Mengenal Apa Itu Website, Fungsi dan Contohnya

toprank fadhil

Apa itu website

Website atau situs adalah salah satu media yang banyak digunakan saat ini. Selain dapat digunakan untuk mempromosikan produk maupun brand secara efektif, ia juga ampuh untuk meningkatkan awareness dari brand. Oleh sebab itu, tidak heran banyak bisnis yang mencari jasa pembuatan website profesional untuk dapat membantu mereka membuat website yang menarik. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai website, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Website?

Mengenal Apa Itu Website, Fungsi dan Contohnya

Pada dasarnya website adalah halaman atau sekumpulan halaman yang saling terhubung satu sama lain dan dapat diakses oleh siapa saja melalui link dan jaringan internet. Di mana di dalam situs tersebut ada halaman yang setiap halamannya saling terhubung dan memiliki alamat unik atau biasa dikenal sebagai URL nya masing-masing.

Selain itu, Anda juga akan menemukan berbagai informasi di tiap halamannya, seperti gambar, video, hingga teks dan juga audio. Hal yang membuat media ini menjadi menarik adalah ia mampu untuk memuat berbagai fitur menarik yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah promosi brand atau produk, seperti form kontak hingga komentar.

Web sendiri dibagi menjadi dua elemen penting, yakni dari sisi client-side dan juga server-side. Di mana client side sendiri adalah bagian yang dapat dilihat oleh audiens melalui browser seperti Google Chrome dan sejenisnya. Sedangkan dari segi server-side adalah bagian yang tersembunyi atau tidak terlihat oleh audiens. Umumnya bagian ini berisikan berbagai file dan data yang diolah oleh web server.

Baca juga: Perbedaan Blog dan Website yang Sebenarnya

Fungsi Website

Website memiliki berbagai fungsi penting saat ini. Selain menjadi media informasi yang dapat membantu audiens menemukan jawaban akan pertanyaan tertentu, ia juga memiliki beberapa manfaat berikut:

1. Membangun Branding Bisnis

Apa Itu Website

Fungsi pertama adalah membangun branding bisnis. Di mana, di era digital ini, bisnis memiliki peluang untuk melakukan branding kepada banyak orang dengan lebih mudah menggunakan media-media online. Untuk itu, dengan membuat web untuk bisnis, maka bisnis Anda akan semakin mudah untuk dikenal oleh banyak orang di berbagai daerah.

Selain itu, hal ini juga merupakan langkah awal yang perlu dilalui dalam tahapan marketing sebelum pelanggan melakukan konversi atau pembelian. Di mana jika pelanggan mau membali produk atau menggunakan sebuah jasa, umumnya mereka akan menggunakan produk atau jasa dari brand yang memang sudah mereka kenal.

Untuk itu, penting bagi Anda membuat situs web untuk bisnis. Selain dapat meningkatkan kesadaran brand, web juga mampu memperbesar kemungkinan terjadinya konversi.

2. Menyediakan Informasi Produk dan Jasa

Apa Itu Website

Web Anda juga dapat berfungsi sebagai sarana informasi akan produk atau jasa yang akan Anda tawarkan pada bisnis Anda. Tidak seperti media online lainnya yang memiliki batasan dalam memberikan informasi akan produk dan jasa, web mampu memberikan kebebasan untuk menuliskan secara detail informasi terkait dengan produk dan jasa.

Hal ini membuat media ini menjadi media yang sangat mumpuni untuk menampilkan berbagai informasi penting terkait produk atau jasa dengan detail. Di mana hal ini akan menghindarkan brand dari kesalahpahaman atau fitnah yang berusaha untuk menjatuhkan brand tersebut.

3. Menjual Produk atau Jasa secara Online

Apa Itu Website

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, bahwa web mampu menjangkau banyak orang di seluruh dunia ini. Untuk itu, ia dapat menjadi media yang sangat ampuh untuk menjual produk atau jasa yang di tawarkan dengan lebih mudah secara online.

Selain itu, dengan menggunakan media ini untuk menjual produk atau jasa juga akan meningkatkan efisiensi transaksi yang masuk. Di mana audiens atau pelanggan dapat memesan produk kapan saja dan di mana saja. Hal ini juga pada akhirnya dapat meningkatkan kesempatan terjadinya konversi yang mungkin terjadi dalam web tersebut.

4. Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Apa Itu Website

Fungsi lainnya adalah mampu meningkatkan keterlibatan pelanggan. Keterlibatan dalam hal ini lebih menjurus ke arah engagement yang mana hal ini termasuk komentar ataupun respon yang masuk . Engagement sendiri secara pengertian merupakan interaksi audiens dengan bisnis Anda dalam ranah online, seperti di media sosial atau website.

Di mana dengan menggunakan web, audiens Anda akan mampu memberikan reaksi untuk setiap postingan konten yang Anda buat, Hal ini bukan hanya akan menarik engagement dari mereka saja, namun juga dapat menjadi langkah strategis untuk membuat audiens lebih terlibat dengan brand. Nantinya hal ini dapat menumbuhkan sifat loyalitas yang di miliki oleh audiens terhadap brand.

Baca juga: Tips Membuat Judul Blog yang Menarik

5. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Apa Itu Website

Fungsi terakhir adalah mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan Anda. Di mana seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya di awal poin bahwa pelanggan akan cenderung membeli produk pada brand yang memang sudah mereka kenal.

Untuk itu, dengan menggunakan web hal itu akan membuat brand Anda semakin mudah di temukan di mesin pencari dan akan meningkatkan popularitas dari brand Anda. Di mana pada akhirnya hal ini akan meningkatkan kepercayaan dari pelanggan terhadap brand Anda secara keseluruhan.

Contoh Website Bisnis

Berikut adalah beberapa contoh website bisnis yang dapat Anda coba tiru atau dapat Anda gunakan sebagai inspirasi jika ingin membuat website bisnis.

1. Tokopedia

Mengenal Apa Itu Website, Fungsi dan Contohnya

Sebagai salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia hingga saat ini, Tokopedia memiliki website yang user-friendly. Di mana dalam website  mereka Anda dapat menemukan berbagai info menarik terkait dengan berbagai jenis produk untuk berbagai kategori, mulai dari fashion, elektronik, dan masih banyak lagi.

Selain itu, dalam website Tokopedia Anda juga dapat melihat berbagai katalog produk mereka yang mana hal ini bisa Anda manfaatkan untuk membandingkan harga produk. Dengan keberadaan website ini, Tokopedia memudahkan pelanggan mereka mencari tahu berbagai produk yang ada di toko mereka dan pada akhirnya memungkinkan terjadinya transaksi yang ada di sana.

2. Traveloka

Mengenal Apa Itu Website, Fungsi dan Contohnya

Selain Tokopedia, Traveloka juga memiliki website khusus untuk menawarkan berbagai produk perjalanan mereka, Website mereka sendiri tidak hanya di desain user-friendly, namun juga memiliki desain yang keren.

Di dalam website mereka, Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai penawaran produk hotel, tiket perjalanan, hingga tempat wisata yang pastinya akan sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan. Selain itu, dalam website mereka Anda juga dapat dengan mudah mencari dan membandingkan harga tiket perjalanan serta menemukan penawaran hotel terbaik.

Dengan adanya website ini, Traveloka bukan hanya akan memudahkan pemesanan tiket selama liburan bagi para pelanggan mereka, namun juga akan memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam merencanakan perjalanan para pelangganya.

Penutup

Itulah tadi beberapa pemahaman mengenai apa itu website, mulai dari pengertian hingga fungsinya. Dengan membaca informasi yang kami berikan di atas, seharusnya Anda sudah paham seberapa penting website bagi brand atau bisnis saat ini. Untuk itu, tidak heran banyak brand besar yang mulai mengembangkan website mereka masing-masing.

Jika Anda tertarik juga untuk mengembangkan website bisnis Anda sendiri, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan website dari agency digital marketing Toprank. Dengan jasa kami, akan kami pastikan website untuk brand Anda bukan hanya menarik namun juga menjual. Untuk itu, jangan ragu hubungi kami sekarang untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai berbagai layanan kami.

Published On: April 2nd, 2024 / Categories: Website /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!