5 Cara Cek Plagiarisme Online Mudah dan Cepat

Dedi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Mudah dan Cepat

Cara cek plagiarisme online dapat membantu Anda dapat memastikan bahwa konten yang Anda buat tidak melanggar hak cipta milik orang lain atau tidak mencuri ide dari sumber lain. Selain itu, dengan mengecek plagiarisme, Anda juga dapat memastikan bahwa konten yang Anda buat orisinal dan unik. Sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi pembaca atau pengguna.

Selain itu, melakukan pemeriksaan plagiarisme dapat meningkatkan kualitas dan integritas konten yang Anda buat. Jika konten yang Anda post di website duplikat, maka konten tidak akan diberi ranking bahkan bisa di berimbas pada konten lain yang ada di website Anda. Jadi, penting selalu untuk mengecek plagiarisme konten Anda.

Inilah Cara Cek Plagiarisme Online

Untuk memeriksa plagiarisme artikel secara online, Anda dapat menggunakan berbagai tools plagiarisme online yang tersedia secara gratis atau berbayar. Dengan menggunakan tools ini Anda dapat dengan mudah untuk memeriksa duplikat konten. Berikut adalah beberapa cara cek plagiarisme online:

1. Smallseotools

SmallSeoTools adalah sebuah platform yang menyediakan berbagai macam alat SEO gratis dan juga berbagai alat untuk memeriksa plagiarisme, tata bahasa, dan kesalahan ejaan. Alat-alat ini sangat bermanfaat bagi blogger, digital marketer, penulis, mahasiswa, peneliti. Dan siapa saja yang membutuhkan bantuan dalam menulis dan mengoptimalkan konten mereka.

SmallSeoTools dapat diakses secara gratis dan mudah digunakan oleh siapa saja yang membutuhkan alat untuk meningkatkan kualitas dan kinerja konten. Anda bisa menggunakan fitur plagiarisme untuk mengecek konten Anda. Berikut cara cek plagiarisme online menggunakan Smallseotools:

  1. Buka website Smallseotools di browser Anda.
  2. Pilih “Plagiarism Checker” dari menu fitur yang tersedia atau bisa langsung ketik https://smallseotools.com/id/plagiarism-checker
  3. Masukkan atau salin dokumen atau teks yang ingin Anda cek plagiasi di kolom yang tersedia.
  4. Setelah itu, klik tombol “Check Plagiarism” untuk memulai proses pengecekan.
  5. Tunggu proses analisis hingga selesai. Biasanya, waktu yang dibutuhkan tergantung pada panjang teks atau dokumen yang diunggah.
  6. Setelah proses selesai, hasil cek plagiasi akan ditampilkan, termasuk tingkat kemiripan teks dengan dokumen atau artikel lain yang ditemukan dalam database Smallseotools.
  7. Anda dapat melihat sumber hasil kemiripan tersebut dan menyesuaikan dokumen yang Anda cek plagiasi.

Dengan menggunakan Smallseotools, Anda dapat mengecek plagiarisme untuk konten dengan 1000 kata. Jika Anda ingin mengecek konten lebih dari 1000 kata, maka Anda bisa menggunakan versi berbayar.

2. Copyscape

Copyscape adalah salah satu tools online yang digunakan untuk mendeteksi plagiarisme pada konten yang dihasilkan di internet. Copyscape dapat memeriksa apakah konten yang dihasilkan duplikasi atau plagiat, baik dari konten yang sama dengan dokumen asli atau dengan konten yang dibuat oleh orang lain.

Tools ini akan mengecek apakah ada konten yang mirip atau identik dengan dokumen lain. Hal ini sangat berguna bagi blogger, penulis, penerbit, dan siapa saja yang ingin mengecek keaslian konten yang dibuat. Copyscape memiliki versi gratis dan berbayar, serta mampu memeriksa sebagian besar konten di internet, termasuk artikel, blog, dan website.

Berikut adalah langkah-langkah cara cek plagiarisme online menggunakan Copyscape:

  1. Buka situs resmi Copyscape di https://www.copyscape.com
  2. Masukkan alamat URL dokumen yang ingin Anda periksa plagiarisme-nya pada kolom yang tersedia.
  3. Klik tombol “Go” untuk memulai pencarian. Copyscape akan memulai proses searching plagiarisme pada dokumen yang Anda berikan.
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses searching dilakukan. 
  5. Jika hasil searching menunjukkan bahwa dokumen Anda mengandung plagiarisme, Anda sebaiknya melakukan perubahan pada konten atau menghapus bagian yang dianggap plagiat.
  6. Jika Anda menggunakan Copyscape Premium, Anda bisa memperoleh laporan lengkap tentang setiap kemiripan yang ditemukan pada dokumen Anda.

Itulah beberapa langkah cara cek plagiarisme online menggunakan Copyscape. Dengan menggunakan tools ini, Anda dapat mengecek keaslian dokumen Anda secara efektif dan akurat.

3. Duplichecker

Duplichecker adalah salah satu tools online yang digunakan untuk memeriksa keaslian atau orisinalitas dokumen atau artikel untuk melihat apakah terdapat tindakan plagiarisme. Anda dapat mengunggah dokumen ke website Duplichecker atau meletakan tulisan Anda pada kolom yang tersedia.

Lalu sistem akan memeriksa dokumen tersebut dengan database teks lain yang terkait di internet. Serta mencocokkan konten dokumen Anda dengan data yang dimiliki oleh kemudian menghasilkan laporan tentang keaslian konten Anda.

Untuk menggunakan Duplichecker, Anda hanya perlu mengunjungi website Duplichecker.com. Lalu memilih opsi ‘Upload File’ untuk mengunggah dokumen atau opsi ‘Copy & Paste’ untuk menyalin dan menempelkan teks konten dokumen yang ingin Anda cek.

Setelah itu, klik tombol “Check Plagiarism” dan tunggu sejenak untuk melihat hasilnya. Pastikan dokumen yang ingin Anda cek plagiarisme tidak lebih dari 1000 kata. Duplicate Checker dapat digunakan secara gratis, tetapi mempunyai limitasi penggunaan. Jika ingin menggunakan fitur premium, Anda bisa membeli paket langganan premium.

Baca Juga: Website Mobile Friendly, Berikut Cara dan Manfaatnya

4. Plagiarism Checker

Plagiarism Checker adalah sebuah tools atau platform yang dapat digunakan untuk memeriksa keaslian atau keunikan sebuah teks, dokumen atau artikel. Dengan menggunakan tools ini, Anda dapat mengecek apakah artikel Anda yang dimiliki telah diterbitkan sebelumnya oleh orang lain atau tidak.

Dengan begitu, plagiarism checker dapat membantu mencegah terjadinya tindakan plagiarisme dan meningkatkan kualitas tulisan yang dibuat. Berikut cara cek plagiarisme online menggunakan Plagiarism Checker:

  1. Kunjungi situs web Plagiarism Checker di https://www.plagiarismchecker.co/id
  2. Pilih ‘upload file’ atau ‘copy-paste’ dokumen atau teks yang ingin Anda periksa
  3. Bila melakukan upload file, tunggu proses pengunggahan selesai. Jika melakukan copy-paste, pastikan Anda sudah meng-copy seluruh teks atau dokumen dengan lengkap. Untuk versi gratis, Anda bisa mengecek plagiarisme 1000 kata.
  4. Setelah berhasil diunggah atau di-copy paste, tunggu beberapa saat untuk proses analisis dokumen
  5. Setelah selesai dianalisis, Plagiarism Checker akan memberikan hasil berupa persentase keunikan dari dokumen atau teks yang sedang diperiksa. Jika hasil persentasenya tinggi, maka kemungkinan besar dokumen atau teks tersebut sudah diterbitkan sebelumnya oleh orang lain atau termasuk plagiat
  6. Jika ditemukan kesamaan dengan dokumen atau teks yang sudah pernah diterbitkan sebelumnya, Plagiarism Checker biasanya akan menampilkan sumber bersama dengan persentase kesamaan. Cek sumber tersebut untuk memastikan apakah dokumen atau teks yang Anda periksa termasuk berasal dari sumber yang diterbitkan sebelumnya atau tidak.

Baca Juga: Cara Meningkatkan CTR Adsense yang Terbukti Ampuh

5. Search Engine Reports

Search Engine Reports adalah platform online yang menyediakan serangkaian alat SEO untuk membantu pemilik situs web dan pemasar digital meningkatkan peringkat mesin pencari mereka. Search Engine Reports menawarkan alat untuk riset kata kunci, pemeriksaan plagiarisme, analisis backlink, analisis situs web, dan banyak lagi.

Alat-alatnya dirancang sederhana dan mudah digunakan, serta menawarkan versi gratis dan berbayar. Platform ini juga menawarkan panduan dan sumber daya bermanfaat tentang praktik SEO, menjadikannya sumber daya berharga bagi siapa pun yang ingin meningkatkan visibilitas online mereka. Inilah cara cek plagiarisme online menggunakan Search Engine Reports:

  1. Kunjungi situs https://searchenginereports.net/id/plagiarism-checker
  2. Pilih jenis dokumen yang akan Anda cek, bisa berupa artikel atau file dokumen seperti Word.
  3. Klik tombol “Unggah Data” untuk mengunggah dokumen yang akan Anda cek, atau Anda juga bisa menyalin dan menempelkan teks dokumen ke dalam kotak teks yang telah disediakan.
  4. Klik tombol “Check Plagiarism” untuk memulai proses pengecekan. Anda akan diberitahu jika dokumen Anda memenuhi syarat minimum atau tidak. Pastikan dokumen yang Anda cek tidak lebih dari 1000 kata. Jika Anda ingin cek dokumen lebih dari 1000 kata, Anda bisa menggunakan versi berbayar.
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses pengecekan selesai. Waktu yang dibutuhkan akan tergantung pada ukuran dokumen dan kecepatan internet Anda.
  6. Hasil cek plagiarisme akan muncul dalam format tabel, dengan persentase kesamaan dan kemungkinan sumber yang terdeteksi.
  7. Anda dapat melihat detail yang lebih lengkap dari sumber yang terdeteksi dengan mengklik tombol “View Sources”.
  8. Setelah selesai, Anda dapat mengunduh laporan hasil cek plagiarisme sebagai file PDF atau menyimpan hasilnya di situs.

Kesimpulan

Mengecek plagiarisme adalah tindakan yang sangat penting dalam membuat konten website. Ini karena plagiarisme dapat merusak reputasi dan kepercayaan pengguna terhadap situs web Anda.

Jika situs web Anda terbukti menyalin dan menempelkan konten dari situs web lain. Maka pengunjung dapat kehilangan kepercayaan mereka pada situs web Anda dan menghindari pengunjungan selanjutnya.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksa plagiarisme di setiap artikel atau konten yang diposting di situs web Anda, meskipun Anda yakin bahwa konten tersebut asli. Ada banyak tools untuk cek plagiarisme yang tersedia secara online. Dengan menggunakan salah satu dari ini, Anda dapat memastikan bahwa konten Anda asli dan terhindar dari plagiarisme.

Jika Anda ingin website Anda memiliki konten-konten yang original dan terhindar dari duplikat, Anda bisa menggunakan Jasa SEO Toprank. Kami memiliki penulis artikel yang pandai dah ahli dalam menulis konten. Apabila Anda tertarik untuk menggunakan SEO Agency Jakarta, silahkan hubungi kami jasa digital marketing agency Toprank.

Published On: November 1st, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!