Apa itu Struktur Silo SEO? Manfaat dan Cara Menerapkannya

admin

Apa itu Struktur Silo SEO? Manfaat dan Cara Menerapkannya

Silo SEO atau juga dikenal sebagai arsitektur silo, adalah struktur situs web tempat konten dikelompokkan ke dalam tema vertikal atau silo yang berbeda. Struktur silo dibangun dengan tujuan untuk membuat situs web lebih mudah dikelola, memperbaiki pengalaman pengguna, meningkatkan navigasi situs. Dan meningkatkan keterpahaman mesin pencari tentang isi situs.

Dalam struktur silo, konten yang berhubungan disusun secara hierarki, dimana setiap kategori memiliki halaman sendiri-sendiri yang berisi informasi dan internal link yang relevan. Ini membantu mesin pencari untuk memahami tema atau topik situs dengan lebih baik dan menempatkan struktur konten yang baik di antara halaman-halaman situs yang terkait.

Apa itu Silo SEO?

Silo SEO adalah metode untuk mengelompokkan halaman-halaman website ke dalam kategori-kategori tertentu dan menghubungkannya dengan internal link. Pendekatan ini meningkatkan struktur dan organisasi website, sehingga memperbaiki hubungan antara halaman-halaman tersebut melalui apa yang kita sebut sebagai siloing.

Melalui pengelompokkan tersebut, silo SEO meningkatkan kemampuan search engine dalam menyajikan website kita pada hasil pencarian yang relevan dan lebih berkualitas. Selain meningkatkan kemampuan search engine dalam mengenali halaman website, strategi ini juga membantu meningkatkan pengalaman pengguna atau user experience.

Dengan tata letak yang terorganisir, pengunjung dapat dengan mudah menemukan konten yang mereka inginkan dan melakukan navigasi dengan lebih lancar.

Selain itu, silo SEO juga dapat membantu dalam mendistribusikan link juice yang lebih merata pada halaman website. Hal ini bisa mengurangi risiko terjadinya cannibalization atau persaingan internal antara halaman website yang dapat mempengaruhi peringkat website.

Dalam penerapannya, strategi ini dapat diimplementasikan dengan beberapa langkah sederhana seperti membuat kategori berdasarkan topik atau jenis konten, membuat internal link antar halaman dalam kategori yang sama, serta mengoptimasi setiap halaman dalam kategori untuk menyelesaikan topik tertentu.

Cara kerja Silo SEO melibatkan pembuatan halaman utama yang berfungsi sebagai inti dari setiap kelompok topik dan berisi konten yang lebih luas tentang topik tersebut. Dari halaman inti ini, Anda akan membuat tautan ke halaman-halaman terkait yang mendalam ke dalam situs web Anda, yang berfokus pada sub-topik yang lebih spesifik.

Baca juga: Mengenal Pagespeed Test Google dan Cara Menggunakannya

Apa itu Struktur Silo SEO? Manfaat dan Cara Menerapkannya

Sumber: Gathercontent.com

Manfaat Silo SEO

Silo SEO adalah suatu strategi SEO yang melibatkan struktur situs web yang terorganisasi dengan baik untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat dalam hasil pencarian. Berikut adalah beberapa manfaat Silo SEO:

1. Meningkatkan Struktur Website

Melalui penggunaan strategi ini, website akan memiliki struktur yang lebih terorganisir dan terstruktur. Hal ini membuat website lebih mudah untuk dinavigasi oleh pengunjung. Halaman website yang masuk ke dalam kategori atau silo akan memiliki kesamaan topik sehingga membuat konten lebih terfokus pada satu topik tertentu.

Dengan menggunakan struktur Silo SEO, pengunjung akan lebih mudah untuk menemukan informasi yang mereka cari dan menghemat waktu ketika mengakses halaman website. Selain itu, dengan fokus pada satu topik tertentu pada setiap kategori atau silo.

Konten pada website akan menjadi lebih terorganisir, lebih mudah dimengerti, dan memberikan pengalaman kunjungan yang lebih menyenangkan dan bermanfaat bagi pengunjung. Hal ini juga akan meningkatkan kemungkinan pengunjung kembali berkunjung ke website kita di masa depan dan memberikan nilai tambah bagi reputasi website kita di mata pengguna.

2. Memudahkan Navigasi

Silo SEO dapat memudahkan navigasi di dalam sebuah website karena dengan pengelompokkan yang tepat dan jelas. Pengunjung dapat dengan mudah menemukan halaman atau konten yang mereka cari.

Selain itu, dengan internal link yang diarahkan ke halaman-halaman yang terkait. Sehingga pengunjung dapat tersambung ke konten yang relevan dengan mudah dan dengan demikian memperoleh pengalaman yang optimal.

Silo SEO juga membuat pengunjung dapat melihat konteks yang lebih jelas tentang sebuah topik atau topik terkait. Ini berguna jika pengunjung menemukan sebuah artikel yang menarik dan ingin mengeksplorasi topik tersebut lebih lanjut.

Dengan Silo SEO, pengunjung dapat mendapatkan pengetahuan yang lebih luas tentang topik tertentu dengan menjelajahi konten terkait yang teratur dan diorganisir dengan baik. Dalam hal yang lebih teknis. Silo SEO juga dapat meningkatkan performa website dalam hal Navigation Time atau waktu yang dibutuhkan untuk menemukan halaman yang dicari.

Ketika pengunjung lebih mudah menavigasi halaman website kita, Navigation Time bisa lebih cepat sehingga meningkatkan pengalaman pengunjung. Hal ini sangat penting dalam era internet yang cepat saat ini, di mana pengunjung tidak sabar menunggu loading suatu halaman.

Baca juga: Kisaran Biaya SEO Website yang Wajib Anda Ketahui

3. Meningkatkan Kepuasan Pengunjung

Hal ini dikarenakan Silo SEO membantu para pengunjung website untuk lebih mudah menemukan informasi yang mereka cari. Terutama bila konten yang mereka inginkan terdapat dalam satu silo atau kategori.

Dengan adanya tata letak dan struktur yang jelas, para pengunjung akan merasa lebih mudah dan nyaman dalam menavigasi website Anda. Hingga pada akhirnya menghasilkan bounce rate yang lebih rendah.

Bounce rate yang rendah berarti pengunjung website akan lebih banyak mengunjungi halaman-halaman website Anda yang lain. Bahkan berpotensi melakukan interaksi lebih lanjut seperti membeli produk atau layanan yang ditawarkan. Oleh karena itu, Silo SEO dapat membantu meningkatkan konversi dan pendapatan untuk website Anda.

4. Mempercepat Indexing Google

Silo SEO juga bisa membantu mempercepat indexing Google pada website. Hal ini karena struktur kategori yang terorganisir dan tersusun rapi dapat membantu Google dalam memahami konten website dengan lebih baik.

Dengan mudahnya Google memahami tata letak dan struktur website melalui Silo SEO. Search engine akan dapat memindai dan mengindeks halaman-halaman website dengan lebih efisien dan cepat.

Selain itu, penggunaan internal link pada Silo SEO juga dapat membantu Google dalam menemukan halaman-halaman website yang tersembunyi atau kurang terlihat oleh search engine. Dengan pemilihan anchor text yang tepat, internal link bisa menjadi cara yang efektif untuk memberikan sinyal ke Google tentang pentingnya halaman pada website.

Semakin cepat Google dapat memperbarui indeks website, semakin cepat pula pemilik website dapat melihat dampak dari upaya SEO yang dilakukan. Dalam jangka panjang, pemakaian Silo SEO dapat membantu mendapatkan lebih banyak peringkat pada hasil pencarian utama Google dan mengoptimalkan konten pada website.

5. Meningkatkan Peringkat Website pada Search Engine

Silo SEO mampu membantu proses indexing pada mesin pencari karena semua halaman diorganisir berdasarkan kategori tertentu. Selain itu, internal link di antara halaman yang berada dalam satu kategori akan membantu search engine memahami topik atau topik terkait pada website.

Melalui pengelompokkan halaman website ke dalam kategori dan menciptakan hubungan antar-halaman yang terorganisir dan mudah dipahami. Silo SEO membantu search engine untuk memahami struktur konten sebuah website dengan lebih baik.

Hal ini dapat mempercepat proses indeksing dan memperlihatkan relevansi halaman website dengan pencarian pengguna. Dengan semakin relevannya sebuah halaman dengan kata kunci pencarian pengguna. Maka semakin tinggi posisi website di halaman SERP dan semakin mudah ditemukan oleh pengguna.

Cara Menerapkan Silo SEO

Silo SEO adalah strategi Search Engine Optimization untuk mengorganisir konten website ke dalam kategori atau topik tertentu. Dalam menerapkan Silo SEO, alangkah baiknya untuk mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Tentukan topik dan kategori

Langkah pertama dalam menerapkan strategi Silo SEO adalah melakukan penentuan yang cermat terkait dengan pembagian kategori-kategori yang akan diimplementasikan. Sebelum Anda memulai proses perancangan situs web atau bahkan merencanakan konten yang akan Anda sajikan.

Menjadi esensial untuk merinci dan menentukan kategori topik yang akan menjadi kerangka dasar dari struktur situs Anda. Tahap ini memegang peran sentral dalam kesuksesan selanjutnya, karena keputusan Anda dalam menentukan kategori ini akan memberikan pengaruh besar terhadap langkah-langkah selanjutnya yang akan Anda ambil dalam menerapkan Silo SEO.

2. Buat Navigasi

Setelah Anda menentukan struktur SEO Silo yang akan diterapkan. Tahap berikutnya yang sangat penting adalah menciptakan sistem navigasi yang efektif sebagai pintu masuk ke berbagai kategori yang telah Anda buat.

Dalam hal ini, Anda dapat mengambil inspirasi dari portal berita yang sering menampilkan menu navigasi yang terletak di bagian atas halaman mereka. Menu navigasi ini akan berfungsi sebagai jalur utama yang akan memandu pengguna dalam mengakses berbagai kategori konten yang Anda tawarkan. Menciptakan pengalaman pengguna yang lebih lancar dan terorganisir di situs web Anda.

3. Bangun Internal Link

Tahap ketiga dalam menerapkan strategi Silo SEO adalah membangun internal link yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas situs web Anda. Dalam proses ini, setiap konten yang Anda hasilkan harus mengandung link yang mengarahkan pengunjung ke konten lain dalam kategori yang sama. Terdapat dua manfaat utama yang dapat diperoleh dari tautan internal ini:

  • Memperjelas Navigasi dan Struktur Website Bagi Pengguna

Tautan internal membantu pengguna situs Anda dalam menjelajahi berbagai konten dengan lebih mudah. Mereka dapat dengan cepat melihat dan mengakses halaman-halaman terkait dalam kategori yang mereka minati, menciptakan pengalaman pengguna yang lebih intuitif.

  • Penyebaran Informasi yang Merata

Dengan adanya tautan internal yang kuat, seluruh halaman web Anda menjadi terhubung secara lebih baik. Hal ini membantu distribusi trafik dan otoritas SEO secara merata di seluruh situs Anda. Ini memastikan bahwa tidak hanya beberapa halaman yang mendapat perhatian, tetapi juga seluruh situs web Anda.

Terkait dengan penggunaan internal link, terdapat perbedaan pendapat di kalangan praktisi SEO. Di sisi satu, pendekatan siloing klasik menghindari internal link antara konten dalam kategori yang berbeda.

Namun, ada juga pandangan seperti yang diutarakan oleh Ahrefs, yang justru mendukung tautan internal lintas kategori jika topiknya relevan. Mereka berargumen bahwa jika konten memiliki relevansi yang kuat, tautan internal lintas kategori dapat bermanfaat dan bahkan dianjurkan untuk memperkuat otoritas SEO situs Anda.

Dengan menerapkan Silo SEO, website Anda akan lebih mudah dipahami oleh mesin pencari dan pengguna. Selain itu, Silo SEO juga membantu meningkatkan otoritas dan relevansi website untuk kata kunci yang ditargetkan.

4. Rutin Post Konten untuk Semua Kategori

Langkah terakhir dalam menerapkan strategi Silo SEO adalah dengan mengelola penempatan konten di situs Anda. Anda perlu melanjutkan perencanaan konten Anda, tetapi dengan penekanan pada jadwal publikasi yang merata untuk semua kategori yang telah Anda tentukan.

Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa setiap kategori menerima porsi konten yang seimbang, menghindari ketidakseimbangan dalam pemberian perhatian terhadap niche tertentu.

Setiap kali Anda menambahkan konten baru, penting untuk melakukan evaluasi terhadap konten-konten yang telah ada sebelumnya. Sehingga Anda dapat mengidentifikasi topik-topik yang relevan yang dapat Anda hubungkan dengan tautan internal.

Tetapi dalam proses ini, Anda harus tetap mempertahankan struktur dan alur PageRank. Prioritas pertama adalah untuk memastikan halaman utama situs Anda memiliki otoritas yang cukup, diikuti oleh artikel pilar, dan kemudian mencapai konten pendukung.

Dengan cara ini, Anda dapat menjaga keseimbangan yang diperlukan antara promosi halaman utama dan memaksimalkan manfaat tautan internal dalam kerangka Silo SEO Anda.

Kesimpulan

Silo SEO sangat penting dalam strategi SEO karena membantu meningkatkan keterkaitan antara konten dalam website. Dan juga mendorong mesin pencari untuk lebih memahami topik atau kategori bisnis Anda.

Karena Silo SEO sangat penting, Anda pastinya membutuhkan SEO Agency untuk membantu Anda dalam menerapkan struktur Silo SEO. Menggunakan jasa SEO Terbaik Toprank Indonesia adalah keputusan yang tepat karena tim SEO specialist kami dapat membantu mengoptimalkan website Anda dengan strategi yang aman, cocok untuk industri Anda dan efektif meningkatkan ranking dan traffic organic.

Silahkan hubungi marketing agency Jakarta Topank Indonesia untuk info seputar jasa SEO kami!

Published On: Oktober 20th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!