Tools Cek Backlink yang Direkomendasikan untuk Pemilik Web

admin

Tools Cek Backlink yang Direkomendasikan untuk Pemilik Web

Tools untuk cek backlink membantu cara optimasi SEO dengan baik sehingga peluang situs menempati rank pertama sangat besar. Ketatnya persaingan di dunia digital harus membuat Anda peka dan selalu mau belajar hal baru untuk bersaing dengan para kompetitor.

Kami akan menyebutkan apa saja toolsnya, seperti apa penjelasannya, dan tentunya perbedaan semuanya. Jasa digital marketing agency Jakarta bisa menjadikan penjelasan di bawah ini sebagai referensi untuk nantinya bisa menggunakan tools dengan tepat.

Periksa Tautan Balik dengan SEMRush

SEMRush adalah satu di antara sekian banyak tools cek backlink yang cukup terkenal dan sudah banyak digunakan pengelola situs. Sudah memeriksa triliunan backlink, Anda dapat memanfaatkan SEMRush untuk keperluan situs sendiri atau untuk memeriksa kompetitor.

Cara menggunakannya mudah, tinggal buat akun di SEMRush kemudian login menggunakan username akunnya. Setelah itu masuk ke bagian Backlink Analytics kemudian input domain yang ingin diperiksa, setelah itu silakan lihat hasilnya.

Karena penerapan link ini membutuhkan referensi terbaik dari situs lain maka Jasa SEO dapat menggunakannya untuk melihat performa situs lain. Terdapat beberapa layanan bisa dijalankan, di antaranya untuk memeriksa gap, untuk audit, juga untuk membangun link.

SEMRush menyediakan tiga jenis paket dengan hitungan berlangganan dalam dolar mulai dari 99 sampai 300-an dollar AS. SEMRush sudah digunakan sebagai tools cek backlink sejak lama sehingga bisa menjadi referensi terbaik bagi para pemilik dan pengelola situs saat ini.

SEMRush dapat menganalisis backlink pada domain, subdomain, juga yang terdapat pada URL. Jika ada yang hilang dan baru maka Anda akan mendapatkan notifikasi untuk mencari tahu kenapa hal tersebut terjadi dan apa upaya pencegahannya ke depan.

Periksa Tautan Balik dengan UberSuggest

UberSuggest bisa dibilang sebagai tool yang paling mudah digunakan karena tidak melalui serangkaian proses seperti tools lainnya. Anda bisa langsung menuju neil patel kemudian input nama domainnya dan lihat seperti apa komposisi tautan balik pada web.

Tetapi, tentunya jika ingin proses cek backlink lebih detail maka bisa melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu. Nantinya saat memiliki akun maka ada lebih banyak fitur bisa dinikmati, seperti overview dan kesempatan tautan balik sebesar apa.

UberSuggest juga menawarkan tiga jenis paket dengan lama waktu berbeda. Mulai dari harga 12 dolar AS per bulan, 20 dolar AS per bulan, sampai dengan 40 dolar AS per bulan. Berbeda jenis paket yang dipilih tentu akan berbeda juga kelengkapan layanan diterima.

Apapun jenis paketnya, semua pelanggan berkesempatan untuk mendapatkan analisis terhadap grafik pertumbuhan tautan balik. Kemudian juga menganalisis potensi linknya terhadap web, dan melakukan pelacakan tautan balik milik kompetitor.

Selain itu, kelebihan dari UberSuggest adalah ada filter tautan balik berbentuk data yang menjelaskan wilayah penggunaannya, siapa yang menggunakan, dan sebagainya. Tool cek backlink ini akan membantu pengelola situs mengoptimasi SEO situsnya dengan baik.

Ada banyak web dengan tema serupa di Google, tentu butuh upaya lebih besar agar bisa tampil pada halaman pertama Google. Begitu juga upaya untuk berbagai jenis mesin pencari lainnya, seperti Bing, Yahoo, dan masih banyak lagi.

Cek Backlink dengan Link Miner

Link Miner bisa menjadi alternatif berikutnya yang digunakan untuk memeriksa tautan balik. Link Miner merupakan salah satu andalan Mangools yang sudah memeriksa sebanyak triliunan data, meskipun secara angka memang masih di bawah SEMRush.

Link Miner memiliki fitur untuk memberikan notifikasi ketika ada tautan balik baru, juga tautan balik yang hilang. Sama seperti tools lainnya, untuk mendapatkan pelayanan maksimal dari Link Miner, Anda juga harus terlebih dahulu membuat akun untuk cek backlink di Link Miner.

Link Miner memberikan tiga jenis pilihan paket, mulai dari harga 39 dolar AS per bulan sampai termahal ada sebesar 79 dolar AS per bulan. Serunya, Anda bisa mendapatkan pelayanan gratis selama 10 hari pertama dimana hal tersebut dapat dijadikan waktu riset.

Anda bisa membuktikan sendiri seperti apa kualitas Link Miner dalam membantu optimasi SEO. Jika sudah yakin akan kualitasnya dan cocok dengan hasilnya maka pada hari kesebelas bisa langsung coba satu dari tiga pilihan paket di atas.

Link Miner memiliki kelebihan tampilan mudah dibaca sehingga hasil dari cek backlink akan mudah sekali dipahami, sekalipun oleh pemula. Kesempatan untuk memeriksa berbagai link yang keluar masuk menjadi ajang untuk melihat backlink berkualitas paling potensial yang seperti apa.

Dengan mengetahui sasaran mesin pencari secara tepat maka selanjutnya Anda dapat menerapkan strategi tersebut ke peluang sendiri. Sudah tahu Google menargetkan tautan seperti apa, maka sisanya Anda tinggal mengupayakan tautan kesukaan Google saja.

Periksa Tautan Balik dengan OpenLinkProfiler

OpenLinkProfiler adalah pilihan berikutnya dengan berbagai kemudahan dan kepraktisan. Tidak seperti tools lainnya, OpenLinkProfiler tidak mengharuskan Anda berlangganan, bahkan tidak harus membuat akun sama sekali untuk bisa cek backlink web.

Untuk menggunakannya mudah, tinggal masuk ke situs OpenLinkProfiler kemudian masukkan domainnya. Setelah itu akan tampil banyak tautan balik yang paling pas untuk web Anda. Hasil akhir setelah klik tombol Get Backlinks bisa beragam.

Anda dapat menemukan jumlah domain yang menuju ke situs, tautan balik yang rusak, peringkat domain, dan sebagainya. Berdasarkan hasil ini bisa menjadi acuan untuk mengembangkan dan mendorong situs Anda hadir dalam halaman pertama mesin pencari.

Tidak ada upgrade layanan atau versi premiumnya karena sepenuhnya OpenLinkProfiler ini dibuat secara gratisan. Anda bisa memanfaatkannya sebaik mungkin untuk cek backlink tanpa mengeluarkan biaya, namun mengambil berbagai kelebihannya.

Kelebihan OpenLinkProfiler adalah memberikan sajian data backlink selengkap mungkin. Tools ini juga sangat mudah digunakan dan praktis karena tidak perlu membuat akun terlebih dahulu. Namun, tentu fiturnya lebih terbatas dibandingkan yang berbayar.

Periksa Tautan Balik dengan Ahrefs

Tool terakhir yang bisa digunakan untuk memeriksa tautan balik oleh jasa backlink PBN adalah Ahrefs. Ahrefs adalah tools dengan fitur paling lengkap dan data yang diberikan pasti memadai sebagai acuan dalam melihat tautan balik dan dalam mengoptimasi SEO.

Ahrefs sebenarnya masih di bawah SEMRush dalam hal jumlah pemeriksaan data. Namun, masih berada di atas UberSuggest dengan jumlah yang sama-sama di angka triliunan. Dalam waktu maksimal 30 menit saja Anda bisa cek backlink menggunakan Ahrefs.

Cara mudah memeriksa menggunakan Ahrefs adalah masuk ke layanan Ahrefs Sites Explorer kemudian masukkan link yang ingin diperiksa. Berbagai data tautan balik ke situs Anda akan ditampilkan, begitu juga jika ingin melihat tautan balik pada link kompetitor.

Penggunaannya tidak sulit, ditambah lagi Ahrefs ini menyediakan fitur penggunaan gratis selama 7 hari. Jika ingin berlangganan bisa mulai paket dari harga 99 sampai 999 dolar AS per bulannya.

Sekian banyak tools yang kami rekomendasikan, Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Pastikan bahwa tools cek backlink pilihan Anda memang menjawab keperluan situs dan mampu mendorong situs mengungguli situs lainnya dengan tema serupa.

Published On: September 19th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!