Technical SEO Adalah Penentu Ranking Situs, Ini Alasannya

admin

Technical SEO Adalah Penentu Ranking Situs, Ini Alasannya

Technical SEO adalah salah satu hal penting dalam menjalankan proses SEO. Jadi, bukan sekedar menemukan keyword relevan dan membuat konten berkualitas pada website.

Sebuah situs juga wajib bagus secara technical, bukan hanya kontennya. Mungkin saja masih ada sebagian orang yang mengabaikan pentingnya strategi technical SEO.

Padahal, strategi ini mempunyai peran besar dalam membantu meningkatkan peringkat website. Jadi, mari mempelajari tentang technical SEO secara mendalam melalui artikel ini.

Technical SEO Adalah Proses yang Berhubungan dengan Hal Teknis

Ketika mendengar kata search engine optimization, apa yang muncul di benak Anda? Apakah langsung berpikir mengenai kata kunci atau keyword yang tersemat pada konten?

Tentu pemikiran seperti itu bukan sesuatu yang salah. Akan tetapi, sebenarnya terdapat hal penting lainnya yang ikut memengaruhi peringkat website di search engine, yakni technical SEO.

Technical SEO adalah proses optimasi situs yang berhubungan dengan hal-hal teknis. Tujuannya ialah meningkatkan peringkat situs pada search engine.

Jadi, penerapan teknik ini tidak berhubungan secara langsung dengan keyword atau kata kunci. Namun lebih fokus pada beragam elemen teknis pada suatu website.

Ketika menerapkan technical SEO, situsnya akan bekerja secara lebih cepat. Kemudian search engine juga akan lebih mudah dalam melakukan crawling pada website termasuk memahami isinya.

Terdapat berbagai elemen penting terkait strategi ini, mulai dari crawling, indexing, rendering hingga website architecture. Sangat berbeda dengan pembuatan konten yang memerlukan keyword, bukan?

Beragam elemen tersebut akan sangat mempengaruhi tampilnya website pada halaman hasil pencarian search engine. Jadi, tidak boleh hanya fokus ke satu elemen.

Apakah Anda masih meragukan pentingnya technical SEO? Strategi ini sungguh penting diterapkan sebab akan membantu memastikan situs bisa di-crawl oleh search engine tanpa terkendala masalah.

Jadi, akan memudahkan mesin pencari untuk memahami maupun mengindeks situs. Apabila suatu situs tidak bisa diakses oleh crawler, tentu saja tidak akan di-indeks.

Lantas, ketika suatu situs tidak bisa di-crawl maupun di-index, tidak akan bisa muncul pada halaman hasil pencarian. Bukankah memunculkan situs di halaman hasil pencarian adalah dasar dari SEO?

Baca juga: Cara Kerja SEO On Page Supaya Pengunjung Berdatangan

Panduan dalam Menerapkan Technical SEO

Sesudah mengenali pengertian dari technical SEO, apakah Anda tertarik untuk mulai menerapkannya pada website? Jika ya, panduan dalam melakukan technical SEO adalah sebagai berikut.

1. Menerapkan SSL

Ketika website diawali dengan https://, maka sudah menerapkan SSL. SSL ini menjadi sistem keamanan bagi situs. Sehingga mampu melindungi privasi para pengguna internet yang berkunjung ke situs Anda.

2. Menerapkan Technical SEO Menggunakan Plugin

Coba manfaatkan plugin SEO supaya konten bisa sesuai dengan pedoman SEO. Misalnya menggunakan plugin SEO di CMS yang dipakai. Anda bisa memanfaatkan fitur plugin yang memberi peringatan pada konten yang belum memenuhi standar SEO.

3. Menciptakan Sitemap

Sitemap ialah suatu daftar yang memuat seluruh halaman situs di mana dapat diakses oleh pengunjung, termasuk juga mesin browser. Sitemap akan membantu situs supaya mudah ditemukan oleh search engine dan di-indeks dalam waktu cepat.

4. Mengandalkan Google Analytics

Google Analytics termasuk salah satu fitur Google yang memberikan manfaat penting. Karena membantu untuk mengetahui perilaku para pengunjung atau audiens dari situs Anda.

Google Analytics akan membantu memantau pergerakan pengunjung suatu situs. Termasuk berapa lama mereka ada di dalamnya hingga halaman mana saja yang mempunyai pengunjung paling banyak.

5. Menggunakan Google Search Console

Bukan hanya perlu menggunakan Google Analytics, Anda juga perlu menggunakan Google Search Console. Fitur tersebut dapat dimanfaatkan dalam melihat domain apa saja yang sudah menyematkan link menuju situs.

Baca juga: Pengertian SEO On Page dan Optimalisasi

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Technical SEO

Ada beragam hal penting yang sebaiknya Anda perhatikan ketika menerapkan technical SEO. Berikut ini sejumlah faktor penting yang berkaitan dengan technical SEO.

1. Kecepatan Situs

Suatu website pasti mempunyai kecepatan loading tersendiri. Ada website yang dapat terbuka dalam waktu cepat, kurang dari satu detik. Ada pula yang kecepatannya lebih lambat hingga melebihi 5 detik.

Jadi, salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam technical SEO adalah kecepatan situs. Kira-kira berapakah waktu paling ideal bagi situs untuk melakukan loading?

Kecepatan paling disarankan ialah kurang dari dua detik. Saat pengguna internet gagal membuka situs Anda dalam waktu dua detik, ada kemungkinan mereka akan meninggalkan situsnya.

Bukan hanya pengunjung yang lebih menyukai website dengan kecepatan loading di bawah 2 detik. Mesin pencari juga menyukai situs yang kecepatan loading-nya tinggi.

2. Tidak Ada Duplikat Konten

Jangan pernah membuat duplikat konten pada situs. Karena, akan membingungkan pembaca. Bahkan, akan membuatnya lebih sulit masuk ke halaman pertama SERP.

Apabila kesulitan membuat konten, cukup gunakan jasa SEO. Anda dapat memesan konten sebanyak yang diperlukan. Jadi, tidak akan ada duplikat konten.

3. Menghindari Thin Content

Thin content ialah konten yang hanya mempunyai sedikit informasi, sehingga kurang bernilai bagi pengunjung. Ketika ada thin content, mungkin saja pengunjung jadi enggan kembali lagi ke situs Anda.

Lantas, akhirnya berdampak pula pada halaman website lain. Sehingga menurunkan peringkat situs Anda pada halaman hasil pencarian search engine.

4. Mengelola Dead Link

Dead link ialah hyperlink pada suatu situs yang mengarah ke halaman lain di mana sudah tidak ada lagi. Umumnya halaman tersebut sudah dihapus atau dipindahkan. Anda perlu mengelola dead link agar jumlahnya tidak terlalu banyak.

Mengapa Technical SEO Diperlukan oleh Website?

Terdapat berbagai hal penting dalam technical SEO yang perlu dipersiapkan secara matang. Apabila seluruh bagiannya dapat dipahami dan diterapkan dengan baik, tentu akan memberikan beragam keuntungan berikut.

1. Mempengaruhi Brand Awareness

Alasan mengapa perlu menerapkan technical SEO adalah untuk membantu meningkatkan brand awareness yang berdampak pula pada kredibilitas bisnis. Ketika menerapkan strategi ini, tentu website akan mampu menempati posisi atas pada halaman hasil pencarian.

Lantas, akan lebih banyak orang yang berkunjung ke website. Biasanya orang-orang tersebut berkunjung karena memang memerlukan informasi yang Anda tampilkan pada situs.

2. Technical SEO Memudahkan Konversi

Traffic organik juga akan lebih mudah dikonversi ketika mengandalkan teknik ini. Sehingga situs berhasil menempati posisi atas pada halaman hasil pencarian, ada banyak orang yang akan berkunjung, bukan?

Jika terjadi hal demikian, tentu peluang untuk meningkatkan konversi juga lebih besar. Pengunjung bisa dikonversi menjadi pembeli, lantas, mungkin saja akan menjadi pelanggan loyal.

3. Meningkatkan Traffic

Peningkatan traffic ialah manfaat yang sudah pasti didapatkan apabila berupaya menerapkan technical SEO. Traffic juga akan meningkat dalam jangka waktu lama sehingga sangat bermanfaat bagi bisnis.

Akan tetapi, Anda juga perlu menyediakan konten berkualitas. Misalnya dengan mengandalkan artikel SEO dari digital marketing agency jakarta.

Peningkatan traffic secara organik ini tentu lebih baik dan optimal. Jika dibandingkan dengan meningkatnya traffic ketika mengandalkan fitur berbayar. Namun, tentu perlu waktu cukup lama untuk mendapatkan hasilnya.

Jadi, sangat penting untuk menerapkan technical SEO pada website. Mempelajari technical SEO adalah langkah penting untuk membantu website meraih posisi atas di halaman hasil pencarian search engine.

Published On: September 4th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!