Cara Menghapus Default Search Engine dari Google Chrome

Dedi

cara menghapus default search engine

Ketahui cara menghapus default search engine untuk pencarian lebih cepat dan mudah. Saat ini, Google mendominasi sebagai search engine paling populer untuk menjelajah internet dengan berbagai keperluan. Memungkinkan pengguna untuk menemukan informasi dengan cepat dan efisien. Bagi Masyarakat Indonesia mengawali petualangan online tanpa Google terasa kurang lengkap.

Hal ini dapat dimaklumi karena tingkat relevansi yang luar biasa yang ditawarkan oleh Google sesuai dengan keinginan pengguna internet. Selain itu, tampilan beranda Google yang simpel dan cepat memuat menjadikannya pilihan yang sangat nyaman. Keunggulan Google tidak hanya terletak pada kemudahan penggunaannya. Namun juga dalam memberikan hasil pencarian yang lebih superior dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.

Beginilah Cara Menghapus Default Search Engine Yahoo dari Google Chrome

Google Chrome adalah peramban web yang dikembangkan dan dirancang oleh Google, sejajar dengan peramban lainnya seperti Firefox, Opera, dan Microsoft Edge. Meskipun Firefox merupakan produk dari Mozilla, Google Chrome memiliki ciri khasnya sendiri.

Menariknya, terkadang saat melakukan pencarian menggunakan Google Chrome, hasil pencarian yang muncul justru berasal dari mesin pencari Yahoo! Search. Yahoo! Search, seperti Google, juga merupakan mesin pencari yang memberikan alternatif hasil pencarian.

Selama ini, mungkin banyak orang yang hanya mengenal Yahoo! sebagai layanan email di internet. Namun, sebenarnya, Yahoo! menawarkan berbagai layanan lain, seperti search engine, termasuk Yahoo! Image, Yahoo! Video, Yahoo! Local, Yahoo! News, dan Yahoo! Shopping.

Meskipun masyarakat Indonesia kini lebih akrab dengan Google sebagai search engine utama. Sebenarnya Yahoo! Search juga tetap merupakan pilihan yang dapat digunakan dalam mencari informasi di internet.

Pada beberapa laptop atau Personal Computer, Yahoo! Search terkadang terintegrasi secara default dalam pengaturan Google Chrome. Hal ini dapat dikenali ketika membuka Google Chrome, di mana logo Yahoo! Search muncul di pojok kiri atas tab. Berikut adalah cara Cara Menghapus Default Search Engine Yahoo dari Google Chrome:

  1. Buka Google Chrome dan klik ikon titik tiga di pojok kanan atas sebelah profil (jika sudah masuk ke akun Google). Selanjutnya, gulir ke bawah dan pilih opsi “Settings”.
  2. Setelah masuk ke halaman Settings, klik pada “Search engine” dan kemudian pilih “Manage search engines”. Akan muncul daftar berbagai mesin pencari yang terintegrasi dengan Google Chrome.
  3. Langkah berikutnya, klik ikon titik tiga di sebelah baris yang menunjukkan Google, lalu pilih opsi “Make Default”.
  4. Setelah itu, tutup jendela pengaturan, dan sekarang hasil pencarian Anda akan berasal dari Google saat menggunakan bilah alamat di Google Chrome.

Baca Juga: Pengertian Search Engine, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

Cara Menghapus Default Search Engine Bing dari Google Chrome di Desktop

Meskipun Bing menawarkan beberapa fitur menarik, belum berhasil menyaingi dominasi Google sebagai mesin pencari yang paling umum digunakan. Meskipun secara default Bing dapat menghiasi halaman beranda browser web Anda dengan foto-foto menakjubkan dari seluruh dunia, mungkin Anda mempertimbangkan untuk beralih ke Google atau mesin pencari lainnya. Menghapus Bing sebagai search engine default pada desktop atau perangkat seluler Anda hanya memerlukan beberapa klik mudah.

Beberapa setelan berbeda mungkin membuat browser Chrome Anda beralih ke Bing sebagai search engine default. Untuk memastikan bahwa Anda telah mengatur ulang search engine Anda, ikuti cara menghapus default search engine Bing dari Google Chrome berikut:

  1. Buka browser Chrome di komputer Anda dan perhatikan menu pop-up di sudut kanan atas halaman. Klik menu tiga titik untuk membuka setelan.
  2. Di panel navigasi sebelah kiri, pilih “Mesin Pencari” Pada laman Setelan, klik pada opsi seperti Google, Yahoo!, atau yang lain, dan ubah ke opsi yang diinginkan, misalnya, Bing.
  3. Periksa search engine yang disetel di bilah alamat. Jika disetel ke mesin pencari yang tidak diinginkan, pilih opsi yang diinginkan dari menu tarik-turun di sebelah Mesin Pencari.
  4. Buka laman Tab Baru, periksa halaman yang ditampilkan di sebelah kanan. Pastikan halaman tersebut bukan halaman beranda Bing. Jika iya, buka “Buka Halaman atau Kumpulan Halaman Tertentu” di panel navigasi sebelah kiri dan periksa pengaturannya.
  5. Jika masih menggunakan Bing, periksa ekstensi yang terpasang di browser Anda. Klik menu tiga titik, pilih “Pengaturan” di bagian atas laman, dan masuk ke panel navigasi sebelah kiri untuk memilih “Ekstensi.”
  6. Hapus ekstensi yang terkait dengan Bing dengan mengklik “Hapus” di jendela pop-up konfirmasi. Pastikan untuk memeriksa semua ekstensi yang terpasang dan menonaktifkan yang terkait dengan Bing.

Setelah melakukan langkah-langkah ini, seharusnya browser Anda sekarang menggunakan search engine yang Anda pilih sebagai default. Jika Bing masih muncul, pastikan untuk menghapus ekstensi yang mungkin mempengaruhi pengaturan peramban bawaan.

Baca Juga: Beginilah Cara Menggunakan Search Engine Google

Cara Menghapus Default Search Engine Bing dari Google Chrome di Smartphone

Jika search engine Bing adalah pengaturan default pada browser Chrome di smartphone Anda, Anda dapat mengubahnya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi browser Chrome di ponsel Anda dan ketuk ikon tiga titik di bagian atas kanan.
  2. Pilih “Pengaturan” dari menu pop-up.
  3. Di dalam menu pengaturan, pilih opsi “Mesin Pencari.”
  4. Pilih mesin pencari yang diinginkan, seperti Google, DuckDuckGo, atau opsi lain yang tersedia.
  5. Setelah itu, ketuk “Selesai” untuk menyimpan perubahan.

Dengan langkah-langkah tersebut, Anda dapat mengganti mesin pencari default pada browser Chrome di ponsel Anda sesuai dengan preferensi Anda.

Penutup

Dengan melakukan cara menghapus default search engine dari Google Chrome pada perangkat Anda. Maka Anda dapat dengan mudah mengubah search engine default tanpa perlu pengetahuan atau keterampilan khusus. Meskipun tidak mungkin search engine pencari pada perangkat Android atau iPhone, Anda tetap dapat mengkustomisasi pengaturan mesin pencari sesuai keinginan Anda.

Jika Anda pemilik situs web bisnis yang menginginkan peningkatan peringkat dan lalu lintas organik. Untuk mencapai tujuan tersebut, Anda dapat menggunakan jasa SEO Jakarta dari Toprank Indonesia. Sebagai SEO agency, Toprank Indonesia memiliki pengalaman mendalam dan didukung oleh tim ahli SEO yang profesional.

Dengan pendekatan yang terkini dan strategi yang terbukti berhasil, SEO agency Toprank Indonesia berkomitmen untuk membantu situs web bisnis Anda mencapai visibilitas optimal di mesin pencari. Dan meningkatkan peringkat, serta menarik lebih banyak pengunjung potensial.

Anda dapat mempercayakan situs web bisnis Anda kepada digital marketing agency Jakarta Toprank Indonesia. Tim SEO specialist kami mengoptimalkan konten,  membangun backlink berkualitas. Dan juga melakukan analisis komprehensif untuk memastikan kesuksesan jangka panjang situs web bisnis Anda dalam era digital yang kompetitif ini.

Silahkan hubungi kami jika Anda ingin menggunakan layanan SEO yang menawarkan hasil yang terbukti meningkatkan ranking dan traffic situs web Anda.

Published On: Februari 1st, 2024 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!