selanjutnya adalah dengan melakukan indexing, yaitu ketika mesin pencarian sudah selesai mengumpulkan berbagai jenis informasi dari setiap website. Kemudian informasi – informasi tersebut disimpan dalam sebuah data base search engine berdasarkan kata kunci.

Jika proses crawling menunjukkan hasil yang bagus, biasanya website yang sesuai kaidah akan masuk ke dalam data base search engine tersebut.

3. Tahap processing

Tahap optimasi mesin pencari berikutnya adalah processing, yaitu ketika mesin pencarian menerima kata kunci yang digunakan oleh para pengunjung. Kemudian mesin pencarian google akan menemukan kata kunci paling relevan di data base search engine sebelumnya.

Tahap processing akan berlangsung dengan cepat, itu sebabnya Anda bisa langsung melihat berbagai website rekomendasi setelah memasukkan kata kunci.

4. Tahap calculating relevancy

Setelah melalui tahap processing, mesin pencarian google akan melakukan calculating relevancy atau membandingkan beberapa website, namun website yang dibandingkan sudah memiliki kata kunci sama.

Jika google merasa ada website paling bagus, maka website tersebut yang akan direkomendasikan dan siap dimunculkan untuk para pengunjung. Tahap calculating relevancy biasanya juga berjalan dengan cepat.

Baca juga: Audit SEO Website Wajib Dilakukan, Ini Langkah-Langkahnya

5. Tahap retrieval

Tahap berikutnya adalah retrieval yaitu ketika mesin pencarian memunculkan hasil website terpilih pada pengunjung. Tentunya dengan kata kunci sama. Google tidak hanya memunculkan 1 website saja, namun beberapa website dengan kata kunci sama dan berkualitas.

Pada tahap optimasi mesin pencari ini, pengunjung sudah bisa melihat halaman rekomendasi utama dari google. Kemudian klik salah satu website yang dianggap paling meyakinkan.

6. Tahap ranking

Tahap terakhir adalah dengan menentukan ranking. Itu sebabnya ada website dengan ranking 1 atau terletak di halaman utama rekomendasi paling atas, serta ada juga ranking lainnya di bagian bawah.

Dengan cara kerja tersebut, kini Anda memahami mengapa mesin pencarian google bisa menentukan mana website yang mereka pilih untuk masuk ke halaman rekomendasi utama. Dengan belajar teknik optimasi mesin pencari, Anda mungkin bisa sukses di bidang SEO.

Published On: September 5th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!