Apakah Anda sedang mencari artikel yang membahas tentang cara membuat katalog online? Jika, ya, selamat, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Pada artikel ini kami telah menyiapkan cara membuat katalog online yang dapat membantu meningkatkan prospek dan konversi bisnis Anda.

Menampilkan produk di katalog online adalah salah satu cara paling efektif untuk mendorong audiens target untuk melakukan pembelian. katalog memungkinkan pembeli online untuk terhubung dengan merek Anda, membuat perjalanan pembelian yang lancar, dan mendorong lebih banyak penjualan melalui format yang dapat dikenali dan mudah dijelajahi.

Manfaat Katalog Online

Katalog produk adalah dokumen yang mencantumkan informasi produk penting seperti dimensi produk, harga, bahan, dan lainnya. Katalog digital ditampilkan secara online sehingga audiens target dapat mengaksesnya dengan sangat mudah.

Posisikan Anda sebagai pembeli, ketika Anda membaca katalog dari produk-produk yang sedang Anda cari atau ingin Anda beli. Pastinya Anda akan semangat untuk mengecek warna, harga, spesifikasi dan lain sebagainya sebelum Anda melakukan pembelian. Anda akan merasa senang karena digunakan banyak pilihan produk yang dapat Anda pilih untuk Anda beli.

Nah begitupun dengan produk yang Anda jual. Jika Anda menempatkan gambar produk Anda di katalog, khususnya katalog online, maka calon pembeli akan tahu warna yang tersedia, model yang tersedia, berapa harganya dan banyak lagi.

*Baca Juga: Cara Kerja Pemasaran Online yang Baik dan Benar

Dengan begitu calon pembeli tidak perlu bertanya lagi karena informasi yang Anda berikan secara detail sudah cukup untuk membuat mereka mengerti. Sehingga mereka bisa langsung memesannya langsung dari katalog online Anda. Katalog produk digital memberikan sejumlah manfaat, antara lain:

  1. Waktu peluncuran lebih cepat
  2. Bantuan dengan analisis perilaku pelanggan
  3. Pengurangan biaya, karena lebih murah dan lebih mudah dirawat daripada kertas
  4. Deteksi instan kesalahan katalog
  5. Distribusi di berbagai saluran penjualan dan jejaring sosial
  6. Layanan pelanggan yang lebih gesit dan efektif
  7. Jangkauan yang lebih luas untuk pemirsa dan pasar baru

Dengan katalog digital, Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan, lebih cepat dan kapan saja. Manfaat memiliki katalog Anda selalu tersedia secara online tidak terbatas.

Cara Membuat Katalog Online

Katalog produk adalah aset pemasaran dan penjualan yang sangat berguna yang mengatur semua informasi produk Anda di satu tempat. Karena tujuan utamanya adalah untuk mengkategorikan informasi produk, katalog produk berguna tidak hanya untuk pembeli tetapi juga untuk dropship atau supplier.

Jika Anda siap membuat katalog online tetapi tidak tahu harus mulai dari mana,ikuti cara membuat katalog online di bawah ini:

1. Kenali Audiens Anda

Yang paling penting dalam membuat katalog online adalah dengan mengidentifikasi basis pelanggan spesifik yang ditargetkan oleh catalog Anda. Ini akan sangat mempengaruhi gaya dan format katalog yang akan Anda buat.

Dengan mengidentifikasi audiens Anda, Anda akan lebih siap untuk membuat katalog yang cocok untuk pelanggan Anda dalam bahasa, format, desain, dan bahkan SEO. Dengan penargetan yang ditingkatkan ini, mendorong penjualan dan konversi menjadi jauh lebih dapat dicapai.

2. Kumpulkan Semua Data Produk Anda

Setelah Anda melakukan analisis audiens target. Lanjutkan dengan mengumpulkan informasi produk seperti komposisi, dimensi, testimoni pelanggan, harga dan sebagainya. Kompilasi semuanya ke dalam spreadsheet sehingga Anda dapat mencari data dengan mudah saat mendesain katalog.

Kita tahu bahwa visual sangat berperan penting dalam mendorong pembelian produk apapun. Di sebagian besar katalog produk, gambar memainkan peran kunci dalam mengonversi pembeli. Inilah mengapa menggunakan gambar yang original dan menarik lebih disarankan, pastikan juga semua gambar Anda berkualitas tinggi.

Satu hal terakhir yang perlu dikumpulkan sebelum Anda mulai bekerja adalah panduan tentang identitas merek visual Anda. Dengan cara ini, Anda akan memiliki catatan tentang warna merek, font yang akan digunakan, kepribadian merek, dan detail terkait yang akan membantu Anda membuat katalog sesuai merek yang konsisten.

3. Gunakan Software Katalog Online

Jika Anda ingin membuat katalog yang dapat diunduh menjadi PDF, Anda bisa menggunakan software pembuatan katalog Online. Dengan bantuan software tertentu, katalog yang Anda buat bisa berupa katalog dengan konsep eCommerce.

Ada banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk membuat katalog online misalnya saja Flipsnack, AnyFlip, Publitas dan FlipHTML5. Dengan alat ini Anda bisa membuat katalog yang keren dan pastinya menarik bagi konsumen.

4. Rencanakan Struktur Dan Layout Katalog

Langkah selanjutnya adalah merencanakan struktur dan tata letak katalog Anda.  Ini bertujuan untuk memvisualisasikan dokumen yang menampilkan produk sehingga Anda tahu apa yang ingin Anda buat.

Meluangkan waktu untuk menyusun mockup membantu Anda menghemat waktu dengan memberikan arahan yang jelas untuk pekerjaan desain. Tanpa itu, Anda akan menemukan diri Anda terlalu sering mengubah arah, tidak yakin dengan tata letak dan, pada akhirnya, membuang-buang waktu dengan semua desain ulang dan pengeditan.

Anda dapat merencanakan tata letak yang mengutamakan visual untuk katalog produk Anda sambil menggunakan teks minimal. Ini berfungsi karena keseluruhan desain tidak terlalu bertele-tele dan lebih berorientasi pada gambar produk yang membuatnya menarik dan mudah dipahami.

5. Merancang Halaman Produk Anda

Setelah Anda merencanakan struktur dan tata letak katalog, selanjutnya Anda merancang halaman produk. Halaman produk yang sederhana lebih disukai oleh konsumen dibandingkan dengan halaman produk yang rumit. Ketahuilah, Anda harus memulai dengan halaman depan yang mencerminkan kepribadian merek Anda untuk membantu pengguna menavigasi katalog.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengisi bidang yang diperlukan dan memberikan link yang relevan. Anda dapat beralih antara mode draft dan publik kapan saja untuk memeriksa bagaimana produk Anda ditampilkan. Informasi produk dapat diedit dan diperbarui kapan saja, dengan tampilan riwayat penuh perubahan Anda dan kemampuan untuk kembali ke versi sebelumnya.

Setelah selesai, Anda bisa publish halaman produk Anda supaya dapat dilihat oleh calon audiens Anda. Cara membuat katalog online juga bisa diterapkan saat Anda membuat halaman katalog di situs toko online atau eCommerce Anda. Itulah cara membuat katalog online yang bisa Anda praktikan.

Published On: January 16th, 2023 / Categories: Tips Digital / Tags: /