Cara Jualan Online yang Benar Bagi Pemula

Dedi

cara jualan online

Apakah ada cara jualan online yang bisa dilakukan oleh seorang pemula? Tentu saja ada banyak cara yang bisa dijalankan oleh pemula untuk jualan produk-produknya secara online.

Jualan online merupakan kegiatan mempromosikan produk atau layanan  yang dilakukan melalui jejaring internet. Tujuan dari jualan online ini tentunya untuk mendapatkan lebih banyak pembeli. Karena memang jangkauan pemasaran online lebih luas dibanding dengan pemasaran konvensional.

Jika Anda jualan online tanpa melibatkan strategi pemasaran yang benar. Alih-alih mendapatkan banyak pembeli, produk Anda tidak laku karena dipasarkan dengan strategi yang tidak efektif.

Meskipun jualan online memiliki peluang besar untuk mendapatkan pembeli, tapi tetap saja harus dilakukan dengan tepat. Apalagi persaingan di dunia online sangat ketat, jadi untuk memenangkan kompetisi, Anda harus menerapkan cara jualan online yang efektif.

Tingkatkan Omset Jualan Online Dengan Cara Ini!

Kunci keberhasilan jualan online tidak hanya pada kualitas produk atau layanan saja, malainkan strategi yang diterapkan. Berikut adalah beberapa cara jualan online yang bisa Anda ikuti:

1. Pahami Produk yang Anda Jual

Jika Anda tidak mengetahui nilai produk, bagaimana menjelaskan produk yang dijual kepada konsumen?

Menjelaskan kelebihan produk kepada konsumen sudah biasa, tapi menjelaskan apa yang membuat produk Anda lebih istimewa dibandingkan dengan pesaing itu yang harus Anda kuasai.

Supaya konsumen lebih memilih produk Anda dibandingkan dengan produk milik pesaing, Anda perlu memiliki nilai jual pada produk Anda.

Bisnis Anda harus memberikan apa yang tidak di berikan oleh pesaing, sehingga konsumen tidak ragu untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Kenali produk Anda sedetail mungkin supaya lebih mudah menjelaskan kepada calon pembeli sehingga mereka tertarik dan melakukan pembelin.

2. Pilih Platform Untuk Promosi

Karena platform online ada banyak sekali, oleh karena itu Anda harus memilih platform yang menjadi tempat konsumen Anda berada.

Sosial media saja ada banyak sekali jenisnya, ada Facebook, Instagram Twitter, TikTok dan banyak lagi. Jadi, Anda perlu memilih platform sosial media mana yang efektif untuk mempromosikan produk-produk Anda.

Sedangkan jenis pemasaran ada Search Engine Optimization (SEO), Social Media Marketing (SMM), Search Engine Marketing (SEM), Pay Per Click (PPC), Email Marketing dan Website sebagai alat promosi online.

Umumnya jualan online di lakukan di beberapa platform sehingga dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Misalnya, meskipun sudah menggunakan sosial media, Anda harus tetap memiliki website untuk mempromosikan produk Anda di Google.

Jualan online melalui sosial media cukup efektif untuk mendapatkan pembeli. Tapi memiliki website juga penting karena sangat membantu dalam menjangkau jutaan pengguna Google.

Supaya jualan online berhasil,  Anda bisa menggabungkan strategi pemasaran, misalnya sosial media dengan jasa SEO. Selain mendapatkan calon pembeli dari media sosial, Anda juga dapat menghasilkan konversi dan penjualan melalui search engine.

3. Jualan di Marketplace

Saat ini banyak media online yang bisa digunakan untuk jualan online, salah satunya marketplace. Marketplace adalah platform belanja online yang bisa Anda gunakan untuk menjual produk-produk.

Baca juga: Apa Itu SMM (Social Media Marketing)?

Meskipun tingkat persaingan tinggi karena ada ratusan bahkan ribuan akun yang menjual produk yang sama dengan Anda, tapi cara ini cukup efektif untuk meningkatkan penjualan.

Di Indonesia sendiri ada banyak marketplace yang bisa Anda gunakan misalnya seperti:

  • Lazada
  • Tokopedia
  • Shopee
  • Bukalapak
  • Blibli
  • ID
  • Zalora
  • Sociolla
  • Matahari

Jika Anda mampu mengelolanya Anda bisa menggunakan semua marketplace diatas, tapi jika tidak mampu, Anda bisa menggunakan beberapa saja sehingga lebih fokus.

Jualan di platform ini cukup mudah karena Anda hanya perlu mendaftarkan aku Anda dan posting produk-produk Anda disana.

Apabila Anda pembeli, maka ada notifikasi yang bisa langsung di proses pengemasan dan pengiriman.

4. Buat Website Toko Online

Mengapa harus membuat website toko online sedangkan jualan di marketplace saja bisa?

Jawaban sederhananya seperti ini, marketplace milik pihak ketiga dan Anda harus mengikuti peraturan mereka. Sedangkan toko online adalah milik Anda sendiri yang bisa diatur sesuai keinginan. Anda dapat mengatur tema toko online sendiri, buat brand sendiri dan banyak lagi.

Mungkin berjualan online melalui marketplace lebih mudah karena cukup dengan mendaftar saja. Tapi untuk branding akan lebih sulit dan tentu saja tingkat persaingan sangat tinggi karena Anda harus bersaing dengan akun-akun lain yang mungkin memberikan harga lebih murah.

Toko online bagus untuk membangun branding sekaligus mendapatkan penjualan. Agar merek Anda juga dikenal oleh konsumen, Anda perlu memiliki toko online sendiri, meskipun Anda juga bejualan melalui marketplace seperti Lazada, Shopee dan Bukalapak.

Ya, mungkin membuat website toko online pada awalnya cukup rumit dan membutuhkan biaya. Tapi jika dilihat dari manfaatnya, itu sangat sebanding.

Manfaat memiliki website toko online sendiri:

  • Menciptakan brand awareness
  • Dianggap lebih profesional
  • Meningkatkan Kepercayaan konsumen
  • Tidak bergantung pada pihak ketiga
  • Dapat mengatur tampilan toko sesuai keinginan

5. Libatkan Sosial Media

Hari gini siapa sih yang tidak memiliki akun sosial media? Bahkan mungkin semua pengguna internet pastinya bermain sosial media setiap harinya.

Jualan online melalui sosial media juga bisa menjadi cara jitu untuk mendapatkan pembeli. Dengan menggabungkan strategi 1 dan strategi 2 akan lebih efektif meningkatkan penjualan.

Walaupun Anda sudah memiliki website tapi jangan lupakan keberadaan sosial media. Apabila Anda menggabungkan pemasaran website dan sosial media, maka tingkat keberhasilannya semakin tinggi.

Anda dapat menjangkau konsumen dari berbagai arah. Selain mendapatkan pembeli dari website, Anda juga bisa menghasilkan penjualan melalui pemasaran sosial media.

Baca juga: Jenis Google Ads dan Fungsinya yang Harus Anda Ketahui

6. Terapkan Content Marketing

Dalam dunia bisnis online sudah pasti content marketing sangat berperan penting di dalamnya. Konten marketing merupakan salah satu cara efektif untuk meningkatkan penjualan online.

Content marketing merupakan proses pemasaran yang melibatkan konten dalam mempromosikan bisnis sehingga menghasilkan penjualan.

Ada banyak jenis konten yang dapat dijadikan sebagai senjata mendapatkan pembeli seperti:

  1. Konten artikel / postingan blog
  2. Video
  3. Infografis
  4. Podcast
  5. Postingan Media Sosial

Untuk membuat jualan online Anda laku, Anda perlu melibatkan pemasaran konten yang beragam. Tidak hanya berpaku pada video atau gambar saja, tapi juga libatkan jenis konten lainnya.

7. Iklankan Bisnis Anda

Cara jualan online yang selanjutnya adalah dengan mengiklankan bisnis Anda, bisa melalui sosial media misalnya Facebook Ads, Instagram Ads atau juga bisa melalui Google Ads.

Bisnis yang diiklankan memiliki jangkauan yang lebih luas sehingga prospek yang didapatkan lebih banyak dan dapat menghasilkan konversi lebih tinggi.

Anda bisa mencoba cara ini untuk meningkatkan konversi jualan online Anda. Cara ini bisa menjadi cara efektif jika dilakukan dengan strategi yang tepat.

Nah, itulah beberapa cara jualan online yang bisa diterapkan oleh pemula sekalipun. Onlinekan bisnis Anda sekarang bersama digital marketing agency jakarta dan dapatkan lebih banyak pelanggan online!

Published On: Agustus 5th, 2022 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!