Pengertian Digital Marketing, Contoh dan Tugasnya

Dedi

tugas digital marketing

Perkembangan dunia digital turut mempengaruhi cara orang berbisnis terutama dalam menentukan strategi pemasaran. Salah satu strategi pemasaran yang kian populer adalah digital marketing atau pemasaran dengan media digital.

Strategi dan tugas digital marketing kini banyak diutamakan oleh perusahaan. Hal tersebut karena sejumlah keunggulan dari pemasaran secara digital yang tidak ada pada marketing biasa. Lebih jelasnya, simak artikel berikut mengenai pemasaran digital.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah strategi pemasaran produk atau jasa menggunakan saluran digital untuk menjangkau calon konsumen yang lebih luas. Saluran digital yang dilibatkan dalam usaha marketing ini cukup beragam, mulai dari situs web, media sosial, perangkat seluler, mesin pencari, dan sejenisnya.

Pemasaran dengan media digital merupakan cara baru untuk memahami perilaku konsumen dengan melibatkan beberapa prinsip pemasaran sama seperti cara konvensional. Namun, untuk pemasaran digital memang memiliki banyak kelebihan daripada pemasaran tradisional. Berikut beberapa kelebihan pemasaran digital.

1. Lebih murah

Secara umum, teknik pemasaran digital lebih murah dibanding pemasaran secara konvensional. Meski terkadang untuk awal-awal branding bisa saja biayanya lebih mahal tetapi bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Strategi pemasaran ini bisa menyasar target konsumen yang potensial. Jadi, biaya yang dikeluarkan pun sesuai dengan target pemasaran perusahaan.

2. Lebih mudah

Selain murah, pemasaran dengan media digital juga lebih mudah. Ada banyak platform yang bisa digunakan. Selain itu, saluran promosi yang bersifat digital juga lebih mudah untuk diakses oleh konsumen.

3. Branding cepat dan luas

Jika hanya mengandalkan promosi secara konvensional, jangkauannya akan sangat terbatas. Berbeda halnya dengan menggunakan media digital yang lebih mudah untuk menjangkau banyak calon konsumen.

Baca Juga: 7 Strategi Internet Marketing Paling Populer

Proses branding juga dapat dilakukan dengan cepat dengan bantuan platform digital. Perusahaan yang ingin melakukan branding dengan jangkauan lebih luas, tentunya membutuhkan biaya lebih besar untuk promosi di media konvensional. Sedangkan, pemasaran secara digital cenderung lebih mudah dan cepat.

4. Tepat sasaran

Keunggulan lainnya dari teknik pemasaran digital adalah lebih efektif untuk menjangkau konsumen yang tepat sasaran. Hal ini karena media digital memiliki banyak tools yang dapat digunakan untuk memaksimalkan promosi kepada konsumen yang lebih potensial.

Hal ini membuat iklan menjadi lebih tepat sasaran. Pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan menggunakan tugas digital marketing akan lebih efektif untuk mencapai tujuan.

5. Pengumpulan data konsumen

Kelebihan menggunakan media digital untuk promosi, yaitu meningkatkan penjualan. Melalui saluran digital, perusahaan akan lebih mudah untuk mengumpulkan data konsumen seperti usia, jenis kelamin, lokasi, minat, preferensi pembelian, dan sejenisnya.

Melalui data konsumen ini bisa digunakan oleh perusahaan untuk mengevaluasi pasar dan mengembangkan bisnis. Perusahaan dapat lebih mudah untuk mengetahui apa yang paling dibutuhkan konsumen sehingga perusahaan bisa menyediakannya.

Contoh Digital Marketing

Pemasaran dengan media digital yang banyak dilakukan perusahaan atau pelaku bisnis karena media digital memang digunakan setiap hari oleh masyarakat. Media digital sendiri merupakan perangkat yang biasanya diakses melalui internet. Supaya lebih jelas, berikut beberapa contoh media digital yang digunakan untuk kebutuhan marketing.

1. Website

Salah satu sarana yang digunakan untuk pemasaran digital adalah website. Pada umumnya, website digunakan perusahaan untuk memberikan informasi produk, promosi, dan lainnya kepada konsumen. Bisnis yang memiliki website juga dianggap lebih profesional dan kredibel sehingga konsumen akan lebih percaya untuk menggunakannya.

2. Social media marketing

Contoh digital marketing lainnya, yaitu social media marketing. Mungkin sudah bisa ditebak dari namanya, bahwa pemasaran digital ini memanfaatkan media sosial yang sering digunakan masyarakat untuk bersosialisasi di dunia maya. Platform yang sering dipakai untuk social media marketing antara lain, Facebook, Instagram, Twitter, dan Tiktok.

3. Email marketing

Berikutnya adalah email marketing yang kini semakin banyak digunakan perusahaan atau bahkan organisasi untuk promosi. Melalui email marketing, perusahaan dapat memberikan informasi seperti promo yang sedang berlangsung atau produk terbaru mereka.

4. SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik untuk mengoptimasi sebuah situs atau website agar mendapatkan ranking teratas di hasil pencarian. Dalam arti lain, situs dioptimasi agar muncul di halaman pertama mesin pencari seperti Google.

5. Pay per Click (PPC)

Contoh lainnya adalah PPC atau Pay per Click yang merupakan teknik pemasaran untuk mengarahkan traffic ke situs utama dengan setiap klik ada bayarannya.

6. Content marketing

Content marketing juga banyak digunakan perusahaan untuk dapat menarik perhatian pembaca dan memotivasi mereka agar mau menggunakan produk atau menjadi pembeli.

7. Native advertising

Model pemasaran ini sering dijumpai di konten media sosial. Meski tampilannya mirip konten media biasa, namun memiliki fungsi yang berbeda. Contohnya Partnership with Content atau Promoted Post yang ada di Facebook dan Instagram.

8. Online advertising

Contoh pemasaran digital ini menjadi yang paling efektif untuk memberikan hasil yang cepat dan memuaskan. Pasalnya, promosi yang dilakukan akan berada di baris paling atas sehingga lebih mudah dilihat pembaca. Media promosi digital ini termasuk berbayar dan bisa dibilang lebih mahal dibanding media promosi digital lainnya.

Tugas Digital Marketing

Semakin tingginya kebutuhan promosi digital membuat jasa digital marketing banyak dicari oleh perusahaan. Digital marketer memiliki sejumlah peran atau tugas dalam membantu bisnis perusahaan. Jasa ini bertugas untuk melakukan beberapa hal, diantaranya.

1. Mengelola website bisnis

Sebuah situs bisnis akan sulit untuk menghasilkan traffic yang tinggi jika tidak menggunakan bantuan SEO. Oleh sebab itu, tugas digital marketing memiliki peranan untuk mengelola website seperti desain, landing page, navigasi, copywriting, dan lainnya untuk menarik perhatian pengujung.

2. Mengelola SEM

Tugas lainnya adalah mengelola SEM atau Search Engine Marketing agar iklan di Google Ads lebih mudah untuk tampil di halaman teratas. Ini sangat diperlukan untuk mendapatkan konsumen potensial.

3. Menerapkan SEO

Mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa SEO hanya tentang peringkat Google. Nyatanya, SEO memiliki banyak peran untuk membantu meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis. Tidak heran jika banyak perusahaan yang menggunakan jasa SEO.

4. Mengelola SMM

SMM atau Social Media Marketing digunakan untuk promosi bisnis dengan cara memposting feed, story, dan lainnya. Digital marketer dapat membantu untuk mengelola SMM yang dibutuhkan dalam membangun brand awareness.

Bagi Anda yang meningkatkan pemasaran secara digital, Toprank Indonesia siap membantu dengan beragam layanan digital marketing agency jakarta. Layanan yang disediakan antara lain jasa SEO, Google Ads, Facebook & IG Ads, website design, dan lain-lain. Dengan tim konsultan yang berpengalaman, siap membantu untuk mendapatkan hasil yang maksimal melalui media promosi digital.

Itulah beberapa informasi mengenai digital marketing dan perkembangannya dalam dunia bisnis sekarang. Setiap pelaku bisnis memang dituntut untuk selalu update dengan perkembangan yang ada agar tidak tergilas oleh perubahan zaman.

Published On: November 22nd, 2022 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!