Mengenal Anchor Text Adalah serta Jenis dan Tips Membuatnya

admin

Mengenal Anchor Text Adalah serta Jenis dan Tips Membuatnya

Anchor text adalah bagian yang penting ketika Anda membuat situs atau website. Ketika Anda membangun sebuah situs, tentu Anda akan mengharapkan ada banyak pengunjung yang datang untuk membaca konten di dalamnya. Dengan begitu Anda akan mendapat penghasilan.

Namun untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak, Anda harus melakukan beberapa hal. Misalnya dengan melakukan riset terhadap kata kunci atau keyword yang mungkin akan digunakan pengunjung saat mencari informasi yang mereka butuhkan di google.

Cara tersebut sangat umum digunakan, karena cara ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan algoritma google. Namun selain menggunakan kata kunci yang mungkin digunakan oleh calon pengunjung, Anda juga bisa menggunakan link untuk dibagikan kepada pengunjung.

Dalam membagikan tautan ini, Anda harus memakai anchor text, karena anchor text adalah tautan yang sudah memiliki nama sesuai judul kontennya. Jika Anda masih pemula dalam dunia SEO, tentu Anda harus mempelajari bagaimana cara menggunakan anchor text.

Agar lebih mudah memahami tentang anchor text, sebaiknya Anda mempelajari dulu apa sebenarnya pengertian dari anchor text, apa saja jenisnya dan tips membuatnya agar mendapatkan manfaat – manfaatnya.

Mengenal Pengertian Anchor Text Adalah

Sebelum memahami apa pengertian dari anchor text, sebaiknya Anda memahami dulu apa yang dimaksud dengan link. Link atau tautan merupakan tulisan berbentuk kode url yang menjadi jalan bagi orang – orang mengunjungi sebuah situs.

Sedangkan anchor text adalah adalah rangkaian teks url yang di dalamnya berisi kode – kode serta cuplikan dari judul konten. Dengan tambahan cuplikan judul konten tersebut, pengunjung jadi tahu bahwa mereka akan mengunjungi situs yang benar.

Mungkin Anda bertanya – tanya mengapa harus menerapkan hal ini saat membuat link. Bayangkan saja jika Anda menemukan sebuah link dengan teks panjang tanpa ada cuplikan judul dari isi kontennya, pasti hal ini akan sangat mengganggu karena terkesan tidak rapi.

Selain itu pengunjung tidak bisa memastikan bahwa mereka akan mengunjungi situs yang benar. Jadi saat Anda membuat tautan, pastikan menyelipkan cuplikan judul konten dan merapikan teks url pada tautannya agar tidak mengganggu pengunjung.

Misalnya Anda ingin mengarahkan pengunjung ke halaman yang berisi informasi tentang digital marketing agency Jakarta, sebaiknya sisipkan tulisan digital marketing agency di dalam teks url. Jadi pengunjung akan tahu bahwa mereka diarahkan ke halaman tentang digital marketing.

Dengan memahami apa pengertiannya, kini Anda juga memahami mengapa anchor text sangat penting. Sebelum menerapkannya saat membuat tautan sendiri, sebaiknya Anda memahami apa saja jenisnya dalam SEO.

Baca juga: 12 Jenis – Jenis Backlink Lengkap yang Harus Anda Ketahui

Jenis Anchor Text dalam SEO

Dalam konten SEO, ada beberapa jenis anchor text yang harus Anda ketahui. Jenis – jenis tersebut masing – masing memiliki tujuan sama, yaitu merapikan teks url dan memberi petunjuk pada pengunjung. Berikut adalah beberapa jenisnya.

1. Image link

Image link adalah salah satu jenis anchor text yang memuat sebuah gambar. Image link terkadang digunakan dalam membuat artikel SEO. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengunjung mendapatkan gambar dalam artikel SEO jika mereka menginginkannya.

Selain itu image link terkadang digunakan untuk membantu pembuat konten mengecek apakah konten mereka sudah SEO friendly.

2. Naked URLs

Naked urls adalah jenis lainnya yang cukup sering digunakan karena dapat mengarahkan pengunjung ke web utama. Disebut dengan naked urls karena biasanya hanya menggunakan nama website pada teks urlnya.

Misalnya Anda memiliki web bernama jasa SEO Jakarta, maka teks url pasti akan mengandung nama jasa search engine optimization yang sesuai.

3. Partial match

Jenis lainnya adalah partial match, yaitu teks url yang mengandung beberapa kata dari exact keyword. Exact keyword sendiri adalah sebutan untuk kata kunci lain yang mirip atau mengandung arti sama dengan keyword lainnya.

Banyak yang menggunakan partial martch, karena partial match memiliki peluang cukup besar agar website Anda terjaring di pilihan para pengunjung.

4. Phrase match

Sedangkan phrase match pada anchor text adalah teks url yang mengandung keseluruhan exact keyword. Misalnya cara memasak rendang yang mudah. Phrase match juga banyak digunakan karena kelebihannya mirip dengan partial match.

Anda bisa menggunakan phrase match untuk kata kunci yang memang sering sekali dicari baik dengan kata kunci formal atau kata kunci lainnya yang memiliki arti sama.

5. Exact match

Exact match adalah jenis lainnya dari teks url yang sering digunakan untuk artikel SEO yang kata kuncinya sudah pasti. Hal ini karena exact match mengandung kata kunci asli secara utuh.

Anda bisa menggunakan salah satu dari anchor text tersebut sesuai kebutuhan dalam website SEO. Jika dilihat dari pengertian dan jenis – jenisnya, kelihatannya sangat mudah untuk membuat teks url. Namun Anda harus tetap tahu bagaimana tips mudah dalam membuatnya.

Baca juga: Pengertian SEO Off Page dan Panduan Optimasinya

Tips Mudah Membuat Anchor Text

Jika Anda sudah tahu bagaimana cara membuat tautan backlink baik itu backlink pbn maupun yang lainnya, pasti akan mudah juga membuat teks url agar menjadi lebih rapi. Namun pastikan Anda mengetahui tips dalam membuatnya agar lebih mudah dan sesuai dengan ketentuan SEO.

1. Buat link label yang relevan

Tips pertama adalah dengan membuat link label yang relevan dengan isi konten. Tujuan utamanya adalah untuk mendapat penilaian positif dari sisi SEO.

Selain itu link rabel relevan dengan isi konten juga dapat menaikkan kepercayaan pengunjung, karena nantinya pengunjung akan dibawa ke halaman sesuai dengan harapan mereka.

2. Menggabungkan link label

Tips lainnya adalah menggabungkan beberapa jenis link label. Misalnya Anda menggunakan exact match, sebaiknya campurkan dengan partial match dan jenis lainnya yang memungkinkan.

Tentunya saat menggabungkan beberapa link label, Anda harus memperhatikan berapa persen penggunaannya agar hasil teks url lebih rapi. Dengan menggabungkan beberapa link label, kemungkinan website Anda terjaring untuk pengunjung akan semakin besar.

3. Arahkan link ke halaman yang tepat

Tips berikutnya dalam membuat anchor text adalah memastikan link sudah mengarah ke halaman yang tepat. Sebaiknya jangan pernah mencoba mengarahkan ke halaman lain atau tidak sesuai.

Dengan mengarahkan tautan ke halaman paling tepat, pengunjung akan semakin senang dan kepercayaannya meningkat. Tentu saja penilaian dari google juga semakin bagus, sehingga meningkatkan kemungkinan website naik peringkat di halaman rekomendasi utama google.

4. Tidak membuat anchor text yang berlebihan

Membuat anchor text memang sangat penting saat mengelola website SEO. Namun tautan ini tidak sebaiknya dibuat berlebihan, karena hanya akan mengganggu pengunjung. Pastikan membuat teks url dengan rapi dan jumlahnya secukupnya saja.

Membuat teks url dalam tautan secara berlebihan juga berpotensi membuat penilaian dari google menurun, karena biasanya google akan memberi peringatan untuk hal ini.

Dengan melakukan beberapa tips tersebut, pasti Anda akan mudah mendapat pengunjung. Hal ini karena kerapian teks url terkadang menjadi salah satu hal yang disukai oleh pengunjung dan google. Selain itu anchor text adalah kunci untuk menyebarkan konten SEO pada pengunjung.

Published On: September 1st, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!