Cara Cek Blog SEO Friendly Tanpa Menggunakan Tools Bantuan

admin

Cara Cek Blog SEO Friendly Tanpa Menggunakan Tools Bantuan

Saat membuat konten SEO, Anda harus cek blog SEO friendly terlebih dulu apakah sudah sesuai dengan kaidah dan apakah sudah masuk dalam algoritma google. Dalam pembuatan konten SEO, terdapat beberapa peraturan yang memudahkan Anda mendapai nilai plus dari google.

Peraturan tersebut misalnya adalah bagaimana meletakkan keyword atau kata kunci, berapa banyak kata kunci yang sebaiknya dimasukkan ke dalam artikel, kemudian mencari gambar sesuai isi konten, mengatur heading, serta sebaiknya memasukkan poin – poin dalam artikel.

Setelah mengikuti beberapa peraturan tersebut, sebaiknya Anda tetap cek blog SEO friendly terlebih dulu sebelum diupload ke blog. Tujuannya adalah untuk memeriksa apakah sudah membuat artikel sesuai dengan aturan SEO, sehingga pembuatan artikel tidak akan sia – sia.

Tetapi nyatanya banyak pembuat konten yang merasa tidak perlu cek ulang apakah artikelnya sudah termasuk SEO friendly atau bukan, karena sudah merasa yakin dengan penulisannya. Tetapi jangan sampai Anda melewatkan cek ini untuk memastikan keberhasilan kontennya.

Apalagi sebenarnya cek blog SEO sangat mudah dilakukan. Anda bisa menggunakan tools bantuan yang sudah banyak tersedia di internet. Caranya adalah dengan memasukkan artikel, kemudian lakukan pemeriksaan dengan menekan tombol cek, lalu tunggu sampai selesai.

Anda bisa memakai cara cek tersebut menggunakan tools bantuan, namun jika tidak ingin memakai alat tambahan, Anda juga bisa memakai cara cek yang manual dan lebih mudah.

Cara Cek Blog SEO Friendly

Meskipun cara cek blog SEO mudah menggunakan alat bantuan, namun terkadang ada pembuat konten yang masih tidak memahami caranya. Hal ini karena terkadang masih ada beberapa alat bantu pengecekan yang proses ceknya kurang sederhana.

Namun hal ini bukan masalah, karena jika tidak bisa memakai cara mengecek blog SEO dengan bantuan alat lain, Anda bisa menggunakan cara manual. Banyak juga pembuat konten yang menggunakan cara manual karena mudah dilakukan. Coba ikuti langkah – langkah berikut ini.

Baca juga: Template Blog Ringan dan SEO Friendly yang Gratis

1. Memastikan penempatan keyword

Cara cek blog SEO friendly pertama adalah dengan memastikan penempatan keyword atau kata kunci terlebih dulu. Penempatan kata kunci ini sangat penting, karena menjadi salah satu jalan bagi pengunjung untuk menemukan artikel dan mengunjungi website yang Anda miliki.

Pastikan penempatan keyword jumlahnya sudah benar dan sesuai dengan kaidah SEO. Kata kunci harus terletak di sub heading, meta deskripsi, dan bahkan judul, karena judul artikel SEO juga merupakan judul dalam website yang akan dikunjungi oleh pengunjung nantinya.

Selain itu, pastikan juga Anda sudah meletakkan kata kunci pada link yang akan disebarkan atau link websitenya, karena penempatan keyword pada link tersebut juga menjadi aturan dari google. Jika sudah memeriksa penempatan kata kunci di artikel, lanjutkan langkah berikutnya.

2. Memeriksa kesesuaian gambar

Langkah cek blog SEO friendly berikutnya adalah dengan memeriksa kesesuaian gambar. Pemberian gambar pada setiap konten blog merupakan hal yang sangat penting. Namun tidak banyak pembuat konten yang menyadari hal ini, sehingga aturan gambar ini sering diabaikan.

Cara mengecek apakah gambar sudah sesuai dengan isi konten dan sesuai dengan algoritma adalah dengan membuka pengaturan pada browser. Lalu klik non aktif gambar, kemudian tekan F5 atau tombol refresh untuk menampilkan hasil gambar setelah pengaturannya di set.

Jika bagian yang seharusnya diisi gambar menampilan ALT teks seperti judul, maka itu tandanya gambar sudah sesuai dengan algoritma google. Jadi pastikan sejak awal sudah memakai gambar sesuai, misalnya blog jasa digital marketing agency Jakarta, maka pastikan memakai gambar relevan.

3. Memeriksa kode sumber

Langkah berikutnya adalah dengan memeriksa kode sumber. Kebanyakan orang merasa bahwa memeriksa kode sumber sulit dilakukan, namun sebenarnya cara ini cukup mudah dilakukan. Caranya adalah dengan membuka halaman depan blog, kemudian tekan tombol ctrl + U.

Jika sudah masuk ke halaman kode sumber, selanjutnya tekan ctrl + F agar lebih mudah untuk mencari. Lalu ketikkan <title> di kolom pencarian, kemudian klik enter untuk menemukan tulisan tersebut. Jika tulisan itu sudah ada, maka konten Anda sudah disebut SEO friendly.

Namun jika masih belum ada tulisan <title> maka Anda harus melakukan sesuatu, yaitu memperbaiki tag dan meta description. Caranya dengan mengganti tulisan name=’description’ dengan <h1. Pastikan hanya ada tulisan <h1 sebanyak 1 untuk memperbaiki kode sumber.

Anda bisa menekan F3 beberapa kali dan menghapus tulisan <h1 jka jumlahnya masih lebih dari 1. Ulangi sampai hanya ada 1 tulisan <h1 kemudian reload untuk melihat apakah sudah ada tulisan <title> pada kode sumber.

4. Memeriksa pengaturan header

Langkah cek blog SEO friendly selanjutnya adalah dengan memeriksa pengaturan header. Sebenarnya hal ini tidak wajib dalam membuat blog, namun jika ingin sesuai kaidah SEO, maka sebaiknya lakukan pengaturan header dengan baik dan benar.

Pengaturan header sebenarnya dapat dilakukan sejak awal pembuatan konten. Misalnya Anda menulis menggunakan word, maka set heading 1, heading 2, heading 3 dan heading 4 sesuai poin – poin pembahasannya. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengunjung membaca.

Set heading biasanya lupa dilakukan, sehingga sebaiknya Anda memeriksa pengaturan header ini sebelum artikelnya diupload. Set heading sangat penting dilakukan, bahkan penyedia jasa SEO biasanya juga menggunakan set heading agar artikelnya lebih mudah dilirik google.

Baca juga: SEO Friendly: Cara Mendapatkan Peringkat Tinggi di Google

5. Memeriksa waktu muat

Sebelum mengupload, sebaiknya periksa juga waktu muat website. Jika sudah sesuai dengan SEO friendly, biasanya waktu muat tidak akan lama. Namun jika waktu muatnya sangat lama, maka mungkin saja ada yang salah pada website tersebut.

Anda harus tahu bahwa google sangat menyukai waktu muat pendek pada sebuah website. Jadi jika Anda mengalami waktu muat lama, sebaiknya periksa keterangan proses berjalan di bagian bawah website. Perhatikan apa saja elemen yang mengganggu, kemudian hapus elemen itu.

Cara hapus elemen hanya dengan memilih elemen kemudian tekan tombol delete. Jika sudah menghapus elemen yang mengganggu, cek blog SEO friendly kembali dengan memuat ulang. Jika waktu muatnya sudah cepat, maka website Anda bisa dikatakan sudah sesuai.

6. Memeriksa link website

Cara terakhir adalah dengan memeriksa link website. Pastikan link website tidak terkena banned oleh google, karena jika terkena banned sudah pasti website tersebut akan sulit dibuka oleh para pengunjung. Periksa dengan cara membuka link dari perangkat lain.

Dengan mengikuti langkah – langkah tersebut, Anda bisa memastikan blog sudah sesuai kaidah SEO dan layak diupload untuk naik peringkat. Langkah – langkah tersebut bahkan tidak membutuhkan bantuan aplikasi atau harus membuka tab baru untuk membuka tool lainnya.

Jika sudah melakukan semua langkah tersebut, Anda hanya perlu upload artikel atau konten ke dalam website. Kemudian perhatikan berapa banyak pengunjung yang datang dan kenaikan peringkat setelah melakukan semua cara cek blog SEO friendly tersebut.

Published On: Agustus 24th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!