Plugin Sitemap WordPress Terbaik dan Cara Menerapkannya

admin

Plugin Sitemap Wordpress Terbaik dan Cara Menerapkannya

Plugin sitemap WordPress terbaik merupakan salah satu teknik SEO penting dalam optimasi website WordPress. Pengunjung dan bot mesin pencari bisa melihat struktur website lebih baik.

Sitemap memberikan pengalaman pengguna lebih baik, serta informasi akurat bagi mesin pencari untuk crawling. Penerapannya sangat penting bagi Anda yang ingin memaksimalkan efektifitas halaman website.

Terlebih dahulu Anda harus paham yang dimaksud dengan sitemap WordPress, kegunaan serta cara kerjanya dalam membantu SEO. Sehingga halaman Anda mudah dicari dan dinikmati pengguna. Berikut pembahasan selengkapnya.

Mengenal Apa Itu Plugin Sitemap WordPress Terbaik

Sitemap merupakan sebuah daftar semua URL publik pada website Anda. Efektif membantu pengunjung dan mesin pencari menjelajahi semua URL lebih mudah. Selain itu juga menentukan seberapa penting setiap halaman dalam struktur website.

Plugin sitemap WordPress terbaik membantu memberikan informasi ke mesin pencari serta pengunjung ketika ada postingan baru. Mesin pencari seperti Google juga akan segera tahu bahwa ada halaman web yang belum pernah diindeks.

Bermanfaat juga untuk mempermudah navigasi, menunjukkan struktur serta hierarki halaman dengan daftar lengkap URL. Membantu memaksimalkan SEO website serta membuat tampilan jadi lebih user-friendly.

Ada dua jenis sitemap WordPress yang biasa dipakai jasa SEO yaitu XML dan HTML. Setiap jenis ini memiliki peran penting dan cara kerja masing-masing. Extensible Markup Language (XML) digunakan saat submit ke mesin pencari.

Menggunakan XML memungkinkan mesin pencari akan menemukan konten dengan lebih mudah sebab menyediakan metadata serta konteks lengkap. Sementara HTML menyediakan link mewakili semua halaman dengan format HTML.

HTML sitemap menyajikan halaman public dengan lebih user-friendly. Pengunjung jadi lebih mudah menavigasi. Penggunaan keduanya baik XML maupun HTML secara bersamaan akan memberikan pengalaman pengguna lebih optimal hingga menaikkan rangking web.

Anda bisa menggunakan cara manual atau plugin sitemap WordPress terbaik untuk membuatnya. Pembuatannya lebih mudah dan fokus saat sudah tahu apa saja manfaatnya bagi website Anda.

Baca juga: Apa Itu Anchor Text, Macam dan Tips Membuatnya

Manfaat Sitemap WordPress bagi Website

Saat ini masih banyak pemilih web maupun blogger yang belum menggunakan sitemap dengan baik padahal manfaatnya sangat besar. Bagi Anda yang belum menggunakannya, manfaat berikut ini bisa jadi pertimbangan.

1. Menaikkan Visibilitas

Visibilitas adalah tingkat keterlihatan website di mesin pencari. Hal ini berpengaruh pada banyaknya kunjungan dan traffic. Tingginya kunjungan dan traffic dapat ditingkatkan dengan penambahan sitemap seperti yang dilakukan banyak jasa SEO.

Saat konten ditemukan web crawling, googlebot akan menelusuri tautan lain yang ada di menu navigasi. Konten akan terlihat oleh pengunjung yang kemudian memancing mereka untuk membuka.

2. Mengatur Arsitektur Konten

Memainkan fungsi untuk mengamati struktur website dan seluruh konten didalamnya. Pembuatannya melalui perhitungan yang cermat terkait susunan serta skema link berurutan.

Pengaturan konten seperti ini bukan hanya bisa dikerjakan oleh digital marketing agency Jakarta, Anda juga bisa melakukannya sendiri. Sehingga nanti saat terjadi kesalahan akan lebih mudah teridentifikasi untuk kemudian diperbaiki.

3. Mempertegas Arah Website

Manfaat lainnya adalah menjaga relevansi, khususnya yang memuat berita atau blog pribadi. Yaitu melalui sitemap, anchor text atau potongan teks tautan yang dapat di-klik pada masing-masing konten.

Tautan internal atau halaman akan semakin banyak. Jika strategi internal link yang relevan ini berhasil, maka situs Anda akan makin kuat dan mudah ditemukan oleh mesin pencarian internet.

4. Mempercepat Index Mesin Pencari

Adakalanya konten sangat lama terindex, solusinya pengelola website harus menggunakan plugin sitemap WordPress terbaik berisi semua konten. Hal ini akan membuat web crawler lebih cepat mengindex halaman.

Terutama untuk web dengan isi ratusan atau lebih konten di dalamnya, umumnya pengindeksan lebih lama. Maka perlu ditunjang oleh sitemap serta dukungan anchor text yang relevan agar informasi mudah dipahami.

Baca juga: Apa itu Technical SEO? Berikut 8 Aspek Wajibnya

Plugin Sitemap WordPress Terbaik

Anda bisa memanfaatkan jasa dari digital marketing agency Toprank untuk membuat tampilan website friendly bagi semua pengguna. Tapi jika ingin membuatnya sendiri bisa mencoba 7 plugin terbaik berikut ini.

1. Yoast SEO

Plugin sitemap WordPress terbaik yang pertama adalah Yoast SEO. Plugin populer ini bisa dinikmati secara gratis dan berbayar. Anda bisa menambahkan SEO Title, Slug URL, Meta Description pada setiap artikel ataupun halaman yang akan di-publish.

2. All in One SEO Pack

Plugin ini sudah terinstall di lebih dari 3 juta website. Fiturnya tidak kalah powerfull dibanding plugin lain. Dilengkapi dengan XML, optimasi SEO title, meta tag dan banyak lagi. Memungkinkan adanya integrasi dengan Google Analytics untuk memantau traffic.

3. SEO Ultimate

SEO Ultimate memberikan penawaran menarik dikemas dalam bentuk modules. Di antaranya terdapat 404 Monitor, Rich Snippet Creator, Slug Optimizer, Permalink Tweaker Canonicalizer, dan Link Mask Generator.

4. FV Simpler SEO Pack

Salah satu kelebihan FV Simpler SEO Pack ini adalah gratis. FV Simpler SEO Pack menawarkan interface sederhana dan mudah dimengerti. Sangat cocok Anda yang masih pemula dan ingin mendalami SEO.

5. Google XML

Tools ini sangat simple dan mudah digunakan sebab tidak banyak tombol didalamnya. Bagi pemula sangat direkomendasikan untuk menggunakannya sebab prosesnya juga cepat dan minim kesalahan.

6. Plugin Sitemap WordPress Terbaik SEO Friendly Images

Sangat cocok bagi yang suka menulis artikel listicle dengan banyak gambar, menambahkan alt image dan title. Dengan plugin ini akan memperbesar peluang konten Anda masuk halaman utama mesin pencarian internet.

Cara Membuat Sitemap WordPress dengan Yoast SEO dan Google XML

Penggunaan sangat mudah, bisa dipelajari melalui berbagai ulasan di internet. Berikut cara penggunaan plugin Yoast SEO dan Google XML yang bisa diikuti dengan mudah oleh para blogger.

1. Yoast SEO

Tools populer ini dapat digunakan secara gratis dengan langkah sebagai berikut:

  • Langkah pertama adalah Login ke halaman admin WordPress.
  • Klik menu Plugins > Add New kemudian lanjutkan dengan mencari Yoast SEO.
  • Setelah menemukannya segera klik instal now, lanjutkan dengan active.
  • Masuk halaman SEO pada dashboard lalu pilih General, lanjutkan dengan Klik pada tab Features untuk melihat pengaturan.
  • Selanjutnya, nyalakan fitur dengan klik tombol ON kemudian simpan perubahan.
  • Periksa tautan dengan klik ikon tanda tanya dan pilih opsi Lihat Sitemap XML, sampai di sini sudah selesai.

2. Google XML

Langkah-langkah yang perlu dilakukan sangat singkat di sini. Anda yang baru pemula bisa langsung menggunakannya meski tanpa tutorial, cukup ikuti instruksi yang sudah jelas seperti di bawah ini

  • Login ke halaman wp-admin, seperti menggunakan Yoast SEO.
  • Kedua masuk menu “plugins” selanjutnya bagian “add new” perlu Anda pilih.
  • Cari “Google XML Sitemaps” di kolom pencarian selanjutnya bisa di-klik install dan tunggu sampai selesai.
  • Setelah aktif Anda bisa mengkonfigurasikan dari menu “Settings > XML-sitemap”
  • Setelah semuanya dikonfigurasikan silahkan klik “Update Option”
  • Anda bisa langsung memeriksa halaman dengan mengakses http://namadomain.com/sitemap.xml untuk hasilnya.

Cukup sederhana langkah yang perlu diikuti dari kedua contoh tools di atas. Untuk yang lain Anda bisa mencobanya sendiri dengan memasang atau install satu diantara plugin sitemap WordPress terbaik tersebut.

Published On: Oktober 13th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!