Screaming Frog adalah: Pengertian dan Manfaatnya

Dedi

screaming frog

Screaming frog adalah salah satu tools yang banyak digunakan oleh para digital marketer ataupun para penyedia jasa SEO. Alat ini sendiri dapat dengan mudah membantu Anda untuk mengetahui dan memaksimalkan berbagai poin penting dalam SEO On-Page. Jika Anda belum mengetahui apa itu Screaming frog dan juga manfaat menggunakannya, berikut ini adalah penjelasan lebih lanjutnya.

Pengertian Screaming Frog

Pada dasarnya Screaming Frog adalah salah satu dari sekian banyak tools SEO untuk membantu tugas para digital marketer. Biasanya tools ini dimanfaatkan hampir mirip dengan seperti Google crawler yang memungkinkan Anda mengidentifikasi masalah yang mungkin saja muncul saat sedang melakukan audit masalah SEO on page dari situsnya. Tidak hanya daftar masalah yang dapat diberikan alat ini, namun tips atau saran yang sesuai untuk perbaikan website menjadi lebih baik juga dapat Anda temukan dengan menggunakan alat ini.

Selain itu, Screaming Frog juga dapat diartikan sebagai tool yang dirancang untuk meng crawl website, mengumpulkan data, hingga optimasi SEO untuk sistem kerjanya sendiri sebenarnya tidak terlalu rumit, di mana ketika Anda ingin website Anda muncul dalam hasil pencarian Google maka Anda harus memastikan bahwa Google dapat melakukan crawl pada website Anda. Jika hal itu tidak bisa dilakukan maka website Anda tidak akan dapat muncul dalam daftar hasil pencariaan Google.

Hal tersebut akan sangat merugikan, sebab dengan tidak bisanya Google melakukan crawl, maka hal itu akan menghilangkan opportunity yang mungkin saja masuk melalui website. Untuk itulah tools ini hadir bukan hanya untuk memaksimalkan performa yang dimiliki website Anda namun juga memastikan bahwa setiap bagian dari website Anda dapat berjalan lancar selama proses crawl oleh Google.

Baca Juga: Semrush Adalah? Pengertian dan Manfaatnya

Manfaat Screaming Frog

Penggunaan Screaming Frog dalam memaksimalkan strategi SEO mampu memberikan berbagai manfaat positif bagi bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat tool ini yang telah kami rangkum untuk Anda.

1. Mendeteksi Broken Link

Manfaat pertama dari penggunaan Screaming Frog adalah mendeteksi broken link pada website. Dalam SEO broken link merupakan salah satu hal yang seharusnya tidak boleh ada di dalam website, selain dapat mempengaruhi peringkat hal ini juga dapat mempengaruhi cara pandang Google pada website Anda. Di mana ketika ada banyak broken link yang dimiliki website Anda maka website Anda akan dinilai buruk oleh Google.

Oleh sebab itu, tools ini hadir sebagai solusi untuk membantu Anda mengidentifikasi berbagai broken link yang ada di dalam website Anda. Selain itu, dengan mengetahui broken link yang ada di dalam website menggunakan Screaming Frog hal ini akan memudahkan Anda untuk tahu tindakan apa yang tepat untuk memaksimalkan performa website Anda. Tidak hanya itu, dengan mengatasi berbagai broken link yang muncul di dalam website Anda, hal itu juga akan berpengaruh pada tingkat bounce rate dan peringkat SEO website Anda.

2. Mendeteksi Konten Duplikat

Manfaat berikutnya dari Screaming Frog adalah mampu untuk mendeteksi konten yang dinilai duplikat. Kadang kala Google mendektiksi berbagai konten yang dinilai bagi mereka duplikat walaupun sebenarnya tidak. Untuk itu, dengan menggunakan tools ini hal itu bisa Anda ketahui lebih awal sehingga memudahkan Anda untuk mengetahui tindakan yang tepat yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena bukan hanya akan mempersulit konten website Anda untuk di index Google, namun juga akan membuat performa website Anda turun. Selain itu, dengan memastikan tidak adanya konten duplikat atau yang diidentifikasi sebagai duplikat, hal itu akan memudahkan Anda untuk meningkatkan pengalaman pengunjung web Anda menjadi lebih baik lagi.

3. Mendeteksi Title Tag yang Kosong

Dalam strategi SEO, title tag menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam setiap halaman. Di mana title tag bukan hanya akan berpengaruh pada minat pembaca untuk menelusuri halaman, namun juga akan berpengaruh pada bagaimana Google akan mengidentifikasi halaman tersebut. Jika judul yang ditampilkan tidak sesuai dengan isi dalam halaman hal ini bukan hanya akan berpengaruh buruk pada pandangan pembaca pada website Anda, namun juga akan berpengaruh buruk pada kredibilitas website Anda di mata Google.

Selain itu, seringkali title tag juga lupa ditambahkan atau dianggap tidak penting untuk ditambahkan dalam halaman website sehingga mengurangi kelengkapan informasi yang ada. Untuk itu, dengan menggunakan tools ini hal itu Anda bisa identifikasi dan perbaiki segera. Screaming Frog akan membantu Anda menemukan title tag yang kosong sehingga Anda bisa segera melengkapinya dengan title tag yang sesuai dengan halaman tersebut.

4. Melakukan Audit Scheduling

Manfaat lainnya adalah mampu melakukan audit scheduling pada website Anda. Di mana dalam hal ini Screaming Frog mampu untuk melakukan audit secara berkala sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Hal ini akan memastikan setiap masalah yang muncul pada website akan segera diidentifikasi dan dapat segera diatasi.

Selain itu, hal ini juga akan memastikan bahwa website Anda selalu pada kondisi prima yang memungkinkan website Anda untuk selalu bertahan pada posisi yang baik di hasil mesin pencarian Google. Namun perlu diingat, fitur ini sebenarnya hanya ada pada versi berbayar dari Screaming Frog, sehingga bisa dikatakan ini merupakan salah satu bentuk investasi yang bisa sangat menguntungkan bagi website Anda.

5. Analisis Halaman yang Tidak Terindeks

Manfaat terakhir dari Screaming Frog dalam daftar kami adalah mampu melakukan analisis halaman secara menyeluruh pada halaman yang tidak terindeks. Hal ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki website dengan banyak halaman yang mana seringkali beberapa diantaranya tidak dapat diindeks oleh Google dengan berbagai alasan.

Untuk itu, dengan adanya Screaming Frog kejadian seperti itu bisa Anda hindari agar tidak terjadi. Tools yang satu ini akan memastikan bahwa setiap halaman di website Anda mampu untuk diindeks oleh Google. Bila mana ada yang tidak diindeks ia akan segera mendeteksinya sehingga Anda bisa mengambil tindakan segera agar halaman-halaman tersebut dapat diindeks ulang oleh Google.

Baca Juga: Perbedaan SEO dan SEM yang Harus Anda Ketahui

Penutup

Itulah tadi pengertian dan juga beberapa manfaat yang dapat diperoleh website Anda jika menggunakan Screaming Frog. Selain mampu meningkatkan peringkat setiap halaman dalam website, Screaming Frog juga dapat berpengaruh pada tingkat kredibilitas website Anda di mata pembaca ataupun mesin pencarian Google. Untuk itu, tidak heran banyak bisnis yang menggunakan tool ini untuk memaksimalkan strategi SEO Anda.

Selain itu, jika Anda ingin memaksimalkan strategi SEO bisnis Anda dengan efektif, Anda bisa menggunakan jasa digital marketing agency Toprank. Di mana Toprank sendiri merupakan salah satu digital marketing agency yang berfokus menawarkan jasa SEO beserta optimasinya. Jika Anda tertarik, jangan ragu untuk segera menghubungi kami sekarang juga untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai strategi SEO yang ingin Anda terapkan pada website bisnis Anda.

Published On: Maret 7th, 2024 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!