Audit SEO Website Wajib Dilakukan, Ini Langkah-Langkahnya

admin

Audit SEO Website Wajib Dilakukan, Ini Langkah-Langkahnya

Audit SEO website adalah salah satu hal yang perlu dilakukan jika ingin mengembangkan website secara optimal. Bukan hanya perlu dilakukan satu kali, namun perlu dilakukan secara rutin.

Mungkin Anda sudah tahu apabila SEO termasuk hal penting dalam pengembangan website. Tujuannya supaya situs menempati posisi atas pada halaman hasil pencarian search engine.

Meskipun begitu, menerapkan SEO On Page maupun Off Page saja tidak cukup. Anda perlu melakukan audit guna memastikan SEO yang diterapkan telah berjalan efektif.

Apa Itu Audit SEO Website?

Apakah Anda telah menerapkan teknik SEO Agency untuk mengembangkan website namun hasilnya belum kelihatan? Mungkin saja, teknik yang diterapkan masih kurang tepat atau belum sesuai dengan standar Google.

Mendapatkan posisi paling atas pada halaman hasil pencarian search engine merupakan keinginan semua pemilik website. Akan tetapi, bukan perkara mudah untuk membawa situs menempati ranking atas.

Anda membutuhkan optimasi mengikuti kaidah SEO dari Google supaya bisa mendapatkan hasil yang dikehendaki. Lantas, supaya tahu proses optimasi situs telah tepat atau belum, perlu melakukan audit.

Audit SEO website ialah serangkaian pemeriksaan secara mendalam pada performa SEO guna mengetahui kemungkinan masalah yang terjadi. Apabila ada masalah pada SEO situs, tentu dapat segera diperbaiki.

Ketika ingin menjalankan pemeriksaan ini akan memerlukan ketelitian. Sebab seluruh aspek perlu diperiksa secara mendalam. Bukan sekedar diperiksa secara sekilas.

Setelah melakukan pemeriksaan, Anda bisa menemukan bagian mana saja yang butuh diperbaiki. Mungkin ada pula bagian yang perlu dioptimasi lebih banyak.

Lantas, apakah hasil audit setiap situs akan sama? Tentu saja berbeda sebab setiap situs pasti mempunyai struktur, konten dan teknik optimasi tersendiri.

Jadi, tidak mungkin untuk menyontek hasil audit dari situs lainnya. Harus melakukan audit pada situs sendiri lantas melakukan perbaikan sesuai keperluan.

Melalui SEO audit, Anda dapat menganalisis performa situs untuk memastikan seberapa baik kemunculannya pada halaman hasil pencarian search engine. Setelah melakukan perbaikan, situs Anda bisa bersaing dengan kompetitor.

Pastikan untuk melakukan audit secara rutin. Agar situs senantiasa mempunyai performa tinggi untuk jangka waktu yang lama.

Baca juga: Contoh SEO On Page, Dapatkan Peringkat Paling Atas SERP

Alasan Mengapa Perlu Melakukan Audit SEO Website

SEO audit termasuk salah satu aktivitas penting dalam mengembangkan situs. Apabila tidak melakukannya, ada risiko situs tidak tampil pada halaman hasil pencarian search engine. Ini dia beberapa alasan penting mengapa perlu melakukan audit.

1. Menemukan Masalah Teknis

Alasan pertama mengapa perlu melakukan SEO audit ialah guna menemukan masalah teknis. Masalah teknis tentu perlu segera ditemukan dan diperbaiki.

Apabila masalah teknis dibiarkan begitu saja tanpa ada upaya penyelesaian, ada risiko Google kesulitan melakukan indeks pada website Anda. Ada sejumlah masalah teknis yang umum pada situs, yakni kecepatan, halaman error, URL rumit dan lainnya.

2. Menemukan Masalah SEO On Page atau Off Page

Alasan lainnya mengapa perlu melakukan audit ialah guna menemukan kemungkinan adanya masalah pada SEO On Page maupun Off Page.

Misalnya saja Anda sudah memesan konten berkualitas dari digital marketing agency namun rupanya masalah terletak pada internal link. Jadi, perlu memperbaiki bagian internal link.

Misalnya lagi Anda sudah berusaha merancang meta description secara menarik namun ternyata masih perlu ditingkatkan. Jadi, bisa memaksimalkannya supaya performa SEO lebih maksimal.

Anda juga bisa mengidentifikasi performa dari backlink. Tentu backlink perlu dipantau secara rutin untuk mengetahui apakah kehadirannya efektif atau tidak.

3. Mempermudah Merancang Strategi Konten

Setelah Anda memesan konten dari jasa SEO dan mengunggahnya pada situs, selanjutnya perlu melakukan audit. Ketika konten sudah terpasang pada situs selama beberapa waktu, sebaiknya segera lakukan SEO audit.

Tujuan audit ini ialah untuk menemukan kemungkinan masalah dan data penting. Misalnya saja menemukan data pengunjung, search volume terkait kata kunci tertentu dan lainnya. Berbagai data penting akan membantu dalam merancang strategi konten.

Panduan dalam Melakukan Audit SEO Website

Terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan dalam proses audit. Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan untuk memaksimalkan SEO pada situs.

 

1. Memeriksa Mobile-Friendly

Salah satu hal yang perlu dilakukan dalam proses audit SEO website ialah memeriksa apakah situs sudah mobile-friendly atau belum. Karena, kebanyakan orang melakukan pencarian melalui smartphone.

Cara memeriksanya bisa mengandalkan fitur Google’s Mobile-Friendly Tool. Cukup memasukkan situs pada kolom yang disediakan, Anda bisa memeriksa apakah situsnya mobile-friendly atau tidak.

Apabila situs Anda tidak mobile-friendly, Google’s Mobile-Friendly Tool akan memberi informasi mengenai bagian mana saja yang sebaiknya diperbaiki

2. Memperbaiki Kecepatan

Kecepatan situs termasuk faktor penentu ranking pada halaman hasil pencarian search engine. Oleh karenanya, Anda wajib memperhatikan kecepatan situs.

Upayakan untuk memaksimalkan kecepatannya melalui optimasi gambar. Pastikan tidak mengunggah gambar dengan size besar. Sebab akan berdampak buruk pada kecepatan website.

Kemudian, jangan lupa lakukan update pada hosting. Sehingga memori penyimpanannya lebih luas. Pastikan memeriksa kecepatan situs secara berkala.

3. Meningkatkan SEO On Page

Anda dapat meningkatkan SEO On Page melalui pencarian kata kunci secara tepat, memaksimalkan penulisan meta description, tag, slug dan lainnya. Tambahkan pula internal link secara rapi.

Ketika berupaya meningkatkan SEO On Page, tentu ada peluang situs akan menempati posisi atas pada halaman hasil pencarian search engine.

4. Memeriksa Broken Link

Broken link akan menurunkan kualitas pengalaman pengguna ketika berkunjung ke situs Anda. Jadi, jangan membiarkan terlalu banyak broken link supaya skor SEO tidak menurun.

Langkah Lanjutan dalam Melakukan SEO Audit

Masih ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk menyempurnakan proses audit SEO website. Ini dia beberapa langkahnya yang jangan sampai dilewatkan.

1. Memeriksa Trafik

Pastikan memeriksa traffic Anda beberapa bulan paling akhir. Lakukan pemeriksaan apakah grafiknya menurun atau meningkat. Apabila terjadi penurunan, tentu perlu menemukan masalah pada situs.

Sementara apabila grafiknya telah meningkat, jangan berpuas diri. Coba maksimalkan lagi supaya pengunjung situs bertambah lebih banyak.

2. Memastikan Situs di-index Google

Selanjutnya Anda perlu memastikan situs telah di-index oleh Google. Apabila tidak di-index, tentu pengunjung tidak dapat menemukan halaman situs Anda pada search engine.

Coba periksa melalui file robot.txt untuk memastikan halaman telah diatur “allowed”. Bisa juga memeriksa melalui site:namadomain.com guna menemukan informasi jumlah index situs.

3. Memeriksa Backlink

Backlink termasuk salah satu teknik SEO Off Page yang membantu meningkatkan ranking situs pada halaman hasil pencarian search engine. Jadi, pastikan memeriksa backlink dan menghapus yang kualitasnya buruk.

4. Memeriksa Technical SEO

Jangan lupa periksa bagian technical SEO, terutama di bagian struktur situs. Temukan adanya masalah pada teknikal situs. Lantas, segera perbaiki masalahnya.

5. Menganalisa Kompetitor

Menganalisa kompetitor juga tidak kalah penting dalam proses SEO audit. Coba amati apa saja yang dijalankan kompetitor untuk mengembangkan website. Anda perlu mengungguli kompetitor untuk mendapat peringkat tinggi pada halaman hasil pencarian search engine.

Audit pada situs perlu dilakukan untuk mengoptimalkan performa SEO. Mengetahui tentang audit SEO website akan sangat membantu dalam mendapatkan posisi atas pada halaman hasil pencarian search engine.

Published On: September 5th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!