Cara Membuat Artikel SEO yang Friendly

Artikel SEO Friendly

Seorang penulis tentunya harus familiar dengan cara menulis yang benar, selain agar memudahkan pembaca dalam membaca artikel tersebut, penulisan artikel yang baik dan benar akan memudahkan artikel tersebut untuk dapat menduduki peringkat yang tinggi di halaman 1 mesin pencarian seperti Google.

Artikel yang ditulis dengan tujuan ranking #1 mesin pencarian Google adalah sebuah artikel “SEO-Friendly Articles”. Artikel jenis ini menerapkan kaidah – kaidah SEO dalam penulisannya, sehingga akan lebih mudah terindeks dan mendapatkan peringkat di halaman 1 Search Engine Results Page (SERP)

Kemampuan menulis artikel secara benar tidak dapat dipelajari hanya dalam sehari semalam, perlu latihan secara terus menerus agar kemampuan menulis dapat terus terasah dengan baik. Maka dari itu, untuk seseorang yang ingin menulis artikel, ada baiknya memperhatikan beberapa hal penting berikut.

Bagian Utama Dalam Artikel

1. Pembukaan

Opening atau pembukaan merupakan sebuah bagian pengenalan tentang tema atau topik utama dari sebuah artikel. Dalam bagian ini juga anda ditentukan tone dari artikel tersebut sehingga terdapat arah yang jelas mengenai topik yang dibahas dalam artikel tersebut. Didalam pembukaan juga terdapat penjelasan mengenai konteks dari sebuah artikel serta latar belakang ide – ide yang akan dibahas nantinya.

2. Isi

Bagian ini biasanya membahas poin – poin atau ide utama yang perlu disampaikan kepada pembaca artikel. Poin – poin tersebut harus dijabarkan secara jelas dan lengkap sehingga dapat menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh pembaca pada saat sebelum membaca artikel. Penyampaian tersebut harus dilakukan dan dikemas secara menarik serta relevan dengan apa yang ingin diketahui oleh pembaca.

3. Penutup

Pada titik ini biasanya pertanyaan atau informasi yang ingin diketahui pembaca sudah terjawab dengan baik dan benar. Dalam sebuah penutup anda sudah tidak perlu lagi menjelaskan hal – hal lain yang berkaitan dengan ide utama dari sebuah artikel, penutupan dari sebuah artikel hanyalah perlu berisi sebuah kesimpulan dari apa yang sudah dijelaskan sebelumnya dalam bagian isi artikel.

Selain itu, dalam menulis artikel SEO-friendly, anda perlu mengetahui beberapa hal lainnya yang berkaitan dengan SEO. Untuk hal – hal tersebut anda bisa melihatnya pada ulasan dibawah ini.

Istilah Dalam Penulis Artikel SEO

1. Meta Title

Meta title adalah sebuah rangkaian kata yang nantinya akan dijadikan judul yang akan ditampilkan oleh mesin pencari ketika ada orang yang mencari informasi dengan menggunakan suatu kata kunci. Penulisan meta title sebuah halaman artikel yang baik dan menarik akan membuat orang menjadi lebih tertarik untuk mengklik halaman website anda dan membaca artikel yang sudah anda tulis.

Baca Juga:  Perbedaan SEO On Page dan Off Page

2. Meta Description

Merupakan sebuah deskripsi yang singkat dan ditampilkan berbarengan dengan meta title, Meta description harus ditulis secara singkat, padat dan jelas dengan rangkaian kata yang menarik minat pembaca serta menggambarkan secara ringkas isi dari artikel yang sudah ditulis.

3. Anchor Text

Anchor text adalah sebuah teks yang terdapat didalam artikel anda dan bertujuan untuk membawa pembaca artikel anda ke sebuah halaman artikel lain, baik itu yang berada di situs anda maupun situs lain. Anchor text sendiri mempunyai peranan besar dalam link building sebuah website.

4. Latent Semantic Indexing Keywords (LSI)

Latent Semantic Indexing keywords adalah sebuah istilah atau frase yang memiliki arti yang sama atau berhubungan dengan kata kunci utama dari sebuah artikel. Penggunaan LSI keyword mempunyai fungsi untuk menghindari terjadinya keyword stuffing, sehingga search engine akan lebih menyukai dan memudahkannya untuk memahami konteks artikel yang anda tulis. LSI juga bermanfaat agar pembaca artikel tidak merasa bosan terhadap beberapa kata yang berkali – kali diulang dalam sebuah artikel.

Tahapan Dalam Menulis Artikel SEO

1. Tentukan Tema Utama Artikel

Tema utama merupakan sebuah ide pokok yang akan menjadi bahasan utama atau topik dalam sebuah artikel. Ketika anda ingin menulis sebuah artikel, terlebih dahulu anda perlu tentukan tema nya. Hal ini dilakukan agar artikel yang anda tulis tersebut memiliki isi yang selaras dengan hal yang anda ingin bahas. Jika sebuah artikel ditulis dengan berdasarkan sebuah tema utama, maka keseluruhan artikel itu nanti akan menjadi relevan dengan topik yang sedang dibahas atau ingin disampaikan.

2. Kenali Target Pembaca Anda

Sebelum mulai menulis artikel, anda juga harus tahu karakter target pembaca yang kira – kira akan membaca artikel anda nantinya. Mengenal target pembaca akan sangat berguna untuk menentukan tone ataupun gaya bahasa artikel tersebut. Jika anda sudah memahami target pembaca dengan baik, maka  anda bisa menyesuaikan tulisan yang anda buat lebih relatable dengan latar belakang pembaca artikel, sehingga artikel tersebut lebih mengena di benak pembaca dan mudah dipahami.

Sebagai contoh, pembaca sebuah artikel yang mempunyai tema tentang perencanaan keuangan tentunya memiliki background yang berbeda dengan pembaca artikel dengan tema tentang selebriti. Maka dari itu penulis yang hebat adalah penulis yang mengerti dan mengenali target pembacanya sehingga ia bisa menyesuaikan gaya bahasa dan teknik penulisan artikelnya dengan target pembaca artikel tersebut.

3. Lakukan Riset yang Cukup

Jika anda ingin menulis artikel mengenai sebuah topik yang ingin dibaca oleh banyak orang, anda juga sebelumnya perlu melakukan riset yang baik mengenai topik tersebut. Salah satu riset yang paling penting untuk dilakukan sebelum menulis artikel adalah riset keywords. Riset Keywords atau riset kata kunci adalah sebuah proses untuk menentukan suatu kata kunci utama yang banyak dicari oleh orang – orang.

Baca Juga:  5 Jenis Backlink untuk Mengoptimasi Website

Kata kunci yang relevan  banyak dicari orang yang akan bisa menjawab pertanyaan pembaca, sehingga akan banyak juga orang yang membaca artikel tersebut secara menyeluruh. Hal ini dilakukan agar nantinya artikel anda mudah untuk dapat peringkat di mesin pencarian Google, sebisa mungkin gunakanlah kata kunci yang keyword difficulty nya rendah dengan volume pencarian yang tinggi.

Selain itu, anda juga perlu lakukan riset kompetitor untuk kata kunci tersebut. Anda bisa lihat dan analisis bagaimana kompetitor yang membahas topik dan menggunakan kata kunci yang sama menulis artikel mereka, dari situ anda bisa mengetahui hal apa saja yang kurang dari artikel kompetitor sehingga bisa dijadikan tolak ukur dalam penulisan artikel anda nanti. Hal tersebut bisa jadi sebuah keunggulan anda dalam menulis artikel karena hasilnya nanti adalah artikel yang anda tulis menjadi lebih lengkap dan relevan.

4. Perhatikan Struktur Artikel

Struktur dalam sebuah artikel yang SEO-friendly merupakan sebuah hal yang harus sangat diperhatikan. Struktur artikel yang baik mempunyai pembagian Heading dan Subheading yang rapi dan terstruktur, hal ini akan memudahkan anda untuk menulis keseluruhan artikel serta membuat penyampaian poin yang sedang dibahas menjadi lebih mudah dimengerti oleh pembaca.

5. Buatlah Draft Awal Artikel

Anda perlu membuat sebuah draft awal sebelum menulis artikel yang bersifat final. Draft biasanya dibuat agar anda memiliki gambaran umum hasil akhir dari artikel yang anda tulis. Dalam penulisan draft anda dapat menulis dengan menuangkan ide – ide yang ada dipikiran anda tanpa terlalu memikirkan penggunaan bahasa ataupun kesalahan – kesalahan penulisan yang dilakukan sehingga tulisan tersebut dapat secara perlahan menjadi sebuah kerangka artikel yang utuh.

6. Lakukan Revisi dan Draft

Setelah draft awal artikel anda sudah jadi, waktunya anda untuk melakukan revisi atau koreksi dari artikel anda. Revisi tersebut bertujuan agar nantinya artikel anda terlihat sebagai sebuah artikel yang matang, lengkap dan enak untuk dibaca oleh target audiens anda. Anda dapat mengoreksi draft untuk mengetahui jika ada poin – poin penting yang belum dibahas atau jika artikel tersebut kurang memiliki flow atau alur yang baik dan mudah dibaca.

7. Proofread Hasil Tulisan

Setelah revisi draft sudah selesai dan artikel anda sudah hampir jadi, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah proofread tulisan anda untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan seperti typo atau salah tanda baca. Proofread juga dilakukan agar nantinya tulisan anda memiliki EYD yang baik (untuk tulisan berbahasa Indonesia) atau Grammar yang benar (untuk tulisan dengan bahasa inggris)

Itulah penjelasan mengenai tahapan dalam membuat artikel yang SEO-friendly. Tentunya anda perlu alokasikan waktu yang tidak sebentar untuk bisa mahir menulis sebuah artikel yang bagus. Bagi anda yang membutuhkan jasa penulisan artikel SEO yang profesional dalam menentukan strategi digital marketing yang terbaik dan cocok untuk bisnis, anda tidak perlu khawatir karena Toprank Indonesia hadir untuk menjawab kebutuhan anda terkait Digital Marketing.

top
WhatsApp chat