Mengenal DoFollow & NoFollow dalam dunia SEO

do-follow-vs-no-followTop Rank IndonesiaMengenal Do Follow & NoFollow dalam dunia SEO – Dalam dunia web atau blog kita sering mendengar istilah tentang DoFollow dan NoFollow. Untuk info lebih lanjut lihat penjelasan di bawah ini :

Apa itu Dofollow

Dofollow adalah  istilah untuk web atau blog yang jika kita memberikan komentar ke blog tersebut maka berarti kita menaruh link ke blog tersebut dan dihitung sebagai backlink oleh google atau sebuah attribute HTML yang bertujuan memberi insturksi bahwa link tersebut relevan dengan post yang ada dalam website tersebut. Berbeda dengan No-follow, Dofollow ini memberikan nilai tambah untuk SERP dimata Google. Jadi posisi website target bisa naik.

Apa itu Nofollow

Nofollow dalam dunia SEO adalah sebuah atribut HTML yang ditujukan untuk memberikan instruksi kepada search engine bahwa link yang ditulis dengan atribut nofollow tidak akan berpengaruh untuk target link pada search engine. Jadi ga memberikan nilai apapun dimata Google atau SERP, namun tetap berpengaruh untuk mendatangkan visitor jika link tersebut diklik. Atribut No-follow pertama kali diperkenalkan oleh Matt Cutts dan Jason Shellen di tahun 2005. Atribut nofollow ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas search engine dari spam, dan mencegah search engine mengindeks website spam di rangking yang bagus.

Catatan Penting untuk Nofollow

Buat Anda yang bekerja di dunia SEO, perlu diketahui bahwa Google akan tetap menghitung no-follow link sebagai backlink tergantung dari letak link tersebut. Jika ditempatkan dibawah, maka pengaruh dari link tersebut akan kalah dengan link no-follow yang terletak diatas.

Perbedaan antar DoFollow & NoFollow

Untuk DoFollow memiliki tag rel = “dofollow” sedangkan nofollow memiliki tag rel = “Nofollow” oleh karena itu DoFollow biasanya di pakai untuk membangun backlink sehingga kemungkinan banyak website tersebut mengalami spam dari pihak lain karena situs tersebut menganggap link tersebut hiduo tetapi berbeda dengan NoFollow ini sebenarnya bisa untuk membangun backlink akan tetapi cara ini tidak relevan atau efisien sehingga blog ini jarang terkena spam orang lain dan NoFollow cenderung lebih aman dari spam orang lain.

Intinya Crawler bots akan menelusuri link yang beratribut Dofollow, istilahnya link juice. Tetapi Crawler Bots tidak akan menelusuri link yang beratribut No-follow.

Blog yang mengubah alirannya menjadi dofollow, maka blog tersebut lebih memperhatikan traffic pengunjung dari kalangan para pemburu backlink. Sedangkan bloger yang tetap beraliran nofollow, maka blog tersebut lebih mementingkan SEO (Search Engine Optimization).

top
WhatsApp chat