Manfaat SEO Off Page, Bisa Datangkan Traffic

admin

Manfaat SEO Off Page, Bisa Datangkan Traffic

Seorang blogger atau pemilik website mungkin sudah tidak asing lagi dengan manfaat SEO Off Page. Sehingga menerapkannya untuk mengoptimalkan situs. Namun, apakah Anda sudah tahu?

Semua orang pasti menginginkan website-nya menempati posisi paling atas halaman pencarian Google. Karena akan membantu meningkatkan traffic, brand awareness sampai menaikkan angka penjualan.

Lantas, sebenarnya apa saja manfaat dari penerapan SEO Off Page? Mari menyimak beberapa manfaatnya secara detail dalam artikel ini.

Apa Pentingnya Menerapkan SEO Off Page?

Sebelum manfaat SEO Off Page, mari cari tahu dahulu apa pentingnya hal tersebut. Pasti Anda sudah tahu bahwa ketika mesin pencari mengevaluasi suatu situs akan memperhatikan sisi on-page dan off-page.

Apabila membahas ranking Google, Anda perlu tahu bahwa Google menggunakan berbagai faktor untuk menentukan nilai suatu situs. Mulai dari faktor internal hingga eksternal.

Berbagai faktor tersebut dihitung menggunakan formula khusus yang dimiliki oleh Google tanpa mempublikasikannya secara gamblang. Akan tetapi, banyak pihak yang melakukan riset untuk mengamati seperti apa cara kerja Google.

Misalnya saja Moz, sebuah perusahaan yang berkecimpung dalam dunia SEO, mengungkapkan bahwa SEO Off Page mampu mempengaruhi sampai 50% penilaian Google.

Jadi, tingkat peringkat website pada mesin pencari pasti dipengaruhi oleh off-page. Bukan sekedar dipengaruhi oleh faktor on-page. Biasanya SEO Off Page berkaitan dengan link building, social media marketing dan social bookmarking.

Digital marketing agency Jakarta termasuk salah satu jasa yang dapat diandalkan untuk keperluan SEO Off Page. Misalnya melakukan link building untuk suatu website.

Ketika seseorang mencari mencari informasi terkait suatu brand, umumnya akan mengantongi pendapat atau review dari orang terdekat. Misalnya saja dari keluarga, teman, saudara bahkan mungkin seorang kenalan di media sosial.

Biasanya seseorang membutuhkan bekal informasi dari orang lain yang didapatkan secara online maupun offline. Lantas, akan mencari informasi lebih detail mengenai brand melalui internet.

SEO Off Page akan berperan memberi tahu mesin pencari misalnya Google bagaimana pendapat pengunjung tentang website Anda. Lantas, membantu menjadikan website sebagai otoritas melalui peningkatan visibilitas.

Teknik tersebut juga akan menjadikan pengunjung menyebut brand Anda dan menghubungkannya ke konten website Anda. Jadi, bukankah cukup penting untuk menerapkan SEO Off Page?

Baca juga: Contoh SEO Off Page Link Building hingga Content Marketing

Manfaat SEO Off Page untuk Website

SEO Off Page tentu saja sangat bermanfaat bagi suatu website. Jadi jangan sampai enggan menerapkannya. Berikut ini sejumlah manfaat penerapannya.

1. SEO Off Page Membantu Memperoleh Traffic

Setiap orang yang membuat website, pasti ingin memperoleh traffic tinggi. Entah itu hanya untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Apakah Anda juga menginginkan hal sama?

Namun, dalam hal SEO, bukan perkara mudah untuk membuat suatu website langsung tampil pada halaman pertama Google. Biasanya memerlukan waktu cukup lama untuk bisa meraih peringkat tersebut.

Melalui SEO Off Page, website akan mampu mengumpulkan traffic bukan hanya dari jalur organic search. Contohnya saja melalui akun media sosial milik perusahaan yang mencantumkan link website pada postingan IG story maupun tweet.

Cara tersebut cukup efektif dalam membantu menambahkan click pada konten website. Apabila hanya mengandalkan jalur organic search tentu akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menambahkan click pada konten.

2. Memperoleh Real Authority

SEO tidak cukup hanya mengandalkan konten berkualitas. Sebuah website juga memerlukan jasa backlink pbn berkualitas agar memperoleh otoritas nyata. Backlink termasuk dalam SEO Off Page.

Backlink ialah dukungan untuk suatu situs dari situs lain. Setiap backlink akan memberi tahu search engine bahwa konten yang dihubungkan cukup berharga, kredibel dan bermanfaat.

Jadi, coba saja membuat konten yang bagus misalnya dengan memesan melalui Jasa SEO Jakarta. Lantas, buat backlink menggunakan situs lain sebagai strategi SEO Off Page.

3. Meningkatkan Peringkat pada Search Engine

Apabila website sudah mempunyai banyak backlink berkualitas dari situs lainnya yang relevan, maka Google akan memberikan peringkat atas di halaman pertama. Pengaruh eksternal ini sangat membantu meningkatkan peringkat permanen.

Manfaat Penerapan SEO Off Page Lainnya

Masih ada beberapa manfaat SEO Off Page lainnya, terutama untuk bisnis. Ini dia sejumlah manfaat lain yang sebaiknya Anda tahu.

1. Membantu Menjangkau Audiens Baru

SEO Off Page termasuk salah satu strategi yang membantu membangun kredibilitas situs bagi Google. Sehingga memungkinkan untuk membangun otoritas situs yang melampaui batas.

Lantas mampu membuka kesempatan dalam menjangkau audiens baru yang belum pernah mengenal nama merek sebelumnya. Jadi, audiens baru akan mulai mengenal merek terkait dari backlink yang dihubungkan di situs lain.

Baca juga: Pengertian SEO Off Page dan Panduan Optimasinya

2. Kesempatan Besar untuk Bersaing dengan Kompetitor

Mungkin sudah banyak bisnis yang mempunyai website di masa sekarang. Akan tetapi, pasti setiap bisnis mempunyai strateginya tersendiri untuk mengembangkan website-nya. Jadi, ada kemungkinan kompetitor Anda tidak menerapkan SEO Off Page.

Jika terjadi hal demikian, tentu saja Anda punya kesempatan jauh lebih besar untuk bersaing dengan kompetitor. Jadi, hasilnya akan lebih maksimal apabila menerapkan SEO On Page sekaligus SEO Off Page.

3. Website Lebih Terkenal

Menerapkan SEO Off Page tentu akan membuat website jauh lebih terkenal. Contohnya ketika menyematkan website di postingan media sosial, kolom komentar situs lain, hingga mengandalkan social bookmark.

4. Menerapkan SEO Off Page dapat Meningkatkan SERP

SERP (Search Engine Result Pages) ialah halaman hasil search engine. Melalui peningkatan SERP, halaman situs Anda dapat dipantau berapa peringkatnya pada hasil pencarian Google Search Engine.

Meningkatnya SERP juga akan memberikan manfaat lain. Misalnya saja situs dapat muncul pada halaman pertama dan nomor awal hasil pencarian. Lantas, traffic juga akan bertambah lebih banyak.

Mengapa Perlu Menerapkan SEO Off Page?

Setelah membaca berbagai manfaat SEO Off Page, mungkin Anda masih ragu mengapa harus menerapkannya. Mungkin saja sebagian orang masih berpikir bahwa cukup hanya dengan mengandalkan SEO On Page. Ini beberapa alasan mengapa harus menerapkannya.

1. Memperoleh Traffic

Seperti sudah disinggung di atas, SEO Off Page akan membantu mendatangkan traffic. Jadi, tentu saja Anda perlu menerapkan teknik ini supaya mendapatkan banyak traffic.

2. Meningkatkan Kepercayaan pada Website

Ketika website punya peringkat tinggi di halaman hasil pencarian search engine, pengguna internet pasti punya kepercayaan tinggi. Mengingat mesin pencari yang memberikan rekomendasi tersebut untuk pengguna internet.

Tentu saja mesin pencari memberikan rekomendasi yang relevan dengan pengguna internet. Lantas, mereka akan memperoleh informasi yang diperlukan.

3. SEO Off Page dapat Meningkatkan Brand

Apabila Anda berkecimpung dalam dunia bisnis, SEO Off Page akan membantu meningkatkan brand awareness. Ketika brand awareness meningkat, ada banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh.

Misalnya saja ketika website berhasil menempati posisi halaman pertama hasil pencarian search engine. Maka, akan ada banyak orang yang mengenal website Anda. Jadi, secara tidak langsung menjadi promosi bagi bisnis untuk memperoleh konsumen baru.

4. Promosi Berkelanjutan

Anda bisa memanfaatkan teknik untuk menjalankan promosi 24 jam tanpa membutuhkan banyak dana atau tenaga. Bandingkan dengan mengandalkan fitur Ads di mana harus membayar biaya.

SEO Off Page termasuk proses optimalisasi yang dilaksanakan dari luar website. Manfaat SEO Off Page ada banyak sekali mulai dari mendatangkan traffic hingga menjadi promosi berkelanjutan.

Published On: Agustus 28th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!