Moz Adalah? Pengertian dan Fitur di Dalamnya

Dedi

Moz

Moz adalah salah satu tools SEO yang saat ini banyak digunakan. Selain karena memiliki banyak fitur menarik dan berguna, Moz juga menawarkan fitur analisis website yang mampu memaparkan berbagai data penting terkait dengan website Anda. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai Moz Anda dapat simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Moz

Moz tool SEO yang dikenal efektif untuk mengoptimalkan suatu website sesuai dengan standar SEO yang berlaku. Mungkin banyak yang mengira bahwa alat ini hanya dapat digunakan untuk melakukan riset keyword saja, namun faktanya hal itu tidaklah benar. Selain dapat melakukan riset keyword dengan optimal, Moz juga dapat membantu untuk melakukan hal lain seperti link explorer, dan rank tracker.

Dengan memanfaatkan Moz dengan baik, Anda bukan hanya membuka peluang untuk meningkatkan traffic pada website Anda namun juga meningkatkan kemungkinan terjadinya konversi di dalam website. Untuk itu, tidak heran tool ini banyak disukai, khususnya bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia SEO.

Baca Juga: Ahrefs Adalah? Pengertian dan Manfaatnya

Manfaat Menggunakan Moz

Berikut ini adalah beberapa manfaat dalam menggunakan Moz yang dapat Anda peroleh.

1. Domain Authority

Salah satu manfaat utama menggunakan Moz adalah mampu mengukur data termasuk domain authority website Anda. Domain Authority sendiri merupakan alat ukur yang sering digunakan sebagai tanda apakah website tersebut kredibel atau tidak. Semakin tingga domain authority suatu website maka semakin tinggi kredibilitas website tersebut. Di mana hal ini akan membantu Anda untuk membandinkan nilai yang website Anda peroleh dengan nilai dari website lain yang serupa.

Dengan mengetahui tingkat domain authority website Anda, Anda dapat menyusun ulang strategi SEO Anda untuk bisa mengalahkan website tersebut.khususnya dari segi domain authority.

2. Data yang Diberikan Lengkap

Tidak hanya domain authority, Anda juga dapat memperoleh data-data lain yang penting dari website Anda, seperti traffic, jumlah backlink dan masih banyak lagi. Mengetahui semua data ini akan sangat berguna bagi Anda untuk menyusun ulang strategi SEO yang tepat untuk Anda terapkan. Tidak hanya itu, dengan mengetahui data-data tersebut, Anda juga bisa menentukan seberapa banyak tindakan yang perlu Anda ambil untuk mengoptimalkan strategi SEO Anda dalam website.

3. Terdapat Fitur MozBar

Ada hal menarik dari tool Moz ini, di mana dalam tool ini Anda akan memiliki akses ke fitur khusus bernama MozBar yang akan membantu Anda untuk membuat profil khusus untuk pencarian regional. Dengan menggunakan fitur ini, Anda akan bisa melihat hasil dari strategi SEO yang Anda terapkan yang berasal dari berbagai daerah. Fitur ini akan membantu Anda untuk dapat bersaing dengan berbagai bisnis sesuai dengan daerah yang Anda targetkan.

Baca Juga: Perbedaan SEO dan SEM yang Harus Anda Ketahui

Fitur-Fitur Moz

Setelah mengetahui apa saja manfaat dan pengertian dari Moz kini saatnya Anda mengetahui beberapa fitur menarik yang ada di Moz.

1. Link Explorer

Fitur pertama yang ada di Moz adalah link explorer. Fitur ini berguna bagi Anda yang ingin mencari tahu lebih lanjut tentang berbagai data suatu link. Sebagai contoh, jika link suatu domain dimasukkan dalam fitur ini Anda akan mengetahui berbagai data penting mereka, mulai dari domain authority hingga data jumlah trafik yang masuk.

Selain itu, ada juga fitur spam score dalam Moz. Di mana fitur ini akan memungkinkan Anda mengetahui spam score yang dimiliki oleh suatu link website. Bila mana link yang Anda coba telusuri informasinya di link explorer memiliki jumlah nilai skor yang besar hal itu menandakan bahwa tingkat spam di website tersebut cukup besar

2. Keyword Explorer

Hampir sama dengan tools SEO lainnya, Moz juga memiliki fitur keyword explorer yang memungkinkan Anda untuk dapat menelusuri berbagai jenis kata kunci dengan tema yang berbeda-beda. Melalui fitur ini Anda dapat mencari kata kunci paling potensial untuk Anda gunakan.

Secara umum, kata kunci potensial memiliki jumlah traffic yang lumayan tinggi namun dengan persaingan yang rendah sehingga akan memudahkan Anda untuk menang dalam kata kunci tersebut. Selain itu, di dalam fitur keyword explorer yang ada di Moz ini Anda juga akan dapat melihat data data penting website, mulai dari Organic CTR, monthly volume, hingga keyword difficult.

3. Site Crawl

Site crawl adalah fitur yang berbeda dengan fitur-fitur sebelumnya. Di mana jika fitur sebelumnya masih terkait dengan basic SEO, fitur site crawl ini sudah menjurus ke technical SEO. Dengan fitur ini Moz dapat mengidentifikasi apakah ada masalah atau tidak dari segi technical SEO yang ada di dalam website.

Fitur ini juga memungkinkan Anda mengetahui konten mana yang dirasa kurang maksimal sesuai standar Google, seperti jumlah kata terlalu sedikit, duplikasi konten, hingga website yang lambat dapat diidentifikasi dengan menggunakan fitur ini.

4. Rank Tracker

Hampir sama dengan tools SEO lain, Moz juga memiliki fitur untuk melacak peringkat website atau halaman website dalam hasil pencarian search engine Google.Fitur ini akan sangat berguna untuk mengetahui apakah konten atau halaman website yang Anda buat sudah teroptimasi dengan baik atau belum.

Selain itu, dengan menggunakan fitur ini Anda juga akan mengetahui apakah strategi SEO yang Anda terapkan sudah maksimal atau efektif untuk website Anda atau tidak. Di mana jika website Anda belum menghasilkan hasil yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan itu artinya strategi SEO Anda perlu Anda rombak kembali.

5. Page Optimization

Fitur lainnya yang dimiliki Moz adalah page optimization. Di mana fitur ini akan berguna bagi Anda yang ingin mengoptimalkan sebuah halaman dalam website. Dengan menggunakan fitur ini, Anda akan mengetahui skor untuk menandakan seberapa baik halaman tsb dioptimalkan pada kata kunci yang dituju. Semakin tinggi skor yang diperoleh ketika melakukan optimasi menggunakan fitur ini menandakan halaman itu semakin baik.

Dengan menggunakan fitur ini akan secara tidak langsung berkontribusi pada peningkatan peringkat halaman tersebut ataupun bahkan websitenya. Sehingga hal ini juga akan berpengaruh pada traffic yang akan Anda peroleh.

Penutup

Setelah mengetahui berbagai informasi mengenai Moz, mulai dari pengertian, manfaat dan juga fitur-fitur di dalamnya seharusnya Anda sudah paham seberapa besar kontribusi dari alat ini pada performa website nantinya. Untuk itu, jika Anda ingin meningkatkan performa website melalui strategi SEO, kami sarankan Anda untuk mencoba menggunakan Moz secara langsung.

Selain itu, jika Anda tidak tahu cara mengoperasikan Moz ataupun tidak tahu strategi SEO apa yang sesuai untuk memaksimalkan performa website bisnis Anda, maka Anda dapat menggunakan jasa digital marketing agency Toprank. Di mana Toprank sendiri merupakan agency marketing profesional yang berfokus dalam menawarkan jasa SEO. Dengan pengalaman dan pengetahuan yang luas akan SEO, Toprank akan menjadi partner terbaik bagi Anda yang ingin memaksimalkan performa website Anda secara maksimal.

Published On: Maret 8th, 2024 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!