Cara Membuat Website Sekolah Profesional dengan Mudah

toprank fadhil

Cara Membuat Website Sekolah

Website atau situs adalah salah satu media yang banyak digunakan untuk mencari informasi mengenai sesuatu hal, salah satunya terkait dengan pendidikan. Oleh sebab itu, sebuah sekolah akan sangat terbantu dalam hal promosi jika memiliki website. Di mana dengan menggunakan hal tersebut sekolah, sebuah sekolah akan dengan mudah dikenali oleh banyak orang di berbagai daerah.

Sayangnya, saat ini banyak sekolah yang enggan membuat website sekolah dengan alasan mahal dan juga rumit. Namun, hal tersebut tidaklah benar, sebab saat ini ada banyak cara membuat website sekolah yang tampak profesional dengan mudah bahkan tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar. Jika Anda ingin tahu, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Persiapan Membuat Website Sekolah

Sebelum membahas cara membuat website sekolah, mari pahami dahulu apa saja persiapan yang dibutuhkan untuk membuatnya. Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu siapkan:

Baca juga: Perbedaan Blog dan Website yang Sebenarnya

1. Domain

Cara Membuat Website Sekolah Profesional dengan Mudah

Persiapan pertama yang perlu Anda lakukan sebelum membuat website sekolah adalah dengan mempersiapkan domain yang akan Anda gunakan. Di mana Anda harus menentukan akan menggunakan jenis ekstensi domain yang mana, mulai dari .org, .net, hingga .xyz dan juga .com.

Namun, dikarenakan tujuan utama dari website ini adalah membuat situs resmi sekolah yang profesional, maka Anda disarankan menggunakan jenis ekstensi domain lain yaitu .sch.id. Di mana ekstensi domain tersebut menjadi pertanda bahwa domain yang akan Anda pilih dimiliki oleh institusi pendidikan tertentu.

Jika ekstensi domain sudah Anda tentukan, maka Anda hanya tinggal menentukan nama domain utama yang akan digunakan. Dalam hal ini, dikarenakan domain yang digunakan adalah untuk situs pendidikan maka disarankan menggunakan nama domain yang tidak aneh-aneh ataupun nama instansi pendidikan tersebut saja.

2. Hosting

Cara Membuat Website Sekolah Profesional dengan Mudah

Setelah melakukan pembelian pada domain yang Anda inginkan, maka langkah selanjutnya adalah membeli hosting. Hosting sendiri merupakan sebuah tempat di mana semua data web akan disimpan. Hosting ini juga penting karena ia yang akan membantu website Anda untuk ditampilkan kepada pengguna internet.

Saat ini, hosting sendiri dibagi menjadi beberapa jenis yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan masing-masing. Namun, karena dalam kasus ini Anda akan membuat website untuk sekolah maka disarankan Anda menggunakan jenis hosting untuk sekolah yang berbasis cloud. Keunggulan dari hosting cloud sendiri ada beberapa, diantaranya adalah mudah digunakan serta pengelolaan server yang mudah dilakukan.

Tidak hanya itu, dari segi penyimpanan sumber daya sendiri, hosting cloud menawarkan sumber daya penyimpanan yang sangat besar sehingga hal ini bisa mempercepat loading web dan meminimalisir downtime. Namun, hal ini juga tergantung dari jenis paket cloud yang nanti akan Anda pilih.

3. SSL Certificate

Cara Membuat Website Sekolah Profesional dengan Mudah

Jika hosting dan domain sudah siap maka langkah selanjutnya adalah membeli sertifikat SSL. Ini merupakan sertifikat yang penting guna memastikan kredibilitas dan keamanan website terjaga dengan baik.

Hal ini merupakan langkah yang sering dilupakan oleh sebagian besar orang dalam membangun website suatu instansi pendidikan. Walaupun tidak berdampak langsung pada kinerja website, namun sertifikasi SSL ini akan menjadi pengaman bila mana terjadi pertukaran data dalam situs, Selain itu, kredibilitas suatu instansi juga akan dipertanyakan mana kala situs resmi mereka tidak memiliki sertifikat SSL sama sekali di dalamnya

4. WordPress

Cara Membuat Website Sekolah Profesional dengan Mudah

Persiapan terakhir untuk membuat website sekolah yang profesional dan kredibel adalah dengan menggunakan WordPress sebagai CMS. Di mana melalui CMS WordPress ini Anda akan dapat mengatur tampilan dan juga berbagai fitur lain seperti menu dan tata letak pada situs. Selain itu, dengan menggunakan CMS WordPress Anda juga dapat mengelola berbagai konten yang ada di dalam situs sekolah.

Untuk menggunakan WordPress sendiri Anda dapat mengunduhnya langsung dalam server hosting yang Anda sudah beli sebelumnya. Bilamana WordPress sudah terinstall Anda tinggal mengkonfigurasikan dengan hosting beserta domain dan juga sertifikasi SSL yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

Baca juga: Jenis-Jenis Website yang Harus Anda Tahu

Cara Membuat Website Sekolah Profesional

Bilamana semua persiapan sudah selesai, maka Anda tinggal membuat website sekolah yang profesional sesuai dengan keinginan Anda. Berikut cara membuat website sekolah profesional yang sudah kami rangkum untuk Anda:

1. Install WordPress

Cara Membuat Website Sekolah Profesional dengan Mudah

Sebenarnya untuk menginstal WordPress ada banyak cara yang dapat Anda lakukan. Namun salah satunya seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, di mana Anda hanya perlu ke dashboard hosting lalu mengunduh WordPress dari sana. 

Namun, di beberapa penyedia hosting umumnya sebelum mengunduh Anda akan disuruh mengisi beberapa informasi penting. Nantinya jika sudah diisi Anda akan dapat mengunduh WordPress tersebut dan mulai mengoperasikannya.

2. Masuk ke Dashboard WordPress

Cara Membuat Website Sekolah Profesional dengan Mudah

Jika WordPress sudah terunduh sempurna, Anda dapat masuk ke dashboard WordPress tersebut. Melalui dashboard tersebut Anda akan dapat melakukan pengaturan pada beberapa aspek website mulai dari tampilan, halaman, hingga konten yang akan di upload.

Untuk log-in ke dashboard WordPress sendiri ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengetikan nama domain Anda pada Google namun dengan tambahan /wp-admin pada akhir nama domain. Sebagai contoh: contoh.sch.id/wp-admin. Melalui cara ini Anda akan langsung diarahkan ke halaman login di mana Anda hanya perlu memasukkan nama pengguna dan sandi untuk login.

Selain cara di atas, Anda juga dapat login WordPress dengan melalui member area hosting. Di mana di sana Anda hanya perlu menemukan letak file WordPress Anda diletakan dan Anda bisa login langsung dari sana. Keunggulan login dengan cara ini adalah Anda tidak perlu memasukkan username atau password, sehingga ini akan menjadi alternatif yang baik jika Anda melupakan password atau username untuk login WordPress.

3. Memasang Tampilan Website Sekolah

Cara Membuat Website Sekolah Profesional dengan Mudah

Jika Anda sudah bisa login, Anda dapat mengatur tampilan website yang sesuai untuk situs sekolah Anda. Kabar baiknya, dalam WordPress Anda dapat menggunakan berbagai tema yang ada di sana secara gratis. Untuk itu, Anda dapat mengeksplorasi tema mana yang di rasa cocok untuk Anda gunakan untuk tema situs sekolah.

Untuk melakukan pengaturan tampilan website melalui WordPress sendiri cukup sederhana. Anda hanya perlu pergi ke menu Appearance. Setelah itu, Anda bisa pilih sub-menu Themes lalu selanjutnya Anda tinggal klik tombol Add New.

Di sana Anda bisa mulai mengeksplorasi berbagai tema menarik untuk situs sekolah Anda. Namun, untuk mempermudah Anda menemukan tema yang Anda mau, Anda tinggal mengetikan kata kunci di sidebar yang ada di kanan atas.

4. Membuat dan Mengatur Halaman

Cara Membuat Website Sekolah Profesional dengan Mudah

Jika tema sudah selesai di tentukan, Anda hanya tinggal membuat dan mengatur halaman untuk situs resmi sekolah Anda. Berhubung situs  ini nantinya akan di gunakan sebagai website sekolah, maka Anda hanya perlu membuat halaman-halaman penting yang terkait dengan sekolah.

Beberapa halaman umum yang biasanya ada di situs sekolah adalah halaman utama (Home), Profil Sekolah (visi-misi, profil guru dan staf), Informasi Akademik (kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler, dan informasi pendaftaran), dan yang terakhir Berita Sekolah dan halaman kontak. Setelah semua halaman di buat, Anda hanya tinggal mengurutkannya agar tertata rapi semua.

5. Melakukan Optimasi Website

Cara Membuat Website Sekolah Profesional dengan Mudah

Jika semua tahapan sudah terlewati, maka langkah terakhir untuk membuat website sekolah yang tampak profesional adalah dengan mengoptimalkannya, Di mana dalam tahap ini Anda perlu memaksimalkan dan mengurangi beban sumber daya yang ada pada website agar bisa menjadi lebih cepat di akses. 

Selain itu, Anda juga dapat mengoptimasi dasar-dasar SEO pada website agar website sekolah Anda dapat terindeks lebih cepat oleh Google. Tidak hanya itu, dengan menerapkan dasar SEO, Anda juga dapat membuat website Anda memiliki kemungkinan lebih besar untuk membuat website muncul di halaman pertama Google.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara untuk membuat website sekolah dengan mudah. Melalui cara-cara di atas, website sekolah Anda akan tampil lebih profesional dan juga akan lebih mudah di kunjungi oleh banyak orang. Selain itu, dengan menerapkan optimasi dari segi kecepatan dan juga SEO, website Anda akan mudah untuk tampil di halaman pertama Google dengan lebih cepat.

Namun, jika Anda masih kesulitan dalam membuat website sekolah yang profesional, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan website dari digital marketing agency Toprank. Di mana dengan menggunakan jasa pembuatan website kami akan kami pastikan website sekolah Anda bukan hanya tampak profesional namun juga menarik. Jadi, tunggu apalagi? Segera hubungi kami sekarang untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai jasa pembuatan website sekolah Anda.

Published On: April 3rd, 2024 / Categories: Website /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!