12 Rekomendasi Website Gratis untuk Jualan

Dedi

website gratis untuk jualan

Website gratis untuk jualan bisa menjadi alat yang sangat penting bagi para pebisnis untuk memperluas jangkauan bisnis mereka dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Dalam era dimana hampir semua orang menggunakan smartphone, penggunaan platform online menjadi kunci dalam meningkatkan volume penjualan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memanfaatkan website gratis untuk jualan yang menawarkan fitur terbaik. Website merupakan platform di mana Anda dapat menawarkan layanan atau produk secara online kepada pelanggan di seluruh dunia. Di mana pengunjung memiliki kesempatan untuk menemukan berbagai informasi terkait bisnis Anda. 

Inilah Website Gratis untuk Jualan

Membuat website mungkin terdengar memerlukan biaya besar. Namun, jangan khawatir, ada opsi website gratis yang tersedia. Saat ini, terdapat banyak platform website gratis yang dapat adalah sesuaikan sesuai kebutuhan, termasuk untuk membuat website gratis untuk jualan. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. WooCommerce

Salah satu rekomendasi website gratis untuk berjualan yang pertama adalah WooCommerce. Platform ini merupakan salah satu platform e-commerce paling populer di dunia dan dapat digunakan dengan mudah tanpa biaya. WooCommerce merupakan platform toko online gratis yang terintegrasi dengan WordPress.

Meskipun disebut sebagai plugin, WooCommerce sebenarnya merupakan alat yang lengkap dengan berbagai fitur yang dibutuhkan dalam dunia e-commerce. Menginstal WooCommerce membawa banyak manfaat. Dengan WooCommerce, Anda dapat menjual berbagai jenis produk, baik barang fisik maupun produk digital.

Proses instalasi dan penggunaannya sangatlah mudah, bahkan bagi pemula sekalipun. Begitu juga dalam menambahkan produk ke toko, langkah-langkahnya mudah dan tidak memerlukan pengetahuan teknis khusus.

Dengan WooCommerce, Anda dapat mengendalikan operasi situs web secara penuh tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan yang banyak. Tersedia beragam desain tema WooCommerce yang dapat disesuaikan dengan produk yang Anda tawarkan untuk membuat toko online yang lebih menarik.

2. Wix

Wix adalah platform pembuat website yang sangat ramah pengguna. Platform ini membantu Anda membuat website dengan dua opsi. Yaitu dengan menggunakan metode drag-and-drop atau memanfaatkan perancang kecerdasan buatan ADI Wix.

Anda dapat menyesuaikan situs tanpa harus memiliki pengetahuan tentang pemrograman. Wix menjadi platform pembuatan toko online yang sempurna untuk membangun website gratis untuk jualan. Paket gratis mencakup domain, hosting, bandwidth, dan ruang penyimpanan hingga 500 MB.

Meskipun gratis, platform Wix menyediakan berbagai pilihan template yang dapat disesuaikan. Selain itu, Anda juga bisa mengakses berbagai koleksi ikon, gambar, clip art, dan aplikasi secara gratis. Keunggulan lainnya adalah adanya alat pemasaran yang berguna untuk mempromosikan situs web.

Contohnya, Anda dapat menggunakan email untuk berkomunikasi dengan pelanggan, bantuan SEO untuk optimasi kata kunci, dan alat lainnya.

3. Web.com

Salah satu rekomendasi website gratis untuk berjualan yang layak dipertimbangkan adalah Web.com. Web.com menawarkan beragam paket dengan harga terjangkau, memudahkan Anda dalam membuat situs web toko online. Dengan layanan ini, Anda akan mendapatkan bantuan hosting toko, domain yang dapat disesuaikan secara gratis, dan SSL yang sudah bersertifikat.

Anda bisa menampilkan hingga 500 produk di toko, menerima pembayaran dengan kartu kredit, melacak dan mengelola pesanan. Selain itu pengguna juga dapat menghubungkannya dengan halaman Facebook, dan aplikasi lainnya. Keuntungan lain dari Web.com adalah tersedianya layanan email yang aktif 24 jam setiap harinya, serta fitur chat langsung yang memudahkan interaksi dengan pelanggan.

4. Shopify

Shopify merupakan platform e-commerce yang menyediakan layanan hosting dan telah meraih popularitas yang signifikan dalam mengatasi berbagai aspek bisnis online. Dari pemesanan hingga pembayaran, pengiriman, dan keamanan pembayaran, semuanya dapat diatur dengan mudah melalui platform ini.

Dalam paket dasarnya, Shopify menyajikan sejumlah fitur yang termasuk toko online dengan tema yang dapat disesuaikan, aplikasi POS Shopify, dan beberapa saluran penjualan. Fitur-fitur ini menjadi kunci untuk meningkatkan penjualan toko online, dengan kemampuan untuk mengelola produk, melacak penjualan, dan memantau tren pertumbuhan.

Selain itu, dalam satu paket Shopify juga termasuk nama domain, hosting, tema, desain, dan pemasaran. Pengguna dapat memilih dari berbagai tema untuk perangkat seluler dan memanfaatkan ratusan aplikasi yang dapat meningkatkan fungsionalitas toko.

Shopify juga terintegrasi dengan berbagai platform media sosial, memungkinkan promosi yang mudah di beberapa saluran. Dengan kemudahan pengaturan dan pemeliharaan toko online, Shopify menjadi pilihan yang tepat bagi siapa pun yang mencari pendekatan praktis dalam bisnis e-commerce.

5. BuyNow Plus

Dengan BuyNow Plus, Anda dapat membuat tombol “buy now” yang dapat ditempatkan di situs web toko online mana pun. Untuk menggunakan BuyNow Plus, Anda perlu membuat akun Stripe secara gratis. Keunggulan dari platform ini adalah biaya transaksi yang rendah, hanya 2 persen, karena Stripe menetapkan biaya transaksi sendiri.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan BuyNow Plus untuk menangani pembayaran berulang dengan kartu kredit tanpa perlu membuat akun, yang memudahkan pelanggan. Namun, disayangkan BuyNow Plus tidak menawarkan fitur tambahan seperti pelacakan inventaris atau pembuatan situs web.

6. Square Online

Square Online telah terbukti menjadi platform e-commerce terkemuka yang memungkinkan Anda menjalankan aktivitas penjualan secara gratis. Ini sangat menguntungkan bagi Anda yang baru memulai bisnis online karena dapat menghemat biaya.

Salah satu keunggulan unik dari Square Online adalah adanya sistem POS yang dapat disinkronkan untuk mengakomodasi pembayaran offline dan online. Selain itu, Square Online juga menyediakan berbagai rencana dan sistem yang terkhususkan untuk restoran dan industri makanan.

Meskipun fitur-fitur versi gratis Square Online sudah cukup, versi berbayarnya menawarkan lebih banyak fitur. Dengan versi berbayar, Anda dapat menghubungkan nama domain secara khusus.

7. BigCommerce

BigCommerce adalah platform e-commerce atau website gratis untuk jualan yang dapat Anda coba gunakan. Dengan BigCommerce, Anda bisa mendapatkan layanan hosting all-in-one, membuat proses pembuatan toko online menjadi lebih mudah.

Platform ini juga menyediakan plugin WordPress yang bisa digunakan jika Anda memiliki situs yang ingin terintegrasi dengan BigCommerce. Meskipun tidak menyediakan paket gratis, Anda bisa mencoba platform ini secara gratis selama 15 hari di awal. Ini memungkinkan Anda untuk membuat toko dan memulai tanpa perlu membayar.

Salah satu keunggulan BigCommerce adalah tidak memerlukan detail kartu kredit untuk mengikuti uji coba gratis, serta menyediakan domain gratis. Penggunaannya juga sangat mudah, hanya dengan mendaftar, kemudian memberikan penjelasan toko secara rinci dan langsung menambahkan produk yang ingin dijual.

8. Big Cartel

Big Cartel merupakan platform toko online gratis yang dirancang khusus untuk para seniman dan kreator yang ingin memasarkan produk-produk unik mereka. Jika Anda berencana untuk menjalankan toko yang menitikberatkan pada penjualan produk handmade. Maka Big Cartel bisa menjadi alternatif yang layak untuk dipertimbangkan.

Kelebihan utamanya terletak pada paket gratis yang ditawarkan, di mana Anda tidak akan dikenakan biaya transaksi apapun. Selain itu, Anda juga dapat membuat URL toko tanpa perlu membayar biaya tambahan. Paket gratis ini juga memungkinkan Anda untuk menampilkan hingga 5 produk, yang berarti lebih hemat biaya dibandingkan dengan opsi gratis yang ditawarkan oleh platform e-commerce lainnya.

Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa kendala. Jika Anda ingin menyesuaikan tampilan tema situs web, Anda perlu melakukan pengeditan kode HTML tema tersebut. Hal ini dapat menjadi kompleks, terutama bagi pemula yang belum terbiasa dengan pengeditan kode.

9. Weebly

Meskipun tidak sepopuler beberapa platform lainnya, Weebly adalah salah satu website toko online gratis yang layak dipertimbangkan karena menawarkan layanan gratis untuk penggunaan awal. Keuntungan utama menggunakan Weebly adalah kemampuannya untuk menambahkan berbagai jenis produk, baik fisik maupun digital, ke toko Anda.

Platform ini dilengkapi dengan antarmuka drag dan drop yang mudah digunakan untuk membangun situs dan mengelola item. Tersedia sekitar 100 desain tema yang dapat dipilih sesuai preferensi Anda, serta fitur inventaris bawaan, pengiriman, dan manajemen pajak. Paket gratis Weebly juga menyediakan akses ke fitur chat, email, dan dukungan telepon.

10. Blogger.com

Umumnya, Blogger.com lebih dikenal dengan sebutan Blogspot karena situs tersebut menggunakan domain blogspot.com. Platform blog ini sebenarnya dimiliki oleh Google. Jika Anda tertarik untuk membuat website menggunakan Blogger.com, yang Anda perlukan hanya akun Google.

Meskipun hampir semua orang memiliki akun Google, disarankan untuk tidak menggunakan akun email pribadi saat ingin membangun toko online. Lebih baik membuat akun baru yang khusus untuk operasional toko online saja.

Membuat toko online gratis selamanya menggunakan Blogger.com cukup mudah. Setelah akun email Google untuk toko online telah siap, Anda bisa langsung mengunjungi Blogger.com dan mulai mengatur tampilan sesuai keinginan dan kebutuhan.

11. Opencart

Opencart merupakan sebuah platform Content Management System (CMS) open source yang khusus dirancang untuk membangun toko online sendiri. Dengan menggunakan Opencart, Anda dapat membuat toko online secara menyeluruh, termasuk front end dan back end.

Front end merujuk pada tampilan langsung dari toko online yang dilihat oleh pengguna saat mengakses situs, sementara back end adalah bagian administratif internal. Dengan Opencart, pemilik toko online dapat dengan mudah melakukan berbagai tugas, mulai dari menambahkan produk hingga memproses pesanan dari pelanggan.

Sebagai CMS open source, Opencart memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk menggunakan platform ini untuk tujuan komersial apapun.

12. Ecwid

Apakah Anda mencari solusi toko yang dapat terhubung dengan situs web yang sudah ada? Jika demikian, Ecwid adalah pilihan yang tepat. Bahkan jika Anda belum memiliki situs web, Ecwid juga menyediakan situs starter instan secara gratis.

Ecwid menawarkan paket gratis yang memberikan sejumlah manfaat. Setelah mendaftar, Anda dapat segera membuat situs web e-commerce yang berfungsi tanpa biaya tambahan. Platform ini memungkinkan Anda untuk menjual hingga sepuluh produk.

Anda akan menemukan berbagai fitur menarik di dalamnya, seperti keranjang belanja, kapasitas bandwidth tanpa batas, dan kemudahan integrasi dengan berbagai platform seperti WordPress. Selain itu, Ecwid menawarkan lebih dari 40 cara pembayaran dengan berbagai mata uang. Serta opsi penetapan tarif pengiriman secara real-time dari berbagai operator layanan pengiriman yang berbeda.

Baca Juga: 17+ Aplikasi Membuat Website Profesional dan Terbaik

Kesimpulan

Itulah beberapa website gratis untuk jualan yang bisa Anda pertimbangkan. Jika Anda ingin memiliki website yang profesional mulai dari tampilan dan isi kontennya, Anda bisa membuatnya di digital marketing agency Toprank Indonesia. Kami menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website profesional untuk mewujudkan situs web yang Anda inginkan.

Selain menyediakan Jasa Pembuatan Website, kami juga menyediakan layanan lain seperti Jasa SEO, Google Ads, Press Release Media Nasional dan Jasa Social Media Marketing. Untuk menggunakkan layanan digital marketing professional, silahkan hubungi kami sekarang!

Published On: Maret 13th, 2024 / Categories: Website /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!