Apa Itu Blogwalking dan Apa Saja Manfaatnya?

Dedi

Apa Itu Blogwalking dan Apa Saja Manfaatnya

Sebagai pembuat konten untuk Digital Marketing Anda harus tahu apa itu blogwalking. Terdiri dari dua definisi, yaitu blog dan walking yang berarti berjalan mengelilingi blog di internet. Dengan berjalan-jalan, Anda bisa berinteraksi secara langsung di laman blog tersebut.

Simpelnya, blogwalking adalah kegiatan mengelilingi situs, platform hingga laman blog untuk berinteraksi dengan user lainnya. Kegiatan ini dilakukan dengan cara membaca, meninggalkan komentar, memberikan pendapat, meramaikan komunitas dan lain sebagainya.

Semua orang bisa melakukannya, karena konteksnya kita adalah seorang netizen. Namun, ada satu hal yang membedakan netizen biasa dengan blogwalking. Ketika melakukan blogwalking, kita akan berinteraksi untuk meramaikan blog supaya jaringan komunitasnya berjalan.

Netizen biasa hanya membuka internet untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Sedangkan blogwalking mengaksesnya untuk meramaikan, mencari inspirasi, koneksi dan lainnya. Konsep keduanya berbeda, sehingga blogwalking lebih diarahkan untuk para web developer.

Mengenal Apa itu Blogwalking dan Manfaatnya

Jangan salah, blogwalking sangat berguna bagi para web developer. Dengan mengunjungi dan mengelilingi blog di internet, Anda bisa menemukan rekan baru.

Selain itu, masih ada banyak manfaat lain yang dapat Anda rasakan selama berjalan jalan menjelajahi laman blog. Untuk mengetahui apa itu blogwalking dari manfaatnya, simak beberapa poin berikut :

1. Meningkatkan Pengetahuan

Dengan menjelajahi konten blog orang lain, Anda bisa memperoleh banyak pengetahuan. Hal ini sangat bermanfaat karena ilmu pengetahuan di dunia internet sangat banyak. Apalagi jika Anda bisa berteman langsung dengan pembuat blog dan berhubungan dengannya.

Pasti banyak ilmu yang dapat diambil dari hubungan tersebut. Dengan mengelilingi situs-situs di internet, Anda akan menemukan artikel informatif, tren baru dan pandangan baru. Semua itu termasuk pengetahuan, jadi jangan sia-siakan kesempatan ini selagi masih bisa.

Jika perlu, jelajahi situs-situs luar untuk mendapatkan pengetahuan lebih dalam. Terkadang, konten blog bersifat universal sehingga setiap orang dapat mempelajari ilmu di dalamnya.

2. Mencari Umpan Balik

Jika sudah paham apa itu blogwalking, mungkin Anda bisa berinteraksi langsung dengan para pengguna internet. Anda bisa meninggalkan jejak berupa komentar memakai akun utama. Di saat orang lain melihat nama akunnya, Anda dapat menerima umpan balik dari mereka.

Akibatnya hubungan timbal balik terbentuk dan kedua blogger bisa saling bertukar pikiran. Di sisi lain, Anda juga dapat mempelajari cara orang lain berinteraksi di dalam blog. Dengan cara ini, Anda bisa memahami caranya memberi tanggapan dan memperbaiki konten pribadi.

Semakin banyak pengalaman, akan semakin bagus juga cara pengelolaan blog Anda. Bagi para pemula, Anda wajib melakukan blogwalking untuk meningkatkan umpan balik blog pribadi.

Baca Juga: Backlink Profile Sangat Penting untuk Peringkat SEO

3. Membangun Hubungan

Perlu diingat, blogwalking tidak hanya berjalan-jalan di setiap blog orang lain saja. Nantinya Anda juga perlu membangun hubungan dengan user dan blogger lainnya. Mereka pasti sudah paham apa itu blogwalking sehingga interaksi menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Semakin banyak relasinya, maka komunitas juga makin mudah terbentuk. Anda bisa bertukar pikiran dengan mereka melalui kolom komentar atau forum diskusi. Intinya blogwalking akan sangat membantu ketika Anda butuh bantuan untuk mengembangkan blog pribadi.

Ketika Anda butuh backlink atau kolaborasi, cukup hubungi saja pihak terkait. Relasi di dunia maya itu penting, karena dampaknya besar dan mencakup seluruh platform di internet.

4. Meningkatkan Visibilitas

Dengan meninggalkan komentar di blog orang lain, Anda dapat meningkatkan visibilitas blog pribadi. Ketika komentar relevan dan bermanfaat, orang lain akan tertarik untuk mengunjungi blog Anda. Digital marketing agency Jakarta menerapkan cara ini untuk optimasi blog.

Karena interaksi berlangsung, para pengguna internet jadi tahu tentang blog Anda. Visibilitas yang meningkat tentunya akan berdampak positif, terutama untuk jangka panjang. Blog akan terus mendapatkan traffic masuk dan popularitasnya akan semakin meningkat.

Biasanya visibilitas blog ditentukan oleh keyword, konten, hastag dan elemen lainnya. Namun dari semua elemen tersebut, Anda juga perlu berinteraksi agar nama blognya terkenal.

5. Menemukan Ide Konten Menarik

SEO Agency biasanya mencari konten inspiratif dengan melakukan blogwalking. Banyak ide yang bisa diangkat untuk meningkatkan efisiensi dalam pengoptimalan sistem SEO. Tiru amati dan modifikasi, ketiga aspek itu akan sangat membantu Anda mencari konten menarik.

Inspirasi dapat dicari di mana saja, salah satunya dari konten orang lain. Dengan mengunjungi berbagai blog, Anda dapat menemukan konten yang menarik dan berkualitas tinggi. Manfaat blogwalking banyak, salah satunya untuk mencari ide-ide dan inspirasi konten menarik.

Konten yang dimaksud adalah artikel, tutorial, tips beserta informasi penting lainnya. Mungkin saja melalui konten yang sudah dibuat, Anda bisa menciptakan versi barunya. Pastinya lebih menarik, inspiratif dan kompetitif, sehingga blog dapat langsung dideteksi oleh mesin pencari.

6. Potensial Berkolaborasi

Salah satu bentuk kolaborasi di dalam blog adalah membagikan backlink. Dengan memahami apa itu blogwalking, Anda bisa menjelajahi internet untuk mencari konten yang relevan. Dari konten yang sudah ada, cobalah untuk berinteraksi dan meminta info kolaborasi.

Gunakan backlink untuk membangun hubungan antar satu konten dengan konten lainnya. Di saat backlink sudah terhubung, kedua blog pasti akan mendapatkan benefitnya. Inilah salah satu keuntungan ketika Anda memberanikan diri mengunjungi situs-situs yang relevan.

Semakin sering melakukan blogwalking, akan semakin banyak juga interaksi dan relasinya. Hal ini akan membuka kesempatan untuk berkolaborasi jika memang kontennya relevan.

Baca Juga: Cara Disavow Backlink Negatif Dengan Mudah

7. Mendukung Komunitas

Salah satu manfaat melakukan blogwalking adalah mendukung komunitas blogger. Biasanya mereka sudah paham apa itu blogwalking sehingga komunitas bisa berkembang cepat. Efek atau dampak yang dihasilkan cukup signifikan karena blog Anda juga ikut terpengaruh.

Traffic jadi lebih meningkat, potensial kolaborasi banyak dan bisa saling bertukar pikiran antar blogger. Perlu diingat, ketika ingin bergabung dengan komunitas pastikan dulu temanya apa. Relevansi perlu diperhatikan, karena semu situs bisa membahas konten yang sama.

Jika terlalu kompetitif, Anda akan kesulitan untuk mengembangkan blog pribadi. Oleh sebab itu, pilihlah komunitas yang positif dan dapat mendukung pertumbuhan blog Anda.

8. Saling Bertukar Informasi

Manfaat terakhir, Anda bisa saling bertukar informasi dengan blogger lainnya melalui forum atau kolom komentar. Tidak hanya blogger saja, Anda juga dapat bertukar informasi melalui blog pribadi dengan anggota komunitas, media sosial dan para pengguna internet lainnya.

Netizen selalu memiliki topik yang baru, sehingga trennya terbentuk. Jika ingin meningkatkan kualitas blog pribadi, maka sering-seringlah berinteraksi. Umpan balik akan terbentuk ketika interaksi dilakukan dan pertukaran informasi bisa menguntungkan blog Anda nantinya.

Itulah kedelapan manfaat yang akan diperoleh ketika blogger dan web developer melakukan blogwalking. Tujuannya memang satu yaitu berjalan dan mengelilingi blog di internet. Namun manfaatnya besar, karena memberikan banyak benefit bagi orang yang melakukannya.

Sebelum melakukan blogwalking, pastikan Anda sudah tahu topik-topik yang relevan. Konten blog harus relevan supaya cocok dengan konten yang ada di dalam blog Anda. Dengan memahami apa itu blogwalking, Anda bisa membuat situs yang user friendly dan diakui oleh mensin pencari.

Published On: Oktober 31st, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!